Hai Pemula, Ini Peralatan Make Up yang Wajib Anda Punya

peralatan make up

Buat yang baru mengenal dunia make up, pasti suka bingung peralatan make up apa yang harus ada di dalam pouch Anda. Dengan ratusan peralatan make up yang ada, wajar kalau Anda dibuat bingung dengan berbagai info yang ada bahwa pemula harus punya ini dan itu. Buang jauh-jauh rasa bingung Anda, karena Skin.co.id akan memberikan pencerahan kepada Anda, para pemula yang ingin mengenal dunia make up. Berikut peralatan make up yang wajib di punya oleh pemula:

peralatan make up

 

1. Foundation

Peralatan make up ini menjadi dasar sebelum Anda menggunakan bedak, baik tabor atau padat. Untuk memilihnya, usahakan yang sesuai dengan warna kulit. Sehingga saat mengaplikasikan pada wajah Anda, tidaklah terlalu mencolok perbedaan antara warna kulit Anda dengan warna foundation.

Foundation ini berfungsi untuk menutupi noda, bekas, dan flek hitam akibat jerawat. Gunakan secukupnya saja.

2. Primer

Primer juga salah satu peralatan make up yang harus dimiliki pemula. Menggunakan primer sebagai dasar untuk make up mungkin berfungsi untuk memberikan tampilan pori-pori yang kecil, sehingga wajah terasa sangat halus dan lembut saat disentuh.

Pemakaian primer ini bisa dilakukan setelah Anda mencuci muka dan mengeringkannya, setelah itu aplikasikan primer ini pada bagian-bagian tertentu seperti pipi, dagu, dan hidung.

Fungsi primer yang lain mampu membuat foundation lebih tahan lama, meratakan warna kulit dan mengontrol minyak di wajah. Primer juga mampu menyamarkan garis halus pada wajah.

3. Concealer

Ada yang tahu fungsi dari peralatan make up ini?

Ya, concealer juga berfungsi untuk membantu Anda menutupi bekas-bekas jerawat dan flek hitam. Bahkan concealer ini juga sangat baik untuk menutupi warna gelap yang terkadang muncul di bagian bawah mata, atau biasa yang dikenal dengan mata panda.

4. Bedak

Dari waktu kita kecil, setelah mandi, ibu kita selalu mengaplikasikan bedak pada wajah Anda, bukan? Nah fungsi dari peralatan make up ini untuk mengontrol minyak di wajah sehingga tidak terlalu mengkilap.

Bedak dibagi menjadi dua, bedak tabur dan bedak padat. Nah buat Anda yang memiliki wajah berminyak, sebaiknya gunakan bedak tabur. Sedangkan untuk kulit normal, Anda bisa bebas menggunakan bedak tabur ataupun bedak padat. Ingat, pilihlah bedak yang sesuai dengan foundation yang Anda gunakan.

5. Eye Liner

Peralatan make up yang satu ini juga sangat membantu untuk mempercantik riasan wajah Anda. penggunaan eye liner ini dimaksudkan untuk memperlihatkan garis mata sehingga membuat mata tampak lebih tajam dan besar.

Untuk pemula mungkin lebih baik menggunakan eye liner dengan bentuk pensil, sehingga Anda hanya perlu menggambarnya saja.

6. Eye Shadow

Jenis peralatan make up pemula yang satu ini juga wajib Anda punya. Eye shadow digunakan untuk memberikan sentuhan warna yang indah di bagian mata Anda.  Untuk menyapukan eye shadow ke kelopak mata Anda, gunakan brus untuk membantu meratakannya. Anda bisa mengombinasikan lebih dari dua warna, atau bahkan bisa hanya menggunakan satu warna di seluruh kelopak mata.

7. Pensil Alis

Alis adalah bingkai wajah. Pastikan Anda memilih peralatan make up yang satu ini sesuai dengan kondisi alis dan juga selera Anda. Untuk yang memiliki alis tipis dan tidak berbulu, Anda bisa menebalkannya dengan pensil alis ini. Anda bisa menggunakan warna hitam atau coklat tua.

8. Maskara + Penjepit Bulu Mata

Untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, jepit bulu mata dari bagian bawah dekat akar sampai ujung dengan penjepit bulu mata.

Tambahkan maskara seteleh menjepit bulu mata untuk bulu mata yang lebih hitam, tebal, dan lentik. Gerakkan tongkat maskara secara zig-zag dari dasar bulu mata sampai ke ujung. Pilihlah peralatan make up yang satu ini,  yang bisa membuat bulu mata terlihat lebih menarik namun tidak berlebihan. Terpenting, yang cocok untuk digunakan sehari-hari.

9. Lipstik

Lipstik merupakan salah satu peralatan makeup yang wajib dimiliki oleh pemula. Dengan memilih warna lipstik yang menarik, wajah bisa terlihat lebih cerah dan Anda bisa memakai makeup yang sangat minim namun tetap terlihat menarik dengan memulas warna yang menarik di bibir.

Lisptik pun ada tujuh macam, seperti sheer lipstik, satin lipstik, creamy lisptik, matte lipstik, glossy lipstik, frosty lipstik, dan lip tint. Sesuaikan penggunakan lipstik Anda dengan bentuk bibir Anda ya, ladies. Tentu tidak semua jenis lipstik akan cocok dengan bentuk bibir Anda.

10. Make Up Remover

 Kesalahan saat menggunakan makeup sangat biasa terjadi. Manfaatkan korek kuping untuk menghapus eyeliner yang tidak seimbang (tapi tunggu kering dulu ya Ladies), atau lipstik yang meleber ke mana-mana.

Setelah itu, setelah Ladies puas bermain makeup atau selesai beraktivitas, jangan lupa bersihkan makeup ya Ladies. Makeup dipenuhi oleh berbagai zat kimia yang berbahaya apabila tidak segera dihapus. Biasakan untuk selalu menghapus makeup setelah seharian beraktivitas, ya.

 

Begini Cara Make Up Berdasarkan Bentuk Wajah

peralatan make up

Perbedaan bentuk wajah tidak akan menghalangi seseorang untuk tampil cantik. Apapun bentuk wajah yang dimiliki, baik oval, square, atau round face, bisa dengan mudah disiasati melalui penggunaan makeup.

Umumnya untuk mengetahui cara makeup yang tepat, Anda harus paham betul bentuk wajah Anda. Karena setiap bentuk wajah mempunyai poin-poin yang berbeda untuk ditonjolkan atau ditutupi kekurangnya. Nah, biar Anda tidak bingung lagi apa bentuk wajah Anda, ketahui ciri-ciri setiap bentuk wajah berikut ini:

Square

Wajah square mempunyai sisi yang lurus dan hampir tidak ada lengkungan pada rahang. Jika Anda menghitung panjang siss rahang kanan ke rahang kiri, kurang lebih panjangnya akan sama dengan panjang dari dagu ke ujung rambut.

Diamond

Dagu yang lancip dan tulang pipi yang tinggi adalah ciri utama dari wajah diamond. Jadi jika ditarik garis dari ujung rambut, pipi, dan dagu, maka bentuknya akan mirip dengan diamond. Perbedaan bentuk wajah diamond dan heart adalah garis rambut pada diamond cenderung lebih sempit.

Heart

Hampir mirip dengan diamond, pemilik wajah heart memiliki dagu yang lancip. Namun bedanya bentuk wajah heart memiliki dahi yang lebar.

Oval

Ciri utama dari wajah oval, yaitu lengkungan pada dahi dan dagu, hanya saja lengkungan pada dahi lebih lebar jika dibandingkan pada dagu. Bentuknya hampir mirip wajah rectangular, namun memiliki kurva pada bagian dagu.

Round

Wajah round atau bulat hampir mirip dengan square, hanya saja kedua sisi pada rahangnya membentuk lengkungan, berdagu bulat, dan tulang pipi yang lebar.

 

Trik Make Up Khusus untuk Setiap Bentuk Wajah

peralatan make up

Sudah tahu Ladies, apa bentuk wajah Anda? Nah, saat ini waktunya untuk mengetahui bagaimana ber-makeup sesuai dengan bentuk wajah Anda. Maka, bersiap-siaplah untuk membaca artikel ini hingga selesai, karena Anda akan temukan bagaimana cara ber-makeup sesuai dengan bentuk wajah.

Oval Face

Untuk Anda yang memiliki wajah berbentuk oval, sebenarnya tidak banyak yang perlu diperbaiki karena jenis wajah ini tergolong tipe yang ideal. Namun tetap saja perlu polesan make up yang sesuai untuk membuat Anda tampak lebih memukau. Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat tampilan wajah berbentuk oval makin menawan adalah sebagai berikut:

  • Pergunakan fondation yang memiliki warna normal sesuai warna kulit.
  • Pergunakan blush on yang warnanya lembut seperti pink atau soft peach.
  • Pertajam riasan pada bagian mata dengan eyeliner hitam dan maskara.

Round Face

Banyak yang menganggap bentuk wajah bulat jauh dari kata cantik dan menimbulkan kesan gemuk. Padahal memiliki wajah yang berbentuk bulat seharusnya tidak membuat Anda malu dan risih. Sebab, bentuk wajah yang bulat sejatinya bisa membuat Anda terlihat lebih muda dan segar. Tips-tips untuk menyiasati wajah bulat supaya terlihat tirus adalah seperti berikut ini:

  • Lakukan teknik shading dengan memakai foundation yang berwarna lebih gelap dari warna kulit. Aplikasikan di bagian tulang pipi, tulang rahang, dagu, dan tulang dahi.
  • Gunakan make up mata yang menonjol dengan eyeshadow berwarna cerah.
  • Aplikasikan warna lipstik yang terang, seperti warna merah

Square Face

Wajah yang berbentuk kotak identik dengan kesan tegas dan kaku. Untuk membuat wajah berkesan lebih lembut dan menawan, Anda bisa mencoba beberapa trik make up berikut:

  • Gunakan bronzerpada sudut rahang, ratakan dengan jari agar hasilnya tampak lebih natural.
  • Pergunakan blush on dengan warna cerah pada tulang pipi untuk memberikan kesan lembut pada wajah.
  • Gunakan lip lineruntuk membentuk tampilan bibir yang penuh dan merekah.

Diamond Face

Wajahnya menyerupai bentuk berlian, bagian pipi melebar, sehingga kening dan dagu tampak meruncing. Untuk mendapatkan bentuk wajah menyerupai oval, maka Anda harus:

  • Aplikasikan foundation yang agak tebal pada dua sisi pipi Anda, agar pipi terlihat lebih ramping. Sedangkan bagian dagu dan kening, bubuhkan foundation yang warnanya lebih terang untuk memberi ilusi wajah.
  • Taburkan pula blush on dengan shading warna yang semakin gelap di bagian luar pipi Anda.
  • Kenakan lipstik berwarna natural.

Heart Face

Menyerupai bentuk hati, bagian kening lebih lebar, dan semakin turun wajah akan meruncing. Untuk itu Anda harus:

  • Menggunakan foundation dengan warna terang pada pipi hingga dagu, dan warna yang lebih gelap di bagian kening Anda.
  • Pertebal alis Anda, bentuk garis yang agak lurus kemudian rapikan dengan sikat agar tampak natural.
  • Kenakan eyeshadow, blush on, dan lipstik berwarna terang agar ilusi wajah bagian bawah tampak lebih lebar dan seimbang dengan kening Anda.

 Selamat mencoba!

 

BACA JUGA: 5 Cara Make Up Natural Bangkitkan Mood Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *