Efek Samping Menggunakan Tabir Surya

skin.co.id Efek Samping Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya merupakan  salah satu produk perawatan kulit yang sangat penting. Kita sering kali disarankan untuk memakai tabir surya di dalam maupun di luar ruangan, di bawah sinar matahari langsung. Perlindungan untuk kulit dari sinar matahari memang sangatlah penting terutama untuk melindungi kulit dari kanker, penuaan dini, dan sunburn.

Akan tetapi ada beberapa tabir surya yang memberikan efek samping dan menimbulkan risiko kesehatan karena kandungan obat di dalamnya sepertitetrasiklin, obat sulfa, fenotiazin, dan lain-lain. Banyak sekali tabir surya berbahan kimia yang malah menyuburkan pertumbuhan kanker kulit dan mengganggu sistem hormonal tubuh. Banyak sekali pakar atau ahli dermatologi yang mengungkapkan manfaat tabir surya, tapi jarang sekali mereka mengungkapkan efek samping yang mungkin akan Anda rasakan saat menggunakan produk yang satu ini.

Jangan pernah menganggap bahwa menggunakan tabir surya di pagi hari akan melindungi kulit Anda seharian penuh. Selain itu, jangan pernah berpikir bahwa Anda akan mendapatkan perlindungan maksimal saat menggunakan sedikit tabir surya. Bahan kimia bisa mempercepat kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit bila diterapkan ke kulit yang terkena sinar matahari.

Menurut beberapa ahli dermatologi, tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide sangat berbahaya jika digunakan pada orang yang terkena eksim. Retakan kecil di kulit penderita eksim ini akan memberikan kesempatan senyawa tersebut masuk ke aliran darah. Berikut ini beberapa efek samping menggunakan tabir surya yang mungkin pernah Anda alami:

Reaksi Alergi

Tabir surya mengandung beberapa bahan kimia yang kadang bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda seperti kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal. Beberapa orang bisa mengalami ruam dan rasa gatal yang parah. Reaksi alergi ini merupakan akibat dari penggunaan bahan kimia yang ditemukan pada tabir surya seperti wewangian dan pengawet. PABA merupakan bahan kimia yang banyak digunakan tabir surya konvensional dan bisa menyebabkan reaksi alergi tingkat tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya teliti sebelum membeli. Pastikan tabir surya Anda mengandung hipoalergenik dan tidak mengandung PABA. Untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi dengan tabir surya, lakukan tes patch terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara Tepat Menggunakan Tabir Surya

Iritasi Mata

Tabir surya yang mengenai mata dapat menyebabkan luka dan iritasi. Hal ini juga dapat memicu terciptanya rasa terbakar dam sensitifitas terhadap cahaya. Beberapa dermatologi juga mengklaim bahwa tabir surya kimia juga dapat menyebabkan kebutaan. Jika tabir surya masuk ke mata, bilas bersih dengan air dingin atau segera obati dokter Anda.

Memperparah Kondisi Jerawat

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, ada beberapa bahan kimia pada tabir surya yang akan memperburuk masalah kulit Anda. Untuk menghilangkan efek samping dari tabir surya, Anda dapat memilih tabir surya non-komedogenik dan berformula khusus untuk kulit Anda. Hindari penggunaan tabir surya tubuh pada wajah.

BB CREAM KHUSUS UNTUK KULIT BERJERAWAT ANDA

  • Mengontrol sebum
  • Menenangkan & melembabkan kulit kemerahan
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV A & B matahari
  • Meratakan warna kulit

BB krim terbaik untuk kontrol minyak di wajah sekaligus berfungsi sebagai tabir surya. BELI SEKARANG JUGA!

Nyeri di Daerah Berambut

Ada beberapa jenis tertentu tabir surya yang akan membuat Anda sulit memilihnya. Tabir surya tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari gel, lotion, krim, hingga berbentuk mist. Anda harsu pintar memilih bentuk tabir surya yang Anda pakai karena jika terlalu berat daerah berbulu atau berambut di wajah Anda akan mengalami nyeri yang menyakitkan.

Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Bahan-bahan pada tabir surya memiliki efek estrogenik pada sel kanker payudara. Beberapa tabir surya dapat memiliki efek estrogen darah. Hindari penggunaan tabir surya kimia pada anak-anak Anda, karena kulit mereka cenderung dapat menyerap bahan kimia lebih cepat dan langsung.

Menyebabkan Nanah Di Folikel Rambut

Tabir surya dapat menyebabkan bintik-bintik gatal pada kulit yang cenderung berkembang menjadi ruam merah bergelombang. Kadang-kadang, hal ini dapat berubah menjadi nanah yang melepuh di sekitar folikel rambut.

BACA JUGA: Mengapa Kulit Berjerawat Membutuhkan Tabir Surya?

Setelah membahas beberapa efek samping menggunakan tabir surya, berikut kami berikan tips untuk menghindari efek samping tersebut:

  • Bilas dan hentikan pemakaian tabir surya jika menyebabkan kemerahan dan iritasi.
  • Bicaralah dan konsultasikan dengan dokter untuk memilih tabir surya yang baru.
  • Oleskan kembali tabir surya setiap 2 jam, terutama jika Anda berada di luar untuk waktu yang lama.
  • Pilih tabir surya non komedogenik dan bebas minyak, jika Anda memiliki kulit berminyak.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *