Fakta Penting Tabir Surya yang Wajib Anda Ketahui!

skin.co.id tabir surya

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa menggunakan tabir surya merupakan suatu rutinitas perawatan kulit wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari khususnya sinar UVA dan UVB. Namun, apakah Anda sudah memilih tabir surya (sunscreen) dengan tepat?

SPF vs Broad Spectrum SPF

Apa yang Anda cari ketika akan membeli tabir surya? Selain kandungan, hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah SPF. Sunscreen dengan SPF memberikan perlindungan pada kulit terhadap paparan UVB saja yang mana sinar ini menjadi salah satu faktor risiko penyebab kanker kulit. Namun, ternyata paparan sinar UVA pun juga dapat merusak kulit. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tabir surya dengan Broad Spectrum SPF seperti Vitalizer Laser Aid Sun Block untuk melindungi kulit dari kedua jenis sinar tersebut.

Pada umumnya, tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dengan Broad Spectrum berguna untuk mengurangi risiko kanker kulit, sunburn, dan mencegah penuaan dini. Sedangkan tabir surya dengan Broad Spectrum dan Non-Broad Spectrum dengan nilai SPF antara 2-14 hanya bisa mencegah kulit dari sunburn. Tabir surya akan berfungsi secara efektif dengan nilai SPF 15 atau lebih.
Saat mencari tabir surya dengan Broad Spectrum SPF, carilah tabir surya yang mengandung salah satu atau beberapa bahan-bahan berikut ini: benzophenones (oxybenzone), cinnamates (octylmethyl cinnamate and cinoxate), sulisobenzone, salicylates, titanium dioxide, zinc oxide, dan avobenzone.

Tabir Surya Terbaik Untuk Kulit Tubuh Anda!

Jasmine 3D waterful sun spray
  • Tidak lengket & tidak berminyak di kulit
  • Pengangkal UV yang kuat
  • Menyejukkan & mendinginkan kulit
  • Tahan air dan keringat
  • Cocok untuk kulit sensitif

Dapatkan tabir surya bebas pewangi dan PABA ini sekarang juga! BELI DI SINI!

Tabir Surya Seperti Apa yang Seharusnya Anda Gunakan?

American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk memilih tabir surya dengan Broad Spectrum Protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB serta pilih tabir surya yang water resistance. Namun, perlu Anda tahu bahwa tabir surya yang waterproof, sweatproof, maupun water resistance bukan berarti memiliki perlindungan selama seharian penuh. Anda tetap perlu mengaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan yang optimal. Perlu Anda ingat juga bahwa radiasi sinar matahari yang paling kuat berada pada rentang waktu 10 pagi hingga 2 siang. Usahakan untuk meminimalkan waktu berada di luar dalam rentang waktu tersebut. Ada beberapa jenis tabir surya antara lain dalam bentuk krim, lotion, gel, dan spray. Sunscreen bentuk krim cocok untuk digunakan kulit yang kering. Gel sunscreen lebih tepat digunakan untuk area yang berbulu. Sedangkan untuk jenis Sunscreen Sun Mist bisa digunakan untuk area wajah dan Sun Spray bisa digunakan untuk tubuh.

Tip Menggunakan Tabir Surya

Aplikasikan sunscreen pada kulit 15-30 menit sebelum terpapar sinar UV. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali. Hati-hati saat mengaplikasikannya pada wajah, hindari area mata. Untuk wanita, Anda bisa menggunakan ini sebelum mengaplikasikan makeup. Gunakan sunscreen setiap hari meskipun cuaca mendung, berkeringat, dan saat akan berenang.

Tabir Surya Untuk Kulit Bermasalah

Seseorang dengan jenis kulit yang bermasalah atau sensitif harus cermat dalam memilih tabir surya. Pilih tabir surya yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide seperti Blemish Sun Protector SPF 35 PA++. Hindari pemilihan sunscreen yang mengandung para-aminobenzoic acid (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone. Jika Anda memiliki kulit yang mudah sekali mengalami iritasi maupun alergi, hindari pemilihan sunscreen yang mengandung alkohol dan fragrance.

Penggunaan tabir surya dapat menurunkan produksi vitamin D, oleh sebab itu Anda perlu meningkatkan asupan vitamin D yang bisa Anda dapatkan dari makanan atau suplemen. Jangan lupa untuk selalu menyimpan tabir surya dalam tas Anda. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *