Deteksi Penyebab Jerawat Lewat Tempat Timbulnya!

skin.co.id Deteksi Penyebab Jerawat Lewat Tempat Timbulnya!

Jerawat biasanya memiliki pola pada kulit Anda. Entah apakah Anda selalu mencari cara untuk menghilangkan benjolan kecil di dahi atau pada rahang Anda ini atau jerawat batu Anda bertambah banyak, tempat tumbuhnya jerawat sebenarnya memiliki penyebab dan pesan untuk Anda. Tidak selamanya jerawat itu buruk. Jerawat bisa menjadi salah satu pertanda bahwa ada sesuatu yang salah sedang terjadi dalam tubuh Anda. Ingin tahu apa penyebab timbulnya jerawat pada anggota badan tertentu? Berikut beberapa tanda yang ingin jerawat Anda sampaikan sehingga Anda bisa mengusirnya agar tidak kembali pada kulit Anda:

Jerawat Kecil Di Dahi

Penyebabnya adalah segala sesuatu yang menghambat keluarnya sebum dari dalam pori-pori seperti mengenakan topi dan menyeka keringat saat bekerja di luar ruangan. Berkeringat saat mengenakan produk rambut tertentu seperti serum rambut juga dapat menyebabkan timbulnya noda pada wajah. Ariel Ostad, MD, asisten profesor klinis dermatologi di NYU Medical Center menjelaskan bahwa panas di tubuh dapat menyebabkan produk rambut berbahan dasar minyak meluncur ke bawah batang rambut dan pori-pori ke Anda.

Maka dari itu, cuci topi Anda dengan deterjen biasa, dan selalu gunakan topi yang bersih. Gunakan handuk katun untuk mengeringkan badan selama latihan, dan jangan menggosokkannya pada kulit, cukup ditepuk-tepukkan saja. Hal ini sangat dianjurkan karena menggosok akan mengirim sebum, makeup, dan keringat masuk lebih dalam ke pori-pori Anda.

Jerawat Batu Atau Whiteheads Pada Pipi

Jerawat di daerah ini dapat mungkin dipicu oleh stres. Tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan produksi testosteron, yang pada akhirnya akan merangsang peningkatan produksi sebum pada kulit. Jika Anda hanya mengalaminya sesekali, bintik-bintik bakteri jerawat ini bisa ditimbulkan oleh tangan dan layar ponsel yang biasa Anda tempelkan di pipi saat menelepon.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk memulai pengobatan. Jika jerawat tersebut hanya sesekali saja, maka pastikan untuk membersihkan apa pun yang berkontak dengan wajah Anda.

Jerawat Atau Komedo Yang Meradang Di Hidung

Jerawat di hidung ini sebenarnya adalah jenis rosacea yang akan sangat mudah diketahui perbedaannya dengan jerawat lainnya oleh dokter kulit. Jika Anda hanya mengalaminya sesekali saja pada hidung, kemungkinan jerawat ini muncul karena pori-pori tersumbat di daerah kulit yang rawan berminyak ini. Penderita rosacea biasanya disarankan untuk menggunakan pembersih dan produk bebas pewangi untuk menjaga iritasi seminimal mungkin.

Jerawat Di Dada

Jika Anda memiliki jerawat di dada, hal tersebut bisa terjadi karena Anda memakai pakaian atau kaos olahraga yang tidak menyerap keringat. Keringat yang tidak terserap dengan baik akan berkontribusi terhadap tersumbatnya pori-pori. Selalu gunakan pakaian yang berbahan katun dan segera berganti pakaian olahraga Anda segera setelah berolahraga.

Jerawat Di Punggung

Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh oklusi, yaitu udara yg keluar dr jalan pernapasan mendapat hambatan penuh di daerah artikulasi. Jika pakaian ketat, ransel, atau bahkan kursi meja Anda berada dalam kontak konstan dengan kulit Anda, pasti benda-benda tersebut akan mengiritasi dan memblokir pori-pori dan folikel.

Kulit di punggung lebih tebal dari pada wajah Anda, dan kelenjar minyak berada lebih dalam di bawah permukaan kulit sehingga untuk menghilangkan jerawat di punggung perlu perawatan intens seperti scrub asam salisilat, dan meminta resep antibiotik kepada dokter kulit Anda.

Jerawat Di Dagu Atau Rahang

Penyebab jerawat di daerah ini biasanya karena faktor hormonal. Jerawat yang membengkak si dagu menandakan bahwa Anda memiliki kelebihan testosteron, yang dapat meningkat ketika Anda sedang stres atau ketika tingkat estrogen Anda turun. Jika Anda mengalami jerawat kronis di dagu atau rahang, perawatan biasa mungkin tidak akan bekerja secara maksimal, karena produk perawatan tersebut tidak dapat mempengaruhi kadar hormon.

Nah, sudah tahu penyebab-penyebab jerawat berdasarkan tempat tumbuhnya jerawat itu sendiri? Selalu jaga kesehatan kulit Anda dengan pola makan yang sehat dan selektif dalam memilih perawatan kulit berjerawat seperti Blemish Line yang terbukti mampu mengatasi dan merawat kulit berminyak dan berjerawat. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Jerawat Batu & Solusi Mengatasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *