Cara Tepat Menggunakan Tabir Surya

skin.co.id tip menggunakan tabir surya
Dengan kondisi saat ini, menggunakan tabir surya sama pentingnya dengan menggunakan masker penutup hidung saat kita hendak keluar rumah. Paparan sinar UV dan polusi udara merupakan dua hal yang setiap hari kita hadapi. Hal ini pula yang bisa menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko terhadap kanker kulit. Untuk mencegahnya, salah satu solusinya adalah menggunakan tabir surya setiap hari terutama ketika Anda hendak keluar rumah. Lantas, bagaimana cara menggunakan tabir surya yang benar?
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat hendak menggunakan tabir surya adalah cari tabir surya dengan broad spectrum protection yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA & UVB. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, cari tabir surya khusus dengan kandungan titanium oxide atau zinc oxide karena kandungan tidak menutupi pori-pori kulit sehingga tidak memperparah jerawat.

Cara Menggunakan Tabir Surya

Berikut beberapa tip-tip penggunaan tabir surya yang tepat menurut American Academy of Dermatology

  1. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 atau lebih dengan broad spectrum protection serta pilih yang water resistant atau anti air.
  2. Aplikasikan tabir surya setiap hari terutama bagi Anda yang sering bekerja atau beraktivitas di luar ruangan. Membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk kulit supaya bisa menyerap tabir surya agar berguna sebagaimana mestinya. Jika Anda mengaplikasikan tabir surya ketika berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari, maka kulit tidak dapat terlindungi sepenuhnya dan kulit dapat terbakar sengatan paparan matahari.
  3. Gunakan cukup tabir surya. Untuk menutupi seluruh bagian tubuh Anda membutuhkan kurang lebih satu ons atau satu genggam tangan tabir surya. Jika Anda menggunakan baju yang lebih tertutup maka Anda lebih sedikit membutuhkan tabir surya.
  4. Aplikasikan tabir surya kepada seluruh kulit Anda yang tidak tertutupi pakaian terutama wajah, tangan, kaki.
  5. Aplikasikan ulang tabir surya paling tidak setiap dua jam sekali agar kulit Anda tetap terlindungi. Meskipun sedang berawan atau mendung, tetap aplikasikan tabir surya.

    Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terhadap kanker kulit dan mempercepat penuaan kulit. So, sunscreen is a must!

BACA JUGA: Cegah Kanker Kulit Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *