Delapan Makanan Penting untuk Kulit Sehat

kulit sehat

Memiliki kulit sehat dan bebas masalah tentu tidak bisa didapat hanya dengan berdiam diri. Setiap orang, khususnya wanita, perlu melakukan beberapa treatment untuk mendapatkan kulit sehat, berseri, dan terlihat awet muda. Tidak hanya perawatan dari luar, asupan makanan yang Anda konsumsi ternyata juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Christine Bailey, ahli gizi dari The Harley Medical Group mengungkapkan, salah satu cara mudah mendapatkan kulit sehat adalah mengatur sejumlah makanan yang tepat.

Berikut ini, beberapa makanan penting untuk kulit sehat:

 

Ikan yang mengandung omega 3

kulit seta

Makanan pertama yang baik untuk menutrisi kulit adalah ikan. Kandungan omega 3 yang terdapat di dalam ikan sangat bagus untuk kesehatan kulit, karena mengandung anti-inflamasi. Ikan berminyak dapat ditemui pada ikan makarel, salmon, herring, dan udang.

Alpukat dan buah zaitun

kulit sehat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang mengandung anti-inflamasi dan vitamin E untuk menjaga kulit tampak bercahaya dan segar. Anda juga dapat menambahkan beberapa buah zaitun sebagai sumber lain untuk dikonsumsi. Adanya kandungan anti oksidan di dalam buah zaitun, dapat mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit Anda.

Makanan fermentasi 

kulit sehat

Usus merupakan rumah bagi bakteri yang tak terhitung jumlahnya dan jika ini tidak seimbang, maka dapat meningkatkan peradangan dan sulitnya detoksifikasi. Dengan mengonsumsi makanan fermentasi, tubuh akan terbantu untuk melakukan detoksifikasi.

Proses fermentasi sendiri merupakan proses panjang yang mengubah karbohidrat dan gula menjadi enzim dan juga asam amino. Proses fermentasi melibatkan bantuan mikroorganisme baik seperti Lactobacillus.

Menariknya, selama proses fermentasi, racun jahat dan bakteri yang tidak diinginkan akan mati. Akibatnya produk fermentasi tersebut akan mendatangkan manfaat yang baik untuk kulit.

Hal ini sangat relevan jika Anda mengonsumsi makanan fermentasi seperti asinan kubis mentah, kefir, yoghurt dan kombucha yang kaya bakteri baik, sehingga membuat kulit jadi lebih sehat.

Rempah-rempah yang kaya akan antioksidan

kulit sehat

Tidak hanya menambah rasa pada makanan, rempah-rempah juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-mikroba.

Anda dapat mengonsumsi atau menambahkan pada makan, seperti kunyit, jahe, bawang putih, kayu manis dan rempah-rempah lainnya untuk makan sehari-hari.

Lebih sehat dengan teh hijau

kulit sehat

 

Teh hijau terutama matcha bubuk hijau mengandung antioksidan tinggi yang dikenal sebagai katekin. Dikenal karena sifat anti-inflamasi, jadi cobalah untuk mengonsumsi teh hijau 3-5 cangkir sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Buah buni untuk meremajakan kulit

kulit sehat

 

Buah Buni adalah buah bacca, atau berry, dengan nama latin Antidema thwaitesianum. Kandungan Vitamin C dan Vitamin E di dalam buah buni, sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena dapat meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan tampak lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.

Sayuran berdaun hijau

kulit sehat

 

Sayuran berdaun hijau terkenal sebagai makanan yang mempunyai serat paling tinggi. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, selada air, dan sawi, merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan dan nutrisi penting bagi kulit. Sebab sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin A dan C yang membantu untuk pencernaan dan detoksifikasi dalam tubuh.

Makan protein lebih banyak

kulit sehat

Jika Anda mengalami masalah pada jaringan parut (bekas luka), Anda dapat melakukan penyembuhan dengan mengonsumsi banyak protein. Protein sangat penting untuk mendukung penyembuhan pada kulit.

Beberapa makanan yang mengandung sumber protein tinggi, seperti daging, ayam tanpa kulit, kacang almond, susu, telur, dan ikan laut. Anda dapat mengonsumsi protein yang di dapat dari unggas, ikan, makanan laut, kacang-kacangan, dan telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *