Fakta Tentang Kemerahan di Kulit

skin.co.id Fakta Tentang Kemerahan di Kulit

Banyak sekali orang yang menganggap kemerahan di wajah sering kali terjadi karena penggunaan produk kecantikan atau kosmetik. Hal ini juga dianggap sebagai indikasi timbulnya rosacea, salah satu jenis jerawat, dermatitis atopik, dan gaya hidup yang buruk. Meskipun penyebab hal tersebut masih merupakan misteri, ada beberapa pengobatan dan perawatan yang bisa mengatasi hal tersebut. Ada banyak mitos dan kesalahpahaman yang beredar seputar sensitivitas dan kemerahan di kulit yang membuat perawatan dan pengobatannya bekerja dengan baik.

Kemerahan pada wajah juga merupakan tanda bahwa Anda menderita eritema. Eritema ditandai dengan kemerahan pada kulit atau selaput lendir yang disebabkan oleh hyperemia di permukaan kapiler kulit. Eritema merupakan akumulasi dari luka, infeksi, dan peradangan pada kulit. Kemerahan juga merupakan indikasi terbaik untuk menandakan kondisi kulit sensitif. Menggunakan perawatan yang tepat adalah untuk mengatasi kemerahan dan juga memperbaiki fungsi kapiler mikro dengan menekan mediator penyebab peradangan, menekan faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF) dan prostaglandin E2 (PGE2), dan menghambat produksi sitokin peradangan. Eritema biasanya diakibatkan dari satu atau beberapa hal berikut ini:

  • VEGF (pertumbuhan endotel vaskular) yang mendorong pertumbuhan signifikan di kapiler mikro
  • Prostaglandin E2 (PGE2), yang menginduksi atau membuat pembesaran kapiler
  • Sitokin penyebab peradangan

Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 yang berfungsi sebagai pelawan peradangan. Kandungan asam lemak esensial tersebut akan membantu menenangkan kulit. Ada beberapa bahan anti peradangan dan menenangkan, di antaranya adalah:

  • Bisabolol yaitu komponen aktif dalam Chamomile yang mempunyai sifat anti peradangan.
  • Minyak primrose yang merupakan sumber asam gamma-linolenat omega 3 (GLA) yang mampu mengurangi kemerahan dan anti peradangan.
  • Mentil laktat yang berfungsi untuk menenangkan dan mendinginkan kulit yang terititasi.
  • Ekstrak willow bark, yaitu analgesik alami yang juga bertindak sebagai pereda dan penenang kemerahan.

Berkurangnya jaringan pelindung kulit sensitif ini membuat Anda harus ekstra hati-hati untuk menjaga kelembaban pada permukaan kulit. Anda harus memilih produk yang mengandung pelembab dan setidaknya satu dari bahan penenang di atas.

Kondisi Kulit Yang Ditandai Dengan Kemerahan

Kondisi kulit sensitif yang ditandai dengan kemerahan biasanya merupakan indikasi adanya rosacea, gangguan fungsi pelindung kulit, dermatitis atopik, dan kulit tidak sehat. Meskipun masing-masing kondisi tersebut memiliki penampilan kemerahan yang berbeda, tetapi perawatan yang digunakan hampir sama.

Rosacea

Kondisi kronis ini sering terjadi pada wanita antara usia 30 hingga 50 tahun, tetapi hal itu mempengaruhi laki-laki jauh lebih destruktif. Menurut National Rosacea Society, gangguan pembuluh darah dari rosacea mempengaruhi lebih dari 16 juta orang per tahun, dan hanya bisa dikontrol dan tidak bisa disembuhkan secara total. Hampir semua orang dengan rosacea cenderung mengalami kemerahan dengan cukup mudah yang bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kekeringan kulit yang parah juga sering terjadi pada penderita rosacea.

Gangguan Fungsi Pelindung Kulit

Selain kemerahan, orang-orang dengan gangguan fungsi pelindung kulit biasanya kehilangan kelembaban akut, iritasi dan hipersensitivitas. Kondisi ini merupakan hasil dari gangguan stratum korneum (SC), yang mengarah ke penurunan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban di dalam kulit, dan pengurangan terhadap produksi pelembab alami faktor dan kelenturan kulit.

Gangguan fungsi pelindung ini biasanya disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan produk topikal yang keras, penggunaan parfum topikal berlebihan dan faktor lingkungan. Kemerahan merupakan kunci indikator saat Anda mengalami gangguan fungsi pelindung kulit.

Dermatitis Atopik

Alergi dapat menjadi faktor umum dalam pengembangan dermatitis atopik. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan, hipersensitivitas, iritasi, dan pruritus (gatal). Lebih dari 90% penderita dermatitis atopik memiliki jumlah bakteri yang lebih banyak, dan dan membuat kulit Anda lebih rentan terhadap infeksi virus dan infeksi.

Gaya Hidup

Merokok adalah salah satu pilihan gaya hidup yang menyebabkan kulit kemerahan, selain dari paparan sinar UV matahari. Merokok meskipun hanya satu batang akan merusak pembuluh kapiler, dan merampas oksigen pada kulit dan organ-organ vital hingga 90 menit. Jika seseorang merokok lebih dari satu rokok dalam setiap 90 menit, kulit akan kekurangan oksigen. Pada titik ini, tubuh mulai mengembangkan kapiler tambahan untuk membawa oksigen ke kulit yang menyebabkan penampilan memerah sehingga kapiler di kulit menjadi terlihat.

MASKER TERBAIK REDAKAN KEMERAHAN DI KULIT SENSITIF ANDA

  • Masker hipoalargenik terbuat dari bahan 100% selulosa tencel
  • Menenangkan kulit sensitif
  • Meredakan kemerahan di wajah
  • Mempercepat pemulihan kulit yang rusak


Singkirkan kemerahan di wajah Anda sekarang juga! Beli DI SINI!

Ada beberapa perawatan mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemerahan, di antaranya adalah:

  • Teh Anti Kemerahan
    Ada beberapa bahan terbaik pelawan kemerahan di antaranya adalah peppermint, chamomile, dan teh hijau. Polifenol dalam teh hijau memiliki sifat meremajakan sel kulit. Anda bisa mendidihkan rebusan teh hijau di panci selama 10 menit. Dinginkan cairan di dalam lemari es. Tuang ke kain lap dan tekan ke wajah sampai satu menit, lakukan hingga 1-2 kali setiap hari.
  • Masker Mentimun
    Meskipun tidak pernah ada penelitian ilmiah yang memublikasikan efek mentimun pada wajah yang kemerahan, mentimun telah digunakan sebagai obat alami pereda kemerahan di kulit selama ratusan tahun. Anda bisa mengupas mentimun dan memarutnya hingga halus kemudian terapkan di wajah seperti menggunakan masker.

Terlalu sering menggunakan produk topikal yang agresif sering dapat menyebabkan kemerahan akut dan kronis, bahkan saat Anda memiliki kulit sensitif atau tidak. Pertimbangan gaya hidup yang baik untuk mengurangi tingkat kemerahan seperti menghindari makanan pedas, cairan panas, alkohol dan produk perawatan yang mengandung alkohol, merokok, terpapar sinar matahari, dan produk keras dengan konsentrasi tinggi. Jika Anda mengalami kemerahan, Anda juga harus minum banyak air, hindari produk dengan wewangian sintetis, dan terapkan pelembab yang tepat segera setelah mandi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *