Fakta Tersembunyi Penyebab Munculnya Jerawat

skin.co.id fakta tersembunyi penyebab munculnya jerawat
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat, mulai dari rutin membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah sampai dengan menghindari kontak langsung antara kulit wajah dengan tangan yang kotor. Namun, usaha tersebut sudah Anda lakukan semuanya, tetapi kenapa jerawat masih muncul terus?

Sebelumnya Anda perlu tahu sebab-sebab dan jenis jerawat yang Anda miliki dengan cara berkonsultasi pada dokter kulit. Jika memang jerawat Anda disebabkan oleh faktor hormonal, maka usaha apapun untuk mencegahnya akan terasa sulit. Karena di usia puber produksi hormon mencapai level optimal. Jika dilepas usia puber jerawat masih saja muncul, mungkin saja bisa disebabkan hal lain yang Anda sendiri tidak menyadarinya. Apa itu?

Bisa jadi tempat tidur Anda jadi salah satu penyebabnya. Coba ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali Anda mencuci dan mengganti seprai dan sarung bantal? Tidak perlu diucapkan keras-keras, cukup mengingat dan mengatakannya dalam hati. Lalu, perhatikan juga sisi wajah mana yang rentan muncul jerawat. Apakah di sisi yang selalu menempel pada sarung bantal?

Bakteri akan terakumulasi dan menempel pada serat-serat kain pada sarung bantal kemudian akan bercampur dengan keringat, bekas makeup, air liur, dan kotoran yang bisa menutup pori-pori kulit Anda. Sarung bantal yang kotor sama saja dengan handuk yang sudah lama tidak dicuci dan menjamur. Meskipun Anda rajin membersihkan wajah setiap hari dan menjaga kebersihan tangan setiap saat, jerawat tetap akan muncul jika Anda tidak menjaga kebersihan tempat tidur.

Solusinya cukup sederhana. Ganti sarung bantal sesering mungkin atau belilah bantal cadangan untuk dipakai bergantian setiap malam. Atau, rajinlah mencuci sarung bantal dengan detergen dan bilas dengan air hangat untuk membunuh bakteri yang menempel.

Selain dapat mencegah timbulnya jerawat, menjaga kebersihan tempat tidur juga memberikan rasa nyaman saat tidur. Kini Anda bisa tidur nyenyak tanpa khawatir lagi!

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Jika Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *