DIY – Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

skin.co.id DIY - Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

Kulit kita merupakan bagian tubuh yang berinteraksi secara langsung dengan panas, cuaca, dan lingkungan. Berbagai faktor seperti panas dan polusi bisa membuat kulit kita berminyak dan lelah, bukan?

Lalu apakah Anda mengatasi hal ini dengan pergi ke salon dan menghabiskan banyak waktu di dalamnya? Padahal ada cara yang lebih sederhana untuk mengatasinya. Kali ini kami akan membahas sedikit cara mengobati masalah kulit ini dengan DIY – Steam Facial.

Steam facial ini sangatlah alami, uap wajah buatan sendiri, yang sangat mudah dilakukan di rumah Anda dengan nyaman. Namun, ada hal yang harus Anda ingat yaitu jangan melakukannya secara berlebihan karena dapat merusak kulit Anda. Anda dapat memanjakan kulit Anda seminggu sekali dengan perawatan ini. Jika Anda memiliki jerawat parah dan jerawat, Anda bisa melakukannya dua kali dalam seminggu.

Ada beberapa bahan yang Anda butuhkan, di antaranya adalah:

skin.co.id DIY - Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

  • Bubuk kunyit
  • Potongan kayu manis
  • Teh hijau
  • Air putih

DIY – Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

Lakukan steam facial dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1:

 

DIY - Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak2

Mulailah dengan membersihkan kulit secara menyeluruh dengan pembersih favorit Anda untuk menghapus sisa make-up atau kotoran. Setelah dibersihkan secara menyeluruh, tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut hingga kering. Kemudian, ambil setidaknya ½ sampai 1 liter air putih dan rebus air sampai panas.

Langkah 2:

skin.co.id DIY - Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

Kemudian, tambahkan sekitar satu sendok teh bubuk kunyit, 3 sampai 4 buah bubuk kayu manis dan satu sendok makan teh hijau ke dalam air mendidih. Sekarang, matikan api.

  • Teh hijau memiliki beberapa manfaat bagi kulit. Terutama untuk membantu membuat kulit lembut, bersih, dan bercahaya. Teh hijau juga mampu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Karena mengandung polifenol yang tinggi, teh hijau mampu memperlambat tanda-tanda penuaan, membantu untuk menjaga kulit Anda tetap sehat.
  • Bubuk kunyit mengandung sebagian besar sulfur alami yang bertindak sebagai antibiotik yang melawan infeksi kulit. Oleh karena itu, kunyit sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat.
  • Kayu manis adalah exfoliantor kulit alami yang bagus. Kayu manis bekerja sebagai antiseptik, astringent, anti jamur, dan anti virus. Bahan ini mampu membersihkan kulit secara mendalam dengan mengelupasi sel-sel kulit mati. Bahan tersebut juga merangsang pori-pori kulit Anda sehingga bahan-bahan dalam campuran masuk dan bekerja secara efektif ke kulit lebih dalam.

Langkah 3:

DIY - Steam Facial Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak

Setelah mematikan api, mengambil sendok bersih dan campur semua bahan sehingga kita bisa mencium aroma khas rempah-rempah ini. Air panas akan berubah menjadi kuning terang karena bubuk kunyit.

Langkah 4:

Sekarang ambil handuk tebal dan letakkan di atas kepala Anda, untuk menghalangi uap menyebar dan pergi dengan cepat. Silakan periksa suhu air. Ingat bahwa air tidak harus sangat panas karena akan membakar dan merusak kulit Anda. Saat suhu telah sesuai, mulailah menguapi kulit Anda atau memulai steam facial.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, waktu yang direkomendasikan untuk melakukan steam facial adalah sekitar 8 sampai 10 menit. Tapi, jika Anda memiliki kombinasi dengan kulit berminyak, Anda dapat melakukannya dalam waktu kurang lebih 20 menit. Tutup mata Anda, santailah dan steam facial Anda akan memberikan manfaat maksimal.

Jika Anda merasa panas airnya tidak nyaman, Anda dapat dengan mudah istirahat sebentar saat proses penguapan. Setelah Anda selesai, tepuk-tepuk kulit secara lembut sampai kering. Teruskan dengan dengan menerapkan toner favorit Anda dan pelembab untuk menyelesaikan proses steam facial ini.

Kedengarannya menarik bukan? Anda harus mencobanya karena perawatan ini akan menyembuhkan kulit Anda tanpa menyebabkan iritasi.

Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Mengapa Jerawat Timbul DI Tempat Yang Sama? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *