Hai Ladies, Segera Aplikasikan Manfaat Buah Pir ke Kulit Anda

manfaat buah pir

Buah pir, dengan bahasa inggris-nya pear berasal dari Negara kawasan Eropa. Pir adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir, dan manis. Manfaat buah pir ini relative aman untuk dikonsumsi oleh penderita alergi karena kandungan salisit dan benzoate yang rendah. Manfaat buah pir yang mengandung Vitamin C, vitamin K, dan tembaga di dalamnya berguna untuk melawan radikal bebas. Ternyata, parutan buah pir juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging sebelum sebelum dimasak.

Kandungan Manfaat Buah Pir

manfaat buah pir

Manfaat buah Pir kaya akan antioksidan penting, flavonoid dan serat makanan. Menurut database USDA Nutrient Nasional, satu buah pir ukuran sedang (sekitar 178 gram) mengandung:

  • 101 kalori
  • 0 gram lemak
  • 27 gram karbohidrat (termasuk 17 gram gula dan 6 gram serat)
  • 1 gram protein

Makan satu buah pir ukuran sedang akan memberikan 12% dari kebutuhan vitamin C harian, serta 10% vitamin K, 6% dari kalium dan jumlah yang lebih kecil dari kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6 dan folat.

 

Hai Kaum Hawa, Berikut Manfaat Buah Pir Untuk Kulit Anda

manfaat buah pir

Berita baik untuk kaum hawa adalah manfaat buah pir ini baik untuk kulit Anda, loh! Vitamin dan serat dalam manfaat buah pir bisa menjaga kecantikan kulit. Wah, kira-kira apa lagi ya manfaat buah pir yang bisa diaplikasikan ke kulit? Berikut manfaat buah pir yang dikutip dari http://www.stylecraze.com :

1. Mencegah Kerutan

Kandungan vitamin C yang dimiliki buah pir cukup banyak di dalamnya, tapi selain vitamin C, ada juga vitamin K dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk melawan tanda penuaan serta menjaga keelastisan kulit.

Dengan rajin konsumsi manfaat buah pir setiap hari, kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Manfaat dari vitamin C yang ada di dalamnya dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang mampu melindungi dari serangan radikal bebas, tapi juga baik untuk merangsang produksi kolagen untuk mencegah timbulnya keruta. Itu sebabnya, manfaat buah pir dapat mencegah kerutan.

2. Merawat Kulit Berminyak

Suka nggak pede kalau punya kulit wajah berminyak, tampak tidak segar dan gampang kucel saat terkena sinar matahari yang panas. Tapi, Anda jangan khawatir, karena manfaat buah pir ini bisa menjadi solusi untuk kulit wajah berminyak. Caranya, haluskan daging buah pir beserta kulitnya, campurkan dengan krim segar dan madu. Lalu olehskan di wajah tiga kali dalam seminggu. Masker ini bisa membantu Anda untuk membesihkan kelanjar minyak di wajah Anda.

3. Mencegah Kerusakan Kulit

Kalau serat pangan yang terkandung dalam buah pir baik utnuk pencernaan, beda lagi jika digunakan untuk kulit wajah Anda. Serat pangan ini ternyata berperan penting dalam menjadikan kulit halus dan lembut. Kenapa? Karena serat ini menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga zat gula tersebut tidak sempat merusak collagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit.

4. Sebagai Eksfoliator Alami

Manfaat buah pir yang teksturnya memiliki bulir kasar dapat berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan buah in bersama madu dengan mengguankan blender. Setelah itu, olehskan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan leher. Lalu, lakukan gerakan memutar untuk menggosoknya. Anda tak perlu khawatir builr dari buah ini membuat iritasi kulit, karena teksturnya tidak sekasar produk scrub dalam kemasan.

Selain kulit mati akan terangkat, rutin melakukan ritual ini dua kali seminggu dipercaya dapat mencerahkan serta menghaluskan tekstur kulit yang kurang merata.

5. Menghaluskan Kulit

Tak hanya untuk kulit berminyak, pir juga cocok untuk merawat kulit kering. Manfaat buah pir mengandung humectant yang dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit dan mengunci kelembapan. Karena itu ekstrak buah pir kadang dijadikan bahan campuran lotion.

6. Mengencangkan Kulit Wajah

Makan pir setiap hari juga berpengaruh pada kekencangan kulit dan menjauhkan dari penuaan. Ini tidak lain karena pengaruh vitamin C yang menjadi antioksidan kuat yang dibantu vitamin K dan tembaga. Antioksidan akan melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan sel-sel kulit, serta pembentukan garis-garis halus dan pengenduran kulit di wajah.

 

Manfaat Buah Pir juga Baik untuk Rambut Anda

manfaat buah pir

Buah pir yang sudah matang kaya akan kandungan sorbitol dan glusitol yang mampu menutrisi rambut serta kulit kepala agar senantiasa sehat dan lembap. Kedua kandungan yang merupakan alkohol gula alami ini rupanya juga dipercaya dapat mengembalikan kilau rambut yang kusam.

Untuk mendapatkan manfaat buah pir ini, Anda bisa membuat DIY masker rambut sendiri di rumah. Caranya pun mudah, kok! Cukup campurkan sebuah pir matang yang telah dihaluskan dengan dua sendok makan acid cider vinegar dan sedikit air. Lalu, oleskan ke seluruh bagian rambut yang telah dibasahi sebelumnya. Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada sisa residu yang menempel.

Lalu apa saja manfaat buah pir untuk rambu Anda?

1. Menyehatkan Rambut

Buah pir yang sudah matang mampu menjadikan rambut Anda sehat dan cantik. Manfaat buah pir yang mengandung sorbitol dan glucitol di dalamnya dapat menutrisi kulit kepala serta helai rambut.

2. Menghaluskan Rambut Kusut

Rambut yang kering dan kusut bisa menjadi halus serta mudah diatur jika rajin dirawat dengan manfaat buah pir.

3. Mengembalikan Kilau Rambut

Selain menjadikan rambut lebih mudah diatur, manfaat buah pir bisa menjadikan rambut berkilau. Untuk membuat masker ini Anda tinggal mencampurkan daging buah pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air.

4. Merawat Rambut Ikal

Untuk yang berambut ikal, cream bath dengan manfaat buah pir ternyata cocok untuk mempertahankan bentuk ikal rambut Anda agar tetap indah. Caranya campurkan buah pir yang sudah dihaluskan dengan minyak kedelai, kemudian pakailah untuk cream bath. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

5. Mengembalikan Rambut Kusam

Memiliki rambut kusam tentu membuat penampilan kurang menarik. Kalau Anda memiliki rambut kusam tidak usah khawatir karena kita dapat menggunakan manfaat buah pir sebagai masker rambut alami. Caranya dengan mencampurkan satu ekstrak buah pir segar dan matang, dengan dua sendok makan cuka sari apel dan air. Kalau Anda melakukan secara rutin  maka rambut kusam akan kembali berkilau.

 

Masker Buah Pir Atasi Jerawat Membandel

manfaat buah pir

Terkadang, kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bebas jerawat. Tapi, tahukuh Anda? Tanpa kita sadari banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan wajah. Salah satunya manfaat buah pir yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat buah pir tidak hanya enak di makan saja, lho. Kandungan yang terdapat di buah pir ternyata ampuh membuat wajah kembali cerah dan bebas dari jerawat. Penasaran seperti apa? Yuk, ikuti cara berikut ini.

Bahan:

  • 2 buah pir
  • 1 gelas susu cair
  • 1 sendok madu
  • 1 sendok air lemon

Cara membuat:

  • Awali dengan mengupas buah pir dan ambil kulitnya saja.
  • Rendam kulit buah pir di larutan susu selama kurang lebih 2 jam.
  • Haluskan kulit buah pir dengan cara menumbuk hingga membentuk pasta.
  • Masukkan madu dan lemon, kemudian aduk kembali hingga merata.
  • Oleskan di wajah secara perlahan.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Bilas menggunakan air hingga bersih.

 

Mau Kulit Wajah Lebih Putih Kinclong? Begini Caranya

manfaat buah pir

Untuk memanfaatkan kandungan buah pir sebagai perawatan kulit wajah, Anda dapat melakukan perawatan facial sendiri di rumah. Langkahnya benar-benar mudah. Anda cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk dicampurkan dengan buah satu ini. Ada tiga cara untuk membuat masker buah pir ini, seperti:

Cara A:

  • Hancurkan pir hingga lumat. Atau bisa juga dengan diblender
  • Tambahkan putih telur atau mungkin madu atau mungkin plain yoghurt
  • Aplikasikan di wajah dengan kuas hingga merata keseluruh muka dan leher
  • Diamkan hingga kering
  • Bersihkan muka dengan air hangat

Pakai masker muka alami ini minimum 2 kali satu minggu maka Anda bakal merasakan bahwa yang alami tak kalah dengan yang di salon salon kecantikan

Cara B:

  • Siapkan satu buah pir sedang saja besarnya.
  • Bersihkan hingga bersih dan parut berserta kulitnya.
  • Siapkan satu sendok makan susu bubuk
  • Siapkan dua sendok makan tepung beras siap pakai

Langkah memakai masker buah pir untuk memutihkan kulit wajah :

  • Campur seluruh bahan : parutan buah pir, susu bubuk, tepung beras. Aduk hingga menjadi pasta. Jika masih encer, anda bisa tambahkan lagi susu bubuk dan tepung beras. Oleskan secara merata keseluruh permukaan wajah. Diamkan sampai kering lebih kurang 30 menit. Sesudah kering, bilaslah dengan air biasa.
  • Masker dari buah pir yang masih tersisa bisa anda pakai untuk luluran sebelum mandi. Langkahnya : usapkan sembari agak digosok keseluruh tubuh anda. Sesudah rata, anda bisa bilas serta mandi seperti biasa.

Penggunaan masker  buah pir untuk memutihkan kulit dengan cara teratur bakal membuahkan kulit yang putih, bersih, sehat serta bersinar.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *