Cara Tepat Membersihkan Wajah Untuk Kulit Berjerawat

skin.co.id membersihkan wajah

skin.co.id membersihkan wajah

Metode membersihkan wajah memainkan peranan penting pada kulit yang berjerawat. Salah pemilihan sabun dan frekuensi membersihkan wajah yang terlalu sering dapat membuat jerawat jadi semakin parah. Berikut beberapa hal penting menurut American Academy of Dermatology yang perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit yang berjerawat.

1. Cukup Bersihkan Wajah Sebanyak 2 Kali Sehari. Tidak perlu sering-sering membersihkan wajah. Cukup bersihkan wajah pada pagi dan malam hari, terutama ketika Anda berkeringat setelah beraktivitas. Keringat yang tidak segera dibersihkan dapat memperparah tumbuhnya jerawat.
2. Gunakan Sabun Khusus Untuk Kulit Berjerawat. Basuh wajah dengan sabun pembersih yang lembut (non-abrasive cleanser) yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat seperti Blemish Cleanser atau Soap. Hindari sabun pembersih yang mengandung alkohol.
3. Gunakan Jari-jari Tangan. Ambil pembersih lalu basuh ke wajah Anda dengan jari-jari tangan. Cara ini dapat mengurangi iritasi kulit. Penggunaan lap wajah atau spon dapat membuat iritasi kulit dan memperparah kondisi kulit yang berjerawat.
4. Jangan Lakukan Scrubbing. Melakukan scrubbing tidak dapat mengatasi jerawat. Faktanya, scrubbing justru mengakibatkan iritasi kulit dan membuat kondisi kulit yang berjerawat menjadi semakin parah.
5. Jaga Kebersihan Tubuh. Jagalah kebersihan tubuh Anda terutama rambut. Saat membasuh wajah, pastikan gunakan air hangat suam-suam kuku bukan air panas.

Awali langkah mengurangi jerawat dengan cara membersihkan wajah yang tepat. Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *