Deretan Kacang-kacangan yang Dianjurkan untuk Perawatan Kulit

perawatan kulit

Pasti keburu geleng-geleng kalau Anda mendengar kata kacang. Konon memang banyak yang mengatakan bahwa kacang akan membuat Anda berjerawat! Tapi salah satu jenis makanan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit adalah kacang, loh.

Nah, jadi bingung deh harus makan kacang atau tidak? Tenang ladies, ada beberapa kacang-kacangan yang justru sangat dianjurkan untuk perawatan kulit Anda. Jangan parno dulu ya mendengar kata kacang sebelum simak beberapa deretan kacang-kacangan yang sangat baik untuk perawatan kulit Anda, seperti:

1. Pistachio

perawatan kulit

Jenis kacang yang satu ini bermanfaat untuk perawatan kulit Anda karena mengandung vitamin, mineral, dan beragam anti oksidan. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam kacang ini dapat melembapkan kulit serta mengurangi tanda penuaan pada kulit. Seperti garis halus, keruta, hingga dark spots.

Kalau Anda rajin konsumsi kacang yang satu ini untuk perawatan kulit Anda, kadar gula darah bisa menjadi seimbang dan membuat kulit menjadi sehat. Ternyata di dalam kacang ini juga terdapat vitamin A, C, serta zinc dan folic acid yang bertindak sebagai anti oksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

2. Almond

perawatan kulit

Dulu almond terkenal sebagai topping makanan atau kue kering untuk mengenyangkan perut Anda. Yang terbaru susu almond juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan siapa sangka bahwa almond juga baik untuk perawatan kulit Anda. WOW, a thousand benefits!

Jadi, almon ini salah satu sumber terbaik dari vitamin E yang dapat menutrisi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari. Anda bisa merasakan khasiat almond dengan cara mengonsusi secara langsung, atau digunakan untuk perawatan kulit dalam bentuk almond oil.

Nah, dengan konsumsi almond secara rutin, kulit Anda terbebas dari jerawat, membuat kulit jadi bersih, kelembutan kulit Anda juga ikut terjaga, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Karena almond ini padat akan kalori, jadi pastikan Anda untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang secukupnya, ya!

3. Walnut

perawatan kulit

Adalah salah satu jenis kacang yang memiliki banyak untuk perawatan kulit Anda. Kandungan omega-3 pada kacang ini bisa memperkuat membrane sel kulit, membantu kulit dalam mengikat cairan dan nutrisi, serta menjaga kulit dari racun yang dapat merusak sel kulit.

Selain itu, walnut juga mengandung lembak baik yang baik sebagai anti-inflamasi dan juga berperan dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Buat Anda yang memiliki masalah dengan dark circle juga dapat menggunakan walnut oil untuk perawatan kulit Anda seperti mencerahkan area bawah mata. Tidak hanya itu, kandungan kacang walnut ini juga bisa membantu mengempiskan kantung mata, loh.

4. Kacang Mete

perawatan kulit

Kalau mendengar kacang mete, pasti langsung tertuju pada coklat! Selain enak dimakan, kacang mete juga sangat bagus untuk perawtan kulit. Kandungan niacin pada kacang ini dapat melindungi kulit dari dermatitis. Selain itu, kacang mete juga memaksimalkan penggunaan zat besi pada tubuh sehingga radikal bebas dapat tereliminasi. Kacang mete juga mampu meningkatkan produksi melanin yang baik untuk perawatan kulit Anda. Saat produksi melanin meningkatkan, berfungsi untuk merawat jaringan kulit yang berguna untuk mencegah munculnya kerutan.

5. Brazil Nuts

perawatan kulit

Yang punya masalah dengan kulit kering-nya, wajib untuk memasukkan kacang ini di dalam list bahan perawatan kulit. Brazil nut biasanya digunakan dalam bentuk minyak. Minyak ini padat akan kaya vitamin A, E, selenium, magnesium, dan thiamine. Ekstrak brazil nut juga mengandung phystosterols dan asam amino.

Minyak yang satu ini sangat baik untuk Anda yang memiliki maslaah kulit kering, aging skin, psoriaris, dan eczema. Vitamin A dan E, kaya akan anti-oksidan yang sangat dianjurkan untuk perawatan kulit Anda. Kandungan selenium dalam brazil nuts dapat meningkatkan imun yang mempercepat regenerasi sel kulit sehingga Anda bisa mendapatkan kulit yang elastis dan sehat. Ternyata, selenium juga berfungsi untuk melawan dan mencegah sel kanker pada kulit.

Suka Makan Kacang, Buat Umur Panjang!

perawatan kulit

Pola hidup sehat itu bisa berupa konsumsi makanan yang sehat, olahraga cukup, minum air putih cukup dan istirahat cukup. Tak hanya itu saja, kalau memang ingin panjang umur, dikutip dari laman vemale.com, seseorang bisa konsumsi makanan berupa kacang-kacangan.

Para ahli menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam kacang-kacangan sangat baik buat kesehatan dan bisa memperpanjang usia.

Para ahli mengungkapkan bahwa konsumsi kacang-kacangan baik itu kacang tanah, kacang almond, kacang hijau atau kacang kedelai sebanyak 1 ons setiap minggu bisa meningkatkan kesehatan seseorang yang membuat usia seseorang akan lebih panjang sebesar 1 persen. Yang lebih menarik lagi, para penderita kanker yang konsumsi kacang khususnya penderita kanker prostat bisa memiliki usia yang lebih panjang dari usia yang diperkirakan sesuai hasil medis sebelumnya.

Para penderita kanker prostat yang konsumsi kacang-kacangan secara teratur juga memungkinkan memiliki tubuh yang lebih bugar dan daya tahan tubuh yang lebih kuat. Hasil studi yang diterbitkan di British Journal of Cancer yang ada di Medical School di Boston menyebutkan bahwa penderita kanker yang konsumsi kacang secara rutin akan memiliki usia lebih panjang sekitar 34%.

Meski nutrisi pada kacang tidak dijamin mampu menyembuhkan kanker yang diderita seseorang, setidaknya nutrisi pada kacang ini bisa membuat kekebalan tubuh lebih stabil dan menurunkan risiko kematian dini untuk para penderita kanker. Para peneliti di AS mengungkapkan bahwa semua jenis kacang-kacangan sangat baik buat kesehatan dan bisa memperpanjang usia seseorang.

Di dalam kacang-kacangan ini biasanya mengandung nutrisi berupa vitamin E, tokoferol dan beberapa nutrisi lain yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi ini juga dikatakan mengandung fitokimia, bahan alami tanaman yang dianggap bisa menjadi anti kanker yang kuat. Selain mampu memperpanjang usia dan mencegah risiko kanker hingga meningkatkan kekebalan tubuh, nutrisi kacang juga mampu melindungi tubuh dari risiko jantung serta diabetes.

Manfaat Kacang Hijau juga Jangan Ketinggalan!

perawatan kulit

Kacang hijau ini juga salah satu kacang yang banyak digunakan dalam olahan makanan. Seperti bubur kacang hijau, kolak kacang hijauh, bakpao isi kacang hijau, dan masih banyak lagi olahannya. Dibalik rasanya yang gurih dan membuat perut bisa kenyak, ada beberapa manfaat kacang hijau yang baik untuk perawan kulit Anda. Berikut manfaat kacang hijauh yang dianjurkan untuk perawatan kulit:

1. Menghaluskan Kulit

Vitamin E yang terkandung dalam kacang hijau ini merupakan salah satu senyawa yang mempunyai khasiat bagi kesehatan kulit. Vitamin E mampu mengangkat sel kulit mata yang merupakan penyebab terjadinya kulit pada wajah yang kasar. Perawatan kulit dengan menggunakan kacang hijau ini membuat kulit jadi halus dan bersih.

2. Mengencangkan Kulit

Sumber protein yang cukup tinggi di dalam kacang hijau mampu mengatasi kerutan pada kulit wajah secara alami dan dalam. Perawatan kulit ini dapat membuat wjaah terasa kencang dan terlihat lebih awet muda.

3. Mengatasi Komedo dan Jerawat

Di dalam kacang hijau juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antibakteri yang mampu membunuh kuman penyebab komedo dan jerawat. Saat Anda mengaplikasiakn kacang hijau sebagai perawatan kulit Anda, kulit akan terjaga dari bakteri yang menempel. Selain itu, vitamin C yang ada juga mampu memacu regenerasi sel kulit secara optimal.

4. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan protein yang terkandung dalam kacang hijau ini bermanfaat untuk membantu kolagen dalam tubuh, jadi efek pada kulit akan menjadikan elastisitas kulit akan terjaga.

5. Menyejukkan Kulit

Kacang hijau ini juga bermanfaat sebagai detoksifikasi racun pada kulit. Di dalam kacang hijau sendiri berfungsi sebagai astringent yang dapat menyejukan kulit wajah secara alami. Jadi Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan kacang hijau agar kulit tetap segar atau sejuk.

6. Mengatasi Minyak Berlebih

Perawatan kulit dengan kacang hijau ini sangat membantu penyerapan minyak berlebih. Karena sangat kulit terlalu berminyak, kulit akan terlihat kusam dan kotor. Lalu kulit yang berminyak juga merupakan sumber berbagai masalah kulit muncul seperti komede, jerawat, dan lainnya.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel mati yang tidak terangkat tentu akan membuat beberapa masalah kulit seperti wajah kusam, kasar, dan berjerawat. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan kacang yang satu ini.

 

Cantik dengan Masker Kacang Hijau

perawatan kulit

Selain baik untuk menjaga kesehatan karena mengandung banyak protein, ternyata kacang hijau bisa memberi manfaat yang besar untuk perawatan kulit Anda. Kulit yang sedang berjerawat ternyata bisa disembuhkan dengan kacang hijau.

Perawatan kulit secara alami ini dapat dilakukan setiap kali Anda bermasalah dengan jerawat. Atau untuk menjaga kehalusan kulit, Anda bisa memakai masker kacang hijau buatan sendiri dua kali seminggu. Bahan-bahan yang dipakai sangat mudah, Anda bisa menemukannya di dapur.

Bahan:

  • 100 gram kacang hijau
  • 2 sdm plain yogurt (yogurt tanpa rasa)

Cara Membuat:

  • Rendam kacang hijau selama 1 jam
  • Blender kacang hijau hingga berbentuk halus
  • Campur kacang hijau dengan yogurt, aduk hingga rata
  • Bersihkan wajah, keringkan, lalu oleskan dengan masker kacang hijau
  • Diamkan wajah selama 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin
  • Tepuk-tepuk wajah dengan handuk kering

 

Cerahkan Wajah dengan Masker Alami

perawatan kulit

Nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau dipercaya bisa menyegarkan kulit secara alami, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Nutrisi pada kacang hijau juga bermanfaat mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo maupun jerawat. Lantas bagaimana memanfaatkan kacang hijau untuk bahan alami perawatan kulit? Simak yang berikut ini.

Bahan:

  • 5 sdm kacang hijau (rendam hingga kacang hijau mekar selama 5 sampai 7 jam)
  • 1 sdm air lemon
  • 1 sdm minyak kelapa

Cara Membuat:

  • Cuci bersih kacang hijau yang telah direndam kemudian haluskan. Menghaluskan kacang hijau sebaiknya dilakukan dengan cara ditumbuk
  • Jika sudah halus, campur bersama air lemon dan minyak kelapa. Aduk semua bahan hingga rata dan menjadi pasta.
  • Cuci bersih wajah dari sisa make up
  • Aplikasikan masker kacang hijau ke kulit wajah secara merata
  • Pijat-pijat masker dengan jari tangan kemudian diamkan kira-kira selama 30 menit
  • Bilas kulit wajah dengan air bersih, cuci muka seperti biasa
  • Untuk mendapatkan kulit cerah dan lembut maksimal, memakai masker kacang hijau sebaiknya dilakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *