‘Gimana Sih’ Cara Menghilangkan Mata Panda yang Bikin PD Berkurang?

mata panda

“No! Kenapa harus muncul mata panda di saat seperti ini? Padahal besok harus ke kondangan teman”

Pernah atau bahkan sering mengalami mata panda yang bingung harus menghilangkannya seperti apa? Berikut cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda praktikan langsung!

mata panda

Mata panda timbul tanpa kita sadari karena banyaknya aktivitas yang membuat Anda melupakan kesehatan diri sendiri. Seperti, ketika Anda tidur larut malam karena deadline dari kantor sudah menunggu, maka hal ini bukan hanya membuat Anda lemas dan tas bertenaga keesokan harinya. Bisa saja, selain wajah Anda tampak pucat, mata panda Anda uga semakin melebar.

Hal inilah yang banyak ditakutkan oleh sebagia besar wanita. Karena lingkar mata akan membuat pemiliknya kurang percaya diri. Namun, penyebab utama terjadinya mata panda bukan hanya ketika Anda kurang tidur saja.

Berikut berbagai penyebab yang dapat memicu timbulnya mata panda yang semakin meluas pada area mata Anda:

Apa Penyebabnya?

mata panda

Sebenarnya, untuk istilah mata panda sendiri terjadi akibat adanya sumbatan pada sirkuasi darah yang ada disekitar mata. Sehingga, tampak terlihat seperti kantung mata. Kandungan melanin yang berlebih pada kulit inilah yang menjadikan mata Anda terdapat lingkaran hitam di bawahnya, atau juga kerapkali disebut mata panda.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab dari mata panda adalah kurangnya waktu tidur. Namun selain hal tersebut, ada ada beberapa pemicu lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

1. Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah kita ketahui, banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit wajah menjadi merah dan akhirnya terlihat kusam. Karena paparan sinar matahari inilah yang juga membuat lingkar mata menjadi menghitam. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin, sehingga terjadi penggelapan kulit di bawah mata.

2. Tubuh Tak Terhidrasi dengan Baik

Dehidrasi terjadi ketika seseorang kehilangan cairan lebih banyak daripada yang diminumnya. Hal inilah yang menyebabkan tubuh tak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jika hal ini yang terjadi, maka hal ini akan mempengaruhi banyak hal. Misalnya saja seperti diare, demam, keringat berlebihan, dan juga mampu menjadi pemicu munculnya lingkar hitam pada areal mata Anda.

Alasan mengapa mata panda muncul ketika dehidrasi adalah, karena ketika cairan tubuh berkurang, maka akan menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal ini secara signifikan akan mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminum banyak air, sehingga tubuh mampu terhidrasi sepanjang hari.

3. Terlau Banyak Menggunakan Make-up

Apakah Anda tidak pernah menghapus riasan atau make up sebelum tidur? Jika ya, maka selain memicu timbuhnya jerawat, meninggalkan sisa riasan saat tertidur akan memicu terjadinya perluasan lingkar hitam pada area mata Anda. Tanpa menghapus riasan, terutama pada bagian mata, maka hal tersebut akan mengiritasi mata dan menyebabkan cairan berkumpul dan menyebabkan mata menjadi bengkak.

4. Diet yang Tak Seimbang

Memang, semua wanita begitu memperhatikan dengan makanan yang dikonsumsinya. Hal ini demi mendapatkan atau mempertahankan bentuk tubuh yang ideal. Namun, jika Anda pun juga salah satu di antara banyak wanita yang melakukan diet, maka pastikan diet Anda adalah diet yang seimbang.

Maksud diet seimbang di sini adalah dengan memperhatikan kandungan pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Misalnya seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Jika hal itu Anda abaikan, diet yang salah justru dapat memicu timbulnya si mata panda. Karena, beberapa para ahli percaya, kurangnya mineral seperti zat besi mampu mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh dan menyebabkan mengapa mata Anda menjadi bengkak.

5. Penuaan

Tidak bisa kita pungkiri, setiap manusia semakin bertambah usianya. Semakin bertambahnya usia, secara otomatis berkurang pula efektivitas tubuhnya. Termasuk, kualitas kesehatan dan perubahan bentuk fisik seseorang. Salah satunya, yakni dengan mengendurnya kulit pada beberapa bagian tubuh, termasuk wajah.

Jika hal ini yang terjadi, maka lingkar mata Anda secara otomatis juga akan semakin melebar. Hal ini dikarenakan, semakin bertambah usia seseorang, maka kulit akan kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi lemah dan tipis.

 

Apa Yang Harus Kita Lakukan?

mata panda

Tentu Anda bisa menebaknya,yang harus kita lakukan untuk menghilangkannya adalah dengan cara merawat diri dari dalam dan luar tubuh. Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan banyak makan sayur-sayuran, dan juga istirahat yang cukup.

Dan jika Anda mengalami mata panda karena alergi, maka sebaiknya Anda mengobati alergi tersebut kepada dokter Anda. Sedangkan perawatan dari luar yang bisa dilakukan bagi Anda yang suka berlama-lama di dalam maupun luar ruangan adalah menggunakan tabir surya yang cocok dengan kulit Anda setiap harinya.

Orang-orang yang terbiasa berada dalam ruangan pasti terkena cahaya yang dihasilkan alat-alat elektronik seperti komputer, laptop, dan handphone selama berjam-jam. Cahaya yang dihasilkan dari alat-alat elekronik tersebut akan membuat kulit Anda menjadi lebih fotosensitif, maka jika saat Anda terpapar sinar UV dari luar, kulit Anda akan mudah mengalami kerusakan.

 

Sudah Tahu Penyebab Mata Panda Bisa Bermacam-macam?

mata panda

Jika dilihat sepintas mata panda tampak sama. Padahal ada beberapa jenis mata panda dengan penyebab yang berbeda-beda. Cari tahu jenis dan penyebab mata dengan  penjelasan berikut ini:

Mata Panda Berwarna Kebiruan

Penyebab: Untuk mata panda yang satu ini penyebab utamanya disebabkan oleh pola hidup. Kantung mata ini muncul ketika Anda kurang tidur, menderita alergi dan bisa juga dikarenakan stress. Kantung mata ini diakibatkan manifestasi nyata dari lambatnya siklus mikro yang menyebabkan darah kekurangan oksigen sehingga kantung mata merah berubah jadi biru.
Solusi: Kabar baiknya, mata panda ini bersifat sementara. Dengan pola hidup teratur mata panda ini akan hilang. Anda juga bisa mengompres mata Anda dengan mentimun atau kantong teh bekas untuk menguranginya.

Kantung Mata Merah Keunguan

Penyebab: Bisa karena faktor usia dan genetis. Kantung mata akan menampakan pembuluh darah karena kulit yang tipis seiring bertambahnya usia.
Solusi: Jika kantung mata terjadi seiring usia bertambah, cobalah gunakan produk-produk krim mata berbasis retinol.  Jika hal ini tidak bekerja, maka Anda dapat menemui dokter.

Kantung Mata Coklat Kehitaman

Penyebab: Sinar matahari dan genetis dapat menyebabkan terjadinya mata panda yang satu ini. Meskipun semua jenis kulit rentan terhadap lingkar mata hitam karena kelebihan pigmen, pada umumnya kantung mata jenis ini terdapat pada mereka yang berkulit sawo matang hingga gelap.

Solusi: Sebenarnya ini adalah jenis kantung mata yang paling sulit diobati. Jika Anda selalu berada di rumah, cobalah produk-produk mengandung retinoid dan berbagai antioksidan seperti vitamin C, tumbuhan seperti arbutin dan kedelai, dan selalu lindungi kulit dari sinar matahari. Jika ini tidak berhasil, maka Anda membutuhkan treatment lebih dari ini dari dermatologis   untuk mengurangi kantung mata Anda.

 

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Panda?

mata panda

Salah satu penyebab masalah ini biasanya akibat kurang tidur, kurang mengonsumsi makanan yang bergizi, dan juga kurang menjaga kesehatan mata. Selain itu, kebiasaan sering memaksa mata untuk terus beraktivitas,  juga dapat menimbulkan kantung mata. Ternyata dehidrasi, faktor genetik atau keturunan, terkena paparan sinar matahari, terlalu banyak melihat layar monitor, juga menjadi penyebab timbulnya kantung mata.

Untuk mengatasai kantung mata ini, ada banyak cara menghilangkan mata panda Anda dan penampilan wajah kembali menarik. Bagaimana cara menghilangkan mata panda? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Tidur yang Cukup Cegah Timbunya Kantung Mata

Salah satu penyebab timbulnya kantung mata adalah akibat dari kurang tidur. Untuk itu, mulai sekarang cukupilah waktu tidur Anda. Walaupun pekerjaan masih menumpuk, sebaiknya jadwalkan untuk tidur lebih awal. Waktu tidur yang baik itu antara 6 – 8 jam. Usahakan tidur tidak lebih dari jam 9 malam, atau paling telat jam 10 malam.

Selain itu, beberapa waktu lalu, suatu penelitian yang dilakukan di Thailand menyebutkan bahwa, terlalu banyak begadang juga bisa menyebabkan kanker hati. Karena orang yang sering tidur terlalu malam atau begadang, biasanya akan mudah lelah.

2. Kompres Mata dengan Es Batu

Cara menghilangkan mata panda yang ampuh selanjutnya yaitu dengan mengompres mata dengan es batu. Anda bisa mengompres mata dengan es batu, agar kantung mata sedikit tersamarkan. Lakukan selama kurang lebih 10 menit.

3. Jangan Buang Teh Celup Bekas di Dapur

Menggunakan teh celup bekas untuk mengompres mata sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi jerawat dan komedo di wajah. Namun tidak hanya itu, ternyata teh celup bekas juga digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda.

Karena didalam teh terkandung suatu zat bernama tanin yaitu  suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Tanin dapat bermanfaat untuk membentuk kepadatan, kelenturan, dan menjaga kulit dari serangan bakteri yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

4. Tempelkan Mentimun pada Mata Anda

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya dengan cara mengompres mata dengan buah atau jus mentimun. Dalam mentimun terkandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids yang salah satu manfaatnya adalah dapat mengobati iritasi dan pembengkakan pada kulit, termasuk kulit bengkak akibat mata panda.

5. Kentang Kurangi Peradangan pada Kulit

Kentang yang mengandung asam sitrat dan asam fosfat sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Untuk cara pemakaiannya, cukup tempelkan kentang pada mata seperti melakukan kompres mata dengan menggunakan mentimun.

6. Sendok Bantu Hilangkan Kantung Mata

Mungkin melakukan kompres mata dengan sendok ini sebelumnya belum pernah terpikir oleh Anda. Ternyata sendok juga ampuh sebagai cara menghilangkan mata panda. Caranya masukkan sendok ke dalam lemari es. Tunggu hingga sendok benar-benar dingin. Kemudian tempelkan bagian sendok yang melengkung pada area kantung mata. Lakukan selama 10-15 menit.

Sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan mata panda yang bersarang di wajah Anda? Singkarkan mata panda dan penampilan Anda kembali mengagumkan.

Teruslah menjadi cantik, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *