Cara Merawat Kulit Akibat Terpapar Matahari

cara merawat kulit

Sudah bukan rahasia lagi kalau beberapa minggu ini cuaca terasa sangat panas melebihi biasanya. Anda yang bekerja di dalam ruangan pun bahkan merasakan suhu yang semakin tinggi.

Apalagi bagi Anda yang baru saja berlibur atau sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pasti kulit yang terkena paparan sinar matahari beda dari biasanya. Bisa dilihat dari warnanya, kulit jadi lebih gelap, kusam, bahkan kalau terlalu lama bisa mengelupas.

Bahkan jika terlalu lama, kulit bisa mengalami luka bakar dan mungkin saja terjadi pembengkakan, gatal-gatal, dan mungkin timbul gejala flu seperti demam, menggigil, mual, sakit kepala, dan lemas.

Nah, kalau sampai Anda terlalu lama terkena sinar matahari atau luka bakar, apa yang perlu dilakukan untuk menenangkan kulit? Simak cara merawat kulit berikut ini.

Mandi Air Dingin dan Kompres

cara merawat kulit

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya meradang, terasa perih dan merah. Cara merawat kulit yang terbakar dengan cara mengompresnya dengan es batu.

Namun jangan langsung membiarkan es batu langsung bersentuhan dengan kulit, ya. Bungkus dulu es batu dengan handuk kecil lalu baru tempelkan pada kulit yang terbakar.  Ulangi jika handuk sudah terasa hangat atau es batu mencair.

Minum Air Putih

cara merawat kulit

Tak hanya terasa perih dan merah, kulit yang terbakar pun terasa sangat kering. Agar tetap terhidrasi dari dalam, usahakan untuk minum banyak air putih setiap hari. Cara merawat kulit dengan banyak minum air putih juga akan menyehatkan tubuh Anda.

Perhatikan Jam dan Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

cara merawat kulit

Sinar matahari yang terkuat adalah antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore.  Usahakan hindari sinar matahari secara langsung sampai kulit Anda kembali normal atau sembuh.

Jika Anda tidak bisa tinggal di dalam ruangan selama periode waktu tersebut, paling tidak usahkan untuk berada di tempat yang teduh dan kenakan topi dan baju lengan panjang.

>>Agar Kulit Tak Terbakar Sinar Matahari, Tips Praktis Ini Akan Membantu Anda!<<

Gunakan Body Lotion

cara merawat kulit

Cara merawat kulit karena paparan sinar matahari yang lain dengan menggunakan body lotion. Selesai mandi, langsung gunakan body lotion untuk menenangkan kulit Anda. Pilih body lotion yang memiliki formula melembapkan dan menutrisi kulit yang kemerahan. Ulangi setiap saat Anda merasa kulit terasa kering.

Gunakan Masker Wajah

cara merawat kulit

Setelah melakukan perawatan untuk seluruh tubuh, waktunya untuk merawat wajah Anda. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan menggunakan masker wajah dengan tingkat kelembaban yang tinggi dan mengandung vitamin F untuk memperbaiki tekstur kulit yang kering dan kasar, seperti Vitamin F Velvet Mask

Belajar dari Pengalaman

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? Jika sudah pernah merasakan efek terpapar sinar matahari, ayo ingat-ingat dan jadikan kebiasaan untuk mengaplikasikan sunblock atau produk pelindung kulit dari sinar matahari setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Dengan begitu, Anda akan terlindungi dan tidak lagi mengalami luka bakar. Pilih yang mengandung SPF (minimal 15) dan PA+++.

Jika Anda kurang senang menggunakan lotion, Anda bisa beralih ke body spray yang bisa disemprotkan ke seluruh tubuh.

Selamat mecoba, ladies.

Membuat Kulit Tampak Bersinar

  • Melembabkan kulit yang kering
  • Menjaga keseimbangan kadar air-minyak dalam kulit
  • Meningkatkan kelenturan kulit
  • Memperhalus kulit yang kasar

Cantik itu terpancar dari wajah Anda. BELI DI SINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *