Garis Halus Mulai Tampak, Segera  Aplikasikan Manfaat Vitamin A ke Wajah Anda

manfaat vitamin A

Pasti semua wanita di dunia ini, ketika garis halus di wajah mulai tampak, tentu jadi heboh! Karena wanita manapun selalu ingin tampil awet mudah bukan? Untuk mewujudkan keinginan yang satu ini, Anda bisa mengaplikasikan manfaat vitamin ke dalam perawatan harian Anda. Dari sekian banyak nutrisi dan produk yang dapat membantu Anda memiliki wajah anti kerutan, ada satu vitamin yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu manfaat vitamin A.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata dan sistem imun tubuh, ternyata manfaat vitamin A juga baik untuk wajah. Lalu apa saja manfaat vitamin A yang harus Anda tahu sebagai perawatan wajah Anda?

1. Samarkan Kerutan dan Garis Halus

Manfaat Vitamin A sebagai kandungan anti-aging dalam sebuah produk sudah sangat populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena manfaat vitamin A mampu menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Kerutan dan garis halus muncul saat kolagen pada kulit rusak akibat paparan sinar UV. Retinoid, salah satu bentuk dari manfaat vitamin A, dapat mengaktifkan sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen baru. Dengan bertambahnya kolagen, kulit menjadi lebih kuat dan garis-garis halus akan tersamar karena kembali terisi oleh kolagen.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan bagian dari struktur kulit yang berfungsi untuk menjaga kekuatan, kepadatan, dan elastisitas kulit. Akibat paparan sinar matahari secara terus menerus dan pertambahan usia, kemampuan sel kulit untuk memproduksi kolagen pun berkurang.

Hal ini dapat dicegah dengan penggunaan dari manfaat vitamin A secara topikal. Pengaplikasian vitamin A secara topikal dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu memperbaiki tekstur kulit.

Dengan pemakaian teratur, kolagen baru akan terbentuk dan dapat bertahan bertahun-tahun. Meskipun begitu, produksi kolagen hanya akan meningkat saat penggunaan retinoid saja. Ketika penggunaan retinoid dihentikan, regenerasi kolagen pun akan berhenti.

3. Mengecilkan Pori-pori

Salah satu penyebab dari pori-pori yang nampak lebih besar adalah karena tersumbatnya pori-pori. Hal ini diakibatkan oleh produk skin care, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk dan kulit yang tidak dibersihkan dengan benar. Manfaat vitamin A dalam produk skin care dapat mempercepat proses pembentukkan sel kulit baru. Dengan begitu, risiko tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati akan berkurang dan tampilan pori-pori yang bersih pun akan terlihat lebih kecil.

4. Melindungi Wajah dari Sinar UV

Mendapatkan asupan dari manfaat vitamin A dengan cara dikonsumsi dapat melindungi kulit dar kerusakan akibat sinar UV. Makanan dengan vitamin A kaya akan beta-carotene dan provitamin A carotenoids yang merupakan anti-oksidan penting dalam tubuh. Kedua anti-oksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya kolagen akibat paparan sinar UV.

Tak hanya itu, anti-oksidan tersebut juga dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan membentuk perlindungan yang mampu menangkal kemerahan dan pigmentasi.

5. Melindungi Kulit dari Inflamasi dan Infeksi

Kulit merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem imun tubuh manusia. Bakteri yang dapat menyerang tubuh dan menyebabkan terjadinya infeksi harus menembus kulit terlebih dahulu sebelum menyerang bagian tubuh lainnya. Berkat kemampuannya dalam menstimulasi produksi sel kulit, manfaat vitamin A dapat membantu memperkuat lapisan kulit dan melindunginya dari bakteri jahat yang menyerang permukaan kulit.

Selain itu, manfaat vitamin A kaya akan anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Anti-oksidan inilah yang juga memiliki peranan penting untuk mencegah reaksi berlebihan dari sistem imun tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi.

 

Manfaat Vitamin A juga Bisa Anda Temukan dalam Makanan

manfaat vitamin A

Mencegah atau pun menghilangkan kerutan atau garis halus pada wajah tidak Anda tergantung pada produk kecantikan yang dipakai. Tapi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga berperang penting. Manfaat vitamin A ini sangat bisa Anda jumpai dalam buah dan sayur. Buah dan sayuran inilah yang akan membantu Anda mendapatkan wajah berseri.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung manfaat vitamin A cukup tinggi adalah ubi jalar dan wortel. Kedua sayur tersebut dapat menyukupi kebutuhan harian vitamin A hanya dengan mengonsumsi beberapa gram saja. Wortel, misalnya, untuk ukuran sedang sudah bisa memberikan vitamin A 100 persen dari yang dibutuhkan tubuh sebesar 5.000 IU (international unit). Lantas, apa saja buah yang mengandung vitamin A tertinggi?

1. Buah Mangga

Mangga yang manis memiliki serat yang bagus untuk diet dan kaya nutrisi. Khusus untuk manfaat vitamin A, dengan mengonsumsi sekitar satu cangkir mangga sudah bisa mencukupi sekitar 36 persen dari kebutuhan harian. Kalau dikonversi ke angka, porsi tersebut kurang lebih memiliki kadar vitamin A sebanyak 1.785 IU. Selain itu memiliki 107 kalori yang baik untuk menjaga berat badan.

2. Buah Persik

Mungkin tidak semua orang doyan dengan buah persik. Namun sebenarnya buah ini termasuk salah satu yang kaya dengan manfaat vitamin A. Sebutir buah persik menyediakan kurang lebih 10 persen dari kebutuhan harian, atau sekitar 498 IU. Kalorinya juga rendah karena hanya sebesar 59 kalori. Nutrisi lain yang dimiliki buah persik yaitu kalium, kalsium, forfor, dan vitamin C. Oleh sebab itu, buah persik bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Buah Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Seratnya cukup tinggi dan zat di dalamnya mampu lebih melunakkan feses. Untuk kandungan vitamin A, satu potong pepaya kecil menyediakan sekitar 1.444 IU atau 29 persen dari kebutuhan harian. Mengonsumsi pepaya secara langsung, tanpa dibuat menjadi jus, lebih disarankan untuk mendapatkan manfaat serat alaminya.

4. Buah Melon

Melon yang warnanya agak kemerahan memiliki kandungan manfaat vitamin A cukup tinggi. Hanya dengan mengonsumsi sekitar seperdelapan bagian dari melon ini, sudah cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin A. Kandungan untuk porsi tersebut 5.986 IU atau 120 persen dari kebutuhan harian. Melon kaya dengan serat tapi rendah lemak dan kalori. Kandung air yang tinggi pada melon membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Buah Nangka

Buah nangka merupakan buah dari wilayah iklim tropis dan tentu saja di Indonesia buah ini sangat mudah untuk dijumpai. Kandungan manfaat vitamin A di dalam buah nangka sebanyak 110 IU. Sangat baik untuk menghindarkan kita dari gangguan mata dan kulit. Di dalam buah nangka juga terdapat kandungan yang tinggi akan potassium, kalsium dan juga fosfor.

Ada satu tips yang dapat Anda terapkan agar buah nangka tidak lengket, gunakan air irisan lemon untuk menghilangkan getah nangka.

6. Buah Semangka

Buah semangka memang sangat cocok dimakan saat musim kemarau. Sangat banyak kandungan airnya, tinggi pula akan kandungan lycopene-nya serta tinggi kandungan manfaat vitamin A. Terdapat 569 IU vitamin A atau setara untuk memenuhi 19 persen kebutuhan vitamin A harian di dalam 100 gram buah semangka. Selain untuk menjaga kesehatan mata, manfaat vitamin A juga berguna untuk mencegah kanker paru – paru dan kanker rongga mulut.

7. Buah Aprikot

Buah aprikot termasuk buah yang memiliki ukuran yang sedang. Memiliki diamenter kurang lebih lima sentimeter, dengan warna kulit oranye kemerahan. Buah aprikot yang masih segar memiliki tingkat kandungan kalori yang rendah. Namun, jumla kandungan vitamin A nya sangat baik dan sangat tinggi yaitu 1926 IU yang dapat memenuhi 64 persen kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

 

7 Tips Menghilangkan Kerutan di Wajah

manfaat vitamin A

Impian wajah yang mulus tanpa kerutan dan garis halus tentunya mejadi impian setiap wanita. Sayangnya, seiring betambahnya umur, yang namanya kerutan pasti muncul. Yang paling sering terjadi adalah kerutan yang ada di sekitar mulut atau biasa dikenal sebagai garis senyum. Tidak hanya penampilan, kerutan ini membuat make up jadi kurang sempurna.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kerutan di wajah dengan mudah? Simak dan terapkan info ini ya, ladies:

1. Perhatikan Posisi Tidur

Siapa sangka kalau posisi tidur juga berpengaruh dengan kerutan di wajah. Meski terlihat sepele memperhatikan posisi tidur bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah. Kalau Anda terbiasa dengan posisi tidur menyamping atau tengkurap, sebaiknya mulai saat ini atur lagi posisi tidur Anda. Tidur dengan posisi tersebut menyebabkan berat tubuh tertumpu pada satu posisi, termasuk wajah.

Kerutan yang muncul karena posisi tidur yang salah dapat segera menghilang pada kulit yang lebih muda, tapi akhirnya akan menjadi permanen karena terjadi setiap malam ketika tidur dan elastisitas kulit menurun seiring dengan bertambahnya usia. Kunci untuk mencegah kerutan muncul saat Anda tidur adalah posisi tidur telentang karena posisi tersebut dapat meminimalkna kontak wajah dengan bantul atau tempat tidur. Posisi tidur terlentang juga mempunyai manfaat kesehatan yang lain seperti baik bagi postur tubuh dan tulang belakang.

2. Menggunakan Krim Malam

Menggunakan krim malam menjadi salah satu produk skincare yang wajib Anda gunakan, apalagi kalau Anda mulai memasuki usia 20-an. Untuk Anda yang memiliki masalah khusus seperti kerutan atau garis senyum, ada baiknya memilih krim yang mengandung retinol yang mampu secara efektif memperbaiki elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kirim dan serum mata berfungsi untuk melembabkan area di sekitar mata. Dengan kondisi kulit yang lembab, maka cara menghilangkan keriput di wajah pun bisa teratasi dengan mudah. Krim bisa Anda oleskan setiap malam sebelum tidur.

Sedang serum bisa digunakan secara rutin minimal seminggu sekali saja. Serum sangatlah bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sehingga sangat baik sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

3. Air Putih 8 Gelas Per Hari, Wajib!

Bosan membaca tips yang satu ini? Anda tentu akan menyesal. Percaya atau tidak, air putih memang punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, tak hanya tubuh Anda yang terbebas dari racun, pun wajah akan terlihat lebih segar dan sehat karena air mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah. Dengan air putih, cara menghilangkan kerutan di wajah jadi lebih mudah!

4. Rutin Konsumsi Ikan Laut

Ikan laut memberikan asupan protein dan omega-3 yang terbaik. Para ilmuwan sendiri sangat menyarankan untuk konsumsi ikan laut ini untuk menjaga kulit tetap lembut, serta bisa sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

5. Aplikasikan Krim Berbahan AHA

 Alpha Hydroxy Acid atau AHA adalah bahan yang dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati, mengurangi penampilan pori besar, membuat kulit kenyal, dan tentunya sangat bisa untuk cara menghilangkan kerutan di wajah cantik Anda.

6. Jangan Terlalu Rajin Cuci Muka

Memang terasa segar setelah mencuci wajah. Tapi jika terlalu sering, Anda akan kehilangan kandungan minyak di wajah. Nah, ini nantinya akan memicu munculnya garis kerus kulit kurangnya kelembapan.

7. Rutin Minum Susu Kedelai

Kalau tidak suka dengan susu sapi, gantikan saja dengan susu kedelai. Susu jenis ini justri bagus untuk kulit. Selain menjadi tabir surya alami, mengonsumsi susu kedelai akan membuat tekstur kulit menjadi semakin indah. Konsumsi susu kedelai secara rutin, bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kerutan di wajah.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *