Cara Mudah Redakan Flu dan Batuk Saat Hamil

Hamil

Saat hamil, wanita akan lebih lemah dan rentan terkena penyakit seperti flu dan batuk. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa flu dan batuk yang menyerang ibu hamil dapat berlangsung lebih lama dibandingkan pada orang normal.

Terdapat lebih dari 200 virus yang tersebar di udara yang dapat menyebabkan tubuh mengalami flu. Saat Anda hamil, terjadi berbagai perubahan fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan. Perubahan ini memungkinkan Anda terkena flu dan batuk ketika hamil. Jika yang Anda alami adalah gejala flu dan batuk biasa, maka tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi janin Anda. Namun, penting untuk melakukan pencegahan agar flu dan batuk tidak bertambah parah dan dapat memberikan dampak buruk pada janin Anda.

Hamil

Menurut Cleveland Clinic, terjadi penurunan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Hal ini terjadi supaya sistem tubuh tidak menolak janin yang sedang berkembang. Oleh karena itu, ibu hamil mudah terkena infeksi virus maupun bakteri, termasuk flu dan batuk. Pencegahan dapat dilakukan salah satunya dengan cara suntik vaksin flu untuk mengurangi risiko terkena virus flu.

Diketahui bahwa pemberian vaksinasi flu pada ibu hamil dapat membantu melindungi ibu dan bayi hingga enam bulan setelah persalinan. Sehingga, penting untuk ibu hamil melakukan vaksinasi ketika hamil untuk mencegah infeksi akibat virus dan bakteri.

Selain itu, perilaku bersih yang diterapkan sehari-hari juga dapat mencegah Anda terkena flu, seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air, mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan atau minuman yang tidak terjaga kebersihannya, menghindari kontak atau dekat dengan keluarga/rekan yang sedang mengalami sakit.

 

Kalau Sudah Terkena Flu dan Batuk, Apa yang Harus Dilakukan?

Hamil

1. Istirahat yang Banyak

 Istirahatkan tubuh Anda dengan melakukan tidur siang, tidur yang cukup ketika malam, dan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang berat. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, dengan istirahat, Anda memberikan waktu kepada tubuh untuk menormalkan keadaannya.

2. Mengonsumsi Cairan yang Banyak

 Anda sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan dalam sehari, dengan meminum air mineral, jus buah, atau minuman yang menyehatkan lainnya. Usahakan minuman yang alami, bukan kemasan.

3. Makan dengan Baik

 Maksud dari makan dengan baik adalah penuhilah kebutuhan Anda dalam satu hari. Jika gejala flu dan batuk yang Anda alami membuat Anda tidak ingin makan, maka Anda dapat makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Makanlah makanan yang sehat dan memenuhi prinsip gizi seimbang, serta terjamin kebersihannya.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin

 Hamil bukan berarti membuat Anda tidak bisa melakukan olahraga secara rutin. Olahraga tetap bisa dijalani oleh ibu hamil, olahraga yang dapat dilakukan adalah yoga, berenang, dan berjalan-jalan santai. Selain baik untuk menjaga berat badan yang mungkin saja terus berubah-ubah ketika hamil, olahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh mengalami infeksi.

5. Menghindari Stres

 Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa stress berhubungan dengan penurunan kondisi tubuh dan sistem kekebalan. Oleh karena itu, untuk menghindari semakin menurunnya sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil, maka sebaiknya Anda melakukan berbagai hal yang dapat membuat tubuh dan pikiran tenang serta rileks.

6. Meredakan Gejala Flu dan Batuk

 Gejala flu yang biasa ditemukan adalah hidung mampet dan tenggorokan terasa tidak enak. Jika Anda mengalami hidung yang mampet, maka Anda dapat meletakkan alat pelembap udara (humidifier) di sekitar Anda, menggunakan nasal breathing strip yaitu alat bantu pernapasan yang berbentuk strip untuk memudahkan Anda bernapas, dan meninggikan bantal ketika tidur.

Sedangkan untuk meredakan tenggorokkan, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti makan sup atau minum teh hangat. Hal ini dapat merangsang produksi lendir dan air liur, sehingga dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat. Atau Anda bisa menambahkan lemon atau madu pada teh hangat, yang mampu menghilangkan rasa tidak enak pada tenggorokan dan membuat tidur lebih nyenyak.

7. Obati dengan Essential Oil

Saat sakit, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Sebaiknya gunakan saja essential oil yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti Cough and Flu blended oil yang akan membantu mengatasinya! Terbuat dari bahan 100% natural, sangat aman untuk ibu hamil.

Hamil

Sangat efektif mengobati batu pilek pada saat gejala muncul atau pada saat sedang sakit. Direkomendasikan untuk ibu hamil yang memiliki kulit super sensitif sekalipun. Oleskan tipis secara merata pada kulit di bagian dada dan puggung. Untuk hasil yang maksimal aplikasikan 3 -4 kali dalam sehari.

Terbuat dari bahan-bahan seperti: lemon oil, eucalyptus oil, peppermint oil, sweet almond oil, sunflower seed oil.

 

Coklat, Ternyata Bisa Redakan Batuk!

Hamil

Kalau Anda pergi ke dokter karena keluhan batuk yang semakin hari semakin parah, dokter pasti akan menyarankan untuk menghindari makanan-makanan tertentu, salah satunya adalah cokelat. Tapi tahukah Anda, ternyata cokelat tidak seburuk itu, sehingga harus dihindari saat batuk.

Karena sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat hitam (dark chocolate) sebenarnya lebih baik daripada obat batuk sirup karena bisa meredakan gatal di tenggorokan dan batuk secara alami. Profesor Alyn Morice, kepala peneliti bagian kardiovaskuler dan pernafasan di University of Hull mengutip sebuah penemuan terbaru yang meneliti efek obat batuk sirup dengan obat yang mengandung cocoa.

Hasilnya, obat yang mengandung cocoa ternyata bekerja lebih baik menekan batuk daripada sirup obat batuk itu sendiri. Dalam penelitian lainnya dari Imperial College London menjelaskan bahwa cocoa mengandung alkaloid yang lebih efektif menekan batuk dan meredakan gatalnya.

 

Obati Flu dengan Air Putih

Hamil

serangan flu tak hanya membuat seseorang mengalami batuk dan pilek saja. Lebih jauh, flu yang tidak diobati atau dibiarkan saja bisa membuat penderitanya lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oh iya, untuk mengatasi atau mengobati flu sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan dengan minum obat saja.

Mencegah dan mengobati flu bahkan bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah yakni dengan perbanyak minum air putih. Dr David Lewis, seorang dokter ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari Amerika mengungkapkan bahwa minum air putih yang banyak selama flu bisa menyembuhkan flu tersebut.

Kira-kira, kenapa minum air putih bisa mengobati flu? Jadi begini, Dr Lewis mengungkapkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam air bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal, sistem peredaran darah dalam tubuh bekerja dengan baik dan virus maupun bakteri penyebab flu dapat keluar dari dalam tubuh lewat air yang dikeluarkan tubuh baik itu lewat air kencing atau lewat keringat.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 2 ribu partisipan oleh beberapa ahli kesehatan ditemukan bahwa mereka yang kekurangan cairan dalam tubuh akan lebih mudah terserang penyakit dan terserang virus flu. Partisipan yang hanya minum air putih sebanyak 3 sampai 5 gelas perhari rentan mengalami pilek atau batuk dan sakit tenggorokan. Sementara partisipan yang rutin minum 8 gelas atau lebih perhari diketahui lebih sehat baik dari segi fisik maupun psikis.

Para ahli menyebutkan jika asupan air putih yang cukup tak hanya bisa mengobati flu. Lebih jauh, hal ini juga akan membuatnya terhindar dari flu. Ini juga akan membuatnya memiliki pikiran yang lebih tenang serta fokus. Dibandingkan dengan minuman yang mengandung rasa, kopi atau teh, Dr Lewis menyebutkan bahwa air putih adalah minuman paling menyehatkan dan menyegarkan.

Sebaiknya, seseorang minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Tapi, ia juga boleh minum kurang dari 8 gelas perhari selama ia mengkonsumsi sayur dan buah dengan cukup. Selain minum air putih, kunci sehat dan terhindar serta sembuh dari flu adalah memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup dan olahraga secara rutin.

Semoga bermanfaat!

Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *