‘Emang Bisa’, Menghilangkan Komedo dengan Cepat?

menghilangkan komedo

Tidak sakit, tapi cukup mengganggu penampilan. Ya, itulah posisi komedo saat mampir di wajah Anda. komedo bisa terjadi pada siapapun, bahkan pada orang yang memiliki kulit kering sekalipun. Butuh perhatian yang ektra agar wajah Anda terbebas dari komedo. Karena menghilangkan komedo ini termasuk dalam kategori ‘susah-susah gampang’.

Menghilangkan komedo tidak bisa hanya dengan digosok-gosok atau di pencet. Komedo hitam di bagian wajah merupakan akibat dari oksidasi dari sebum dan sel-sel kulit mati yang terkontak dengan udara. Hal ini juga terjadi apabila pori-pori Anda terbuka. Menggosok-gosok dan memencet komedo hanya akan memperburuk dan membuat wajah Anda lebih kering.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih produk penghilang komedo. Selain menggunakan produk perawatan kulit anti komedo, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah untuk menghilangkan komedo dengan cepat.

Ingin tahu bahan dan perawatan apa saja yang bisa menghilangkan komedo dengan cepat? Yuk, simak informasi berikut:

Susu dan Madu

menghilangkan komedo

Kombinasi susu dan madu sangat baik untuk menghilangkan komedo di wajah Anda. Asam laktat dalam susu akan membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan halus. Madu bersifat anti bakteri bagi kulit.

  • Ambil satu sendok makan madu
  • Tambahkan satu sendok teh susu dingin dan aduk secara merata dengan madu
  • Masukkan dalam microwave selama satu menit. Kemudian tambahkan campuran madu dan susu sebanyak satu lapisan.
  • Angkat dan terapkan campuran ini di area yang berkomedo
  • Anda juga bisa menggunakan campuran ini pada kain katun yang bersih dan tempelkan di area hidung, dahi, atau dagu.
  • Tunggu hingga 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kemudian oleskan pelembab di atasnya.
  • Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo dengan cepat

Perawatan Uap Wajah

menghilangkan komedo

Uap dari air yang mendidih misalnya akan membantu mengurangi munculnya komedo di hidung dan wajah. Hal ini akan melembutkan sebum yang ada dalam pori-pori. Steaming wajah merupakan salah satu cara yang paling santai untuk menghilangkan komedo. Ikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

  • Ambil mangkuk besar dan tuangkan air mendidih ke dalamnya. Biarkan air agak dingin sedikit.
  • Sekarang, tutup kepala belakang Anda dengan handuk bersih dan letakkan wajah di atas mangkuk selama sekitar 10 menit.
  • Handuk harus ditutupi sedemikian rupa sehingga uap tidak pergi kemana-mana.
  • Hati-hati untuk tidak terlalu dekat dengan air mendidih karena dapat membakar kulit Anda.
  • Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan air hangat kemudian tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan handuk bersih.
  • Jangan lupa untuk melembabkan kulit Anda setelah perawatan uap. Lakukan proses ini selama beberapa minggu untuk dengan mudah menghilangkan komedo dengan cepat.

Madu dan Bubuk Kayu Manis

menghilangkan komedo

Madu memiliki sifat anti bakteri yang akan membantu agar bakteri menjauh serta akan bertindak sebagai perekat yang bisa mengeluarkan apa pun dari dalam pori-pori kulit Anda. Kayu manis adalah penyembuh alami yang akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Kayu manis dan madu bersama-sama akan bekerja secara efektif dalam memberikan Anda solusi untuk masalah komedo hitam. Lakukan petunjuk berikut ini:

  • Campurkan bubuk kayu manis dengan madu mentah dalam mangkuk kecil secukupnya.
  • Oleskan pasta yang terbuat dari kayu manis dan madu secukupnya pada daerah komedo.
  • Diamkan selama lima menit. Kemudian cuci muka dengan air bersih.

Masker Putih Telur

menghilangkan komedo

Putih telur sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit dan mampu mengencangkan pori-pori kulit. Hal ini dapat digunakan sebagai masker wajah yang efektif untuk mengurangi berkembangnya komedo lanjutan serta untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah dan hidung.

  • Pertama, pisahkan kuning telur dan putih telur.
  • Keringkan wajah Anda dengan handuk bersih dan kemudian terapkan lapisan tipis putih telur pada wajah Anda.
  • Anda dapat menggunakan tisu wajah yang (non-parfum) selama telur diterapkan dan tekan dengan lembut pada wajah Anda.
  • Terapkan sekali lagi putih telur pada wajah.
  • Setelah telur pada kedua lapisan putih telah kering, Anda dapat sekali lagi menerapkan lapisan ketiga putih telur.
  • Biarkan ketiga lapisan tadi benar-benar kering. Anda akan merasa sesak ketika masker mengering. Setelah selesai, lepaskan kertas tisu dan cuci muka dengan air hangat. Tepuk itu kering dan menerapkan pelembab.
  • Lakukan hal ini dua kali seminggu selama 1 sampai 2 bulan untuk benar-benar menghilangkan komedo di hidung dan wajah.

Cuka Sari Apel dan Daun Mint

menghilangkan komedo

Anda bisa membuat toner anti komedo dengan mencampurkan cuka sari apel dan daun mint. Cuka sari apel akan membantu menghilangkan komedo di hidung dan wajah. Daun mint akan memberikan efek menenangkan dan mendinginkan kulit. Kandungan mentolnya juga dapat mengurangi peradangan di sekitar komedo.

  • Campurkan cuka sari apel dan daun mint dalam botol. Jauhkan botol tersebut di tempat yang gelap dan dingin selama kurang lebih satu minggu.
  • Kemudian saring cairan tersebut dan tambahkan secangkir air.
  • Simpan campuran cairan ini dalam lemari es selama 6 hari.
  • Oleskan campuran ini sebagai toner untuk membersihkan wajah. Gunakan kapas untuk menerapkannya.
  • Anda bisa menggunakan cairan ini semalaman dan bilas wajah Anda di pagi hari kemudian terapkan pelembab.

 

Mencegah Komedo Datang Kembali

menghilangkan komedo

Setelah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan komedo yang menganggu penampilan cantik Anda, kini saatnya Anda tahu cara mengurangi bahkan mencegah komedo biar tidak datang lagi. Siapa tahu juga dengan mencegah komeda agar tak kembali lagi, membuat wajah Anda tampil jauh lebih cantik lagi. Simak baik-baik tips dari Skin.co.id yah!

Perhatikan Baik-baik Kandungan Skin Care Anda

Ada beberapa kandungan pada skin care yang dapat membantu menghilangkan komedo. Salah satu kandungan terbaik dalam skin care yang mampu membuang minyak dalam pori-pori tersumbat adalah salicylic acid dan retinoid.

Penggunaan salicylic acid atau retinoid pada wajah secara rutin dapat mencegah terbentuknya komedo dan membersihkan pori-pori Anda. Kedua bahan tersebut juga dapat membantu pergantian kulit wajah secara efisien tanpa membuat kulit menjadi terlalu tipis. Selain mengetahui kandungan apa yang dapat berguna bagi kulit wajah, ketahui juga kandungan apa saja yang sebaiknya kita hindari. Hydrogen peroxide dan alcohol misalnya. Kedua bahan tersebut tidak memiliki pengaruh apa-apa pada komedo hitam atau komedo putih, malah hanya akan membuat kulit Anda menjadi kering.

Eksfolasinya Harus Rutin, lho!

Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, yang merupakan salah satu penyebab terbentuknya komedo. Anda bisa memilih jenis eksfoliator yang dirasa cocok untuk jenis kulit. Bisa dengan physical/manual exfoliants atau chemical exfoliants.

Physical exfoliants dapat dilakukan dengan scrub khusus wajah ataupun dengan tools seperti cleansing brush, konjac sponge, atau faceclothChemical exfoliants dapat dilakukan dengan peeling dan penggunaan produk yang mengandung AHA/BHA, proteases enzymes, atau retinoid. Meskipun eksfoliasi merupakan langkah yang penting untuk dilakukan secara rutin, ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan agar kulit Anda tidak rusak.

Cari Tahu Dulu Kandungan Makeup yang Dipakai

Kandungan pada makeup dapat menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori wajah. Karena itu, penting untuk mengecek kandungan sebuah produk sebelum kita memakaikannya pada kulit. Sekalipun produk yang Anda gunakan mengklaim bahwa produknya bersifat “Won’t Clog Pores” ataupun “Non-Comedogenic”, tidak ada salahnya untuk tetap mengecek apa saja kandungan di dalamnya. Bukan hanya kandungan berbahan dasar kimia saja, kandungan yang bersifat alami pun ada yang berpotensi menyumbat pori-pori. Beberapa kandungan pada makeup yang sebaiknya kamu hindari adalah algae extract, almond oil, stearic acid, spirulina, alkohol, lauric acid, dan masih banyak lagi.

Clay Mask? Wajib Dicoba!

Clay mask merupakan produk yang sudah dikenal ampuh untuk membersihkan kulit secara dalam dan mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Ada banyak jenis clay mask yang tersedia di pasaran. Anda bisa membeli clay bubuk dan membuat homemade clay mask atau bisa langsung membeli clay mask siap pakai. Jika Anda ingin mencoba clay mask, cari tahu terlebih dahulu jenis clay apa yang cocok untuk jenis kulit kamu.

French Pink Clay adalah jenis clay yang paling cocok untuk semua jenis kulit. Bentonite Clay cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal, berminyak, atau kombinasi. White Kaolin Clay cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal, kering, atau sensitif. Jika clay mask terasa terlalu kering pada wajah, kamu bisa mencampurnya dengan sedikit madu dan face oil, atau gunakan hanya pada area yang membutuhkan perawatan saja (area T-Zone atau hidung saja misalnya).

Pelembapnya Jangan Sampai Ketinggalan, ya!

Metode yang dilakukan untuk mengurangi komedo umumnya dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Baik itu dengan cara eksfoliasi, maupun dengan penggunaan produk dengan kandungan tertentu. Penting bagi Anda untuk tetap menjaga kelembapan kulit agar tetap bisa melakukan perawatan untuk menghilangkan komedp tanpa menimbulkan masalah baru. Dengan menggunakan pelembap, kulit Anda tidak akan memproduksi minyak berlebih lagi. Selain itu, menjaga kulit tetap lembap dapat membantu pori-pori kita tetap terbuka sehingga dapat mencegah munculnya komedo.

 

Jadi, setelah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan komedo yang menempel pada wajah cantik Anda, langkah selanjutnya adalah mencegahnya. Lakukan perawatan di atas dengan rutin ya Ladies, agar komedo tidak lagi bersarang di wajah Anda.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *