Daftar Makanan Sehat yang Bikin Anda Jauh Lebih Awet Muda

awet muda

Percaya nggak kalau awet muda itu bukan hanya dari kita menjaga tubuh dengan krim atau perawatan yang lain. Tapi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga punya peran yang sangat penting. Dan nutrisi-nutrisi ini yang terkadang malah kita abaikan keberadaannya. Kalau butuh, baru kita makan, kalau sedang tidak mood, kita malas untuk mengonsumsinya. Padahal untuk menjadi awet muda harus rutin mengonsumsi makanan-makanan sehat yang sangat diperlukan tubuh.

Buat Anda yang ingin selalu terlihat awet muda, mulai saat ini konsumsilah daftar makanan sehat seperti:

1. Jamur

awet muda

Jamur mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium sehingga tulang kuat dan padat terhindar osteoporosis. Tak ingin mengeluh nyeri tulang seperti orang tua kan?

2. Dark cokelat

awet muda

Cokelat hitam kaya flavonol, antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyerap radiasi UV serta bisa meningkatkan peredaran darah. Antioksidan dalam cokelat bisa melindungi kulit dan merangsang pelepasan hormon anti-stres, dan kandungan ini yang bisa buat Anda jauh lebih awet muda.

3. Nanas

awet muda

Buah dengan rasa asam manis ini kaya mineral yang membantu mengaktifkan enzim prolidase. Enzim ini membantu menyediakan prolin untuk asam amino agar diubah menjadi kolagen, yang mana sangat penting perannya dalam membuat kulit kencang, elastis, dan tampak lebih awet muda.

4. Yogurt

awet muda

Yogurt tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga kulit dari dalam. Kandungan kalsium dan proteinnya dibutuhkan tubuh untuk menjaga metabolisme dan menjaga sel-sel tubuh tetap muda. Yogurt juga dapat membantu menjaga sel kulit tetap sehat. Yogurt merupakan sumber kalsium baik yang dapat membantu mengisi dan membangun kembali sel. Asam laktat pada yoghurt juga dapat membantu meluruhkan kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Mau awet muda? Jadi rajinlah konsumsi yogurt, ya!

5. Kunyit

awet muda

Jadikan kunyit sebagai jus yang bisa dicampur dengan madu murni. Kunyit punya kemampuan menyembuhkan dan menjaga sel awet muda. Melawan radikal bebas, mengganti sel mati dengan yang baru dan menjaga agar telomer DNA tidak memendek. Karena telomer DNA yang pendek adalah tanda penyakit dan umur pendek.

6. Kedelai

awet muda

Makanan berbasis kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai akan menjaga tulang dan jantung sehat, mencegah penyakit kardiovaskuler. Kedelai terutama dibutuhkan wanita saat menopause untuk menjaga kadar estrogen yang merosot tajam.

7. Tomat

awet muda

Buah tomat membantu menjaga kulit dari kusam dan dehidrasi. Kandungan lycopene-nya sangat dibutuhkan untuk kulit sehat dan regenerasi sel-sel kulit baru. Airnya juga menjaga kelembaban kulit alami. Hal ini membuat tomat bisa jadikan alternatif makanan sehat yang terjangkau untuk awet muda Anda.

8. Wortel

awet muda

Sayur kaya vitamin A dan C ini membantu meregenerasi sel kulit dan mencegah rusaknya kolagen. Bahkan rajin mengonsumsinya juga bisa mencegah kanker.

9. Air Putih

awet muda

Air putih tidak hanya berlaku sebagai minuman detoks tubuh yang membantu membuang racun dan sampah sehingga tubuh tidak gampang sakit, tapi juga menjaga kulit tetap kencang, sehat, dan segar alami.

10. Paprika Merah

awet muda

Sayuran segar ini dipercaya menjadi salah satu jenis makanan terbaik yang dapat membuat kamu tampak awet muda. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat merangsang produksi kolagen pada tubuh.

Anda dapat mengonsumsi paprika dengan berbagai cara. Salah satu jenis sayuran ini dapat Anda sajikan dalam bentuk salad, smoothies, atau disantap dalam keadaan mentah.

11. Salmon

awet muda

Salah satu jenis ikan laut ini terkenal kaya akan lemak yang bermanfaat bagi jantung. Tak hanya itu, ternyata asam lemak omega-3 yang terkandung dalam seekor ikan salmon dapat melawan peradangan dan mencegah kerusakan kolagen akibat faktor lingkungan.

Oleh sebab itu, jika Anda sering terpapar sinar matahari ketika melakukan aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsumsi ikan salmon setidaknya seminggu sekali.

12. Ayam Kalkun

awet muda

Tak hanya lezat, salah satu jenis unggas berukuran jumbo ini mengandung protein esensial yang diyakini dapat mengoptimalkan produksi alami kolagen.

Daging kalkun mengandung prolin, glisin dan lisin. Kandungan lisin pada ayam kalkun dapat membantu mensintesis sejumlah kolagen berkualitas baik.

Kamu dianjurkan mengonsumsi daging kalkun setidaknya dua kali dalam seminggu. Selain itu, daging kalkun dapat dikombinasikan dengan paprika merah dan tomat, agar kulit tampak lebih segar dan awet muda.

13. Delima

awet muda

Biji merah delima bagus untuk kulit. Selain dapat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah juga menanamkan cahaya alami. Delima juga mengandung senyawa penting yang memiliki efek anti penuaan.

Kadungan Asam Ellagic pada delima merupakan senyawa polifenol yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, ada juga kandungan punicalagin yang merupakan nutrisi super yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kolagen sehingga membantu menjaga kelembutan kulit.

14. Alpukat

awet muda

Tubuh manusia dapat membuat semua lemak yang dibutuhkan kecuali dua asam lemak esensial, Linoleic Acid (LA) dan Alpha Linolenic Acid (ALA). Kedua lemak tersebut berfungsi membangun dinding sel yang kuat untuk kecantikan dan Kulit.

Ahli Gizi Makrobiotik, Shilpa Arora mengungkapkan bahwa buah alpukat kaya akan asam lemak esensial Omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal. Alpukat merupakan buah yang bagus untuk kurangi kerut dan dapat melembabkan kulit dari dalam.

15. Telur

awet muda

98% rambut, kulit dan kuku adalah protein. Untuk itu, asupan protein yang cukup dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Sementara itu, kekurangan protein dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan otot-otot wajah yang kendor. Telur merupakan salah satu sumber terbaik protein berkualitas tinggi.

16. Sayuran Hijau

awet muda

Sayuran hijau seperti bayam, mustard dan fenugreek dikemas dengan antioksidan, polifenol dan klorofil. Sayuran hijau ini dapat membantu membangun membran sel dan melestarikan kolagen agar kulit tetap halus dan lembut.

17. Blueberry

awet muda

Blueberry dianggap sebagai “makanan super” yang memiliki konsentrasi tinggi mineral, vitamin dan antioksidan. Dapat memberi perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari, stres emosional dan kerusakan sel.

18. Semangka

awet muda

Semangka merupakan sumber lycopene dan potassium baik yang dapat menjaga kulit dari terpaan sinar dan membantu dalam mengatur keseimbangan air dan nutrisi di dalam sel pada tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi dalam semangka juga menjadikan buah ini efektif untuk mencegah kulit keriput.

19. Almond

awet muda

Camilan renyah dan enak ini kaya akan vitamin E. Kandungan vitamin E diketahui berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi keriput dan membuat kulit tetap kencang.

20. Lemon

awet muda

Memiliki asupan vitamin C yang cukup merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit tetap kencang dan cerah. Meminum segelas air lemon yang dibuat dari dua buah jeruk lemon setiap hari dapat membuat kulit lebih cerah dan tetap terlihat awet muda.

 

Begini Agar Terlihat Awet Muda

awet muda

Biar awet muda tidak hanya sekadar hanya jadi wish list saja, Anda bisa loh menerapakan beberapan perawatan wajah yang bisa buat Anda terlihat awet muda. Penasaran apa saja perawatan yang bisa mewujdukan impian Anda yang ingi tampil awet muda?

1. Biasakan Bersihkan Wajah dan Gunakan Pelembab

Tidak hanya Anda yang berusia 30 tahun, semua wanita juga harus rutin membersihkan wajahnya dari debu dan kotoran. Apalagi setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Bersihkan wajah Anda secara rutin dengan melakukan double cleansing di malam hari, lalu lanjutkan dengan toner, pelembap atau produk skin care lainnya yang bisa memberi kelembapan.

Hal ini dilakukan agar wajah tetap bersih, lembap, pori-pori wajah mengecil sehingga terhindar dari masalah jerawat dan kulit kusam. Pilih pelembap dengan kandungan vitamin C, glycolic atau hyaluronic acid untuk hasil yang maksimal.

2. Rutin Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah yang rutin dilakukan dapat membantu meremajakan kulit. Butiran scrub yang terdapat pada eksfoliator akan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah, tentunya akan membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda.

Anda juga bisa menggunakan chemical exfoliant sebagai alternatif lain untuk membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori. Tapi penggunaannya harus diperhatikan agar tidak mengiritasi kulit.

Untuk Anda dengan kulit kering dan sensitif, lakukan eksfoliasi sekali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit lainnya, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Rajin Menggunakan Sunscreen

Sinar matahari sudah terbukti memiliki pengaruh buruk terhadap kulit, terutama kulit wajah. Selain bisa membuat kulit wajah menggelap, sinar matahari juga bisa membuat kita cepat berkeriput atau lebih parah terkena kanker kulit. Untuk itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktifitas, agar kulit wajah tetap terproteksi.

4. Mengontrol Porsi Makan

You are what you eat! Pepatah ini ternyata betul, loh. Apa yang Anda makan akan terpancar melalui tubuh dan wajah. Jadi, kalau Anda ingin tubuh dan wajah tampak segar dan memancarkan kecantikan alaminya, pastikan Anda mengontrol porsi makan dan jangan lupa untuk selalu memasukkan sayur dan buah dalam menu makan Anda.

Selain itu, menerapkan pola makan yang sehat akan membantu agar kulit tampak awet muda. Penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, protein hewani dan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi baik untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Rajin Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Dengan banyak bergerak tubuh Anda akan semakin muda, lho. Nah, jika ingin awet muda, yoga dan pilates bisa menjadi pilihan untuk membuat badan tetap terbentuk dan terlihat lebih segar. Salah satu selebriti Hollywood, Jennifer Aniston, mengatakan dirinya rajin melakukan yoga selama 3 kali seminggu untuk tetap menjaga bentuk badannya sekaligus mengencangkan otot tubuhnya.

6. Hindari Stres

Stres menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah yang paling sering dialami. Untuk itu, hal ini sangat penting bagaimana tips agar terlihat awet muda, bagi Anda untuk tetap happy dan bebas dari stres. Tips lainnya selalu bersyukur dan kurangi memikirkan hal-hal yang hanya membuat Anda tertekan. Dan ingat, se-stres apapun hari Anda, masih ada hal-hal yang akan membuat Anda senang, bukan begitu?

7. Konsumsi Green Tea

Green tea atau teh hijau telah dikenal alam karena khasiatnya sebagai antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Belum lagi, teh hijau juga mampu mencegah penyakit seperti kanker dan Alzheimer.

 Teruslah menjadi cantik, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *