Hanya 10 Menit, Perawatan Kecantikan Sebelum Tidur yang Bikin Cantik Terpancar

perawatan

Apakah kebiasaan Anda sebelum tidur hanya melakukan perawatan wajah seperti mencuci muka dengan facial foam atau milk cleanser? Padahal ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan sebelum tidur agar penampilan di pagi hari bisa memukau dari hari ke hari. Ada perawatan kecantikan yang dilakukan tidak lebih dari 10 menit, yang bisa bikin cantik Anda terpancar.

perawatan

Perawatan kencantikan apa saja yang bisa memanjakan diri Anda sembari tidur? Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Rambut yang Indah Bak Tersisir Tiap Hari

Selain kurang baik buat rambut, keramas setiap hari juga ribet banget, ya girls? Apalagi kamu yang punya rambut panjang. Biar nggak perlu keramas keesokan harinya, cukup semprotkan dry shampoo sebelum tidur, dan rambut kamu bakal kelihatan lebih segar bagai habis keramas, tanpa harus keramas.

2. Bibir Kering dan Pecah-pecah Teratasi dengan Benda Mungil

Gunakan lipbalm/lipmask sebelum tidur buat mencegah, dan merawat bibir kering dan pecah-pecah. Nggak sampai 1 menit, bibir kamu bisa tampak sehat terawat keesokan harinya.

3. Tak Ada Lagi Mata Panda

 Sering heran padahal udah tidur cukup, tapi masih ada aja lingkaran hitam di bawah mata kamu yang bikin wajah jadi kelihatan sembap? Simpan krim mata favoritmu di dalam kulkas, dan gunakan langsung saat masih dingin sebagai pengompres untuk merawat mata sembap, dan mengurangi lingkar hitam di sekitanya.

4. Tumit Kasar? Bisa Mulus Dalam Semalam

Selain bibir, tumit yang pecah-pecah juga bisa bikin gak pede. Untuk mengatasinya, cukup gunakan petroleum jelly, lalu gunakan kaos kaki saat tidur. Lihat perubahan yang signifikan pada tumitmu keesokan harinya.

5. Bulu Mata Lebih Lentik

Kalau eyelash extension terlalu ekstrem, kamu bisa merawat bulu mata setiap malam dengan grapeseed oil dengan menggunakan sikat maskara bersih untuk mendapatkan bulu mata yang lebih panjang.

6. Cegah Rambut Bercabang

Oleskan aloe vera gel pada ujung rambutmu sebelum tidur. Beauty item serbaguna ini bisa menjaga kelembapan alami rambut, dan mencegahnya jadi bercabang.

7. Kulit Putih Bak Porselen

Selain tubuh, kulit juga bisa jadi dehidrasi akibat kekurangan cairan saat tidur. Gunakan humidifier untuk menjaganya tetap lembap, dan kenyal, girls!

 

Perawatan Wajah Apa Saja yang Boleh Dilakukan Sebelum Tidur?

perawatan

Perlu Anda ketahui, perawatan wajah sebelum tidur juga sama pentingnya seperti rutinitas menggosok gigi setiap hari sebelum tidur loh! So, ayo  mulai melakukan perawatan wajah setiap hari.

Berikut ini ada beberapa hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika melakukan perawatan wajah sebelum tidur:

1. Membersihkan Wajah Dua Kali

Rutinitas perawatan wajah yang pertama adalah membersihkan wajah. Mungkin biasanya Anda membersihkan wajah satu kali hanya dengan menggunakan facial foam atau sabun pencuci wajah. Nah, sebenarnya hanya mencuci wajah dengan facial foam tidaklah cukup. Facial foam tidak bisa menghilangkan debu yang melekat dan seluruh make up yang Anda gunakan seharian seperti concealer, sunblockfoundation, eyeliner, serta mascara.

Anda harus membersihkan wajah sebanyak dua kali. Yang pertama coba gunakan milk cleanser atau cleansing oil untuk membersihkan debu dan make up yang Anda pakai seharian. Yang terakhir, gunakan facial foam untuk membersihkan wajah Anda. Pijat wajah dengan gerakan memutar secara perlahan agar dapat membersihkan wajah dengan maksimal. Pastikan seluruh kotoran di wajah hilang dengan membilas wajah secara menyeluruh.

 2. Mandi Air Hangat Saat Malam Hari

Beristirahat setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan jiwa Anda. Berendam dalam air hangat dan membersihkan tubuh bisa menjadi salah satu cara efektif untuk melepas penat. Nikmat bukan? Sembari berendam dalam air hangat, Anda bisa merenungi kejadian-kejadian yang  dialami seharian, baik kejadian buruk maupun kejadian baik.

Atau mungkin Anda tak punya banyak waktu untuk berendam? Santai saja,  Anda bisa mandi dengan air hangat meskipun hanya sesaat. Pasti akan terasa segar saat tidur setelah mandi. Nah, kalau rambut panjang terasa lepek, Ada bisa keramas dan tidur dalam keadaan rambut basah. Rambut akan lebih bervolume di keesokan hari, dan jangan lupa gunakan handuk di atas bantal.

3. Gunakan Selembar Masker Collagen

Ingin wajah menjadi bercahaya dan terasa lebih muda setelah bangun tidur? Caranya mudah, cukup gunakan selembar masker collagen sebagai perawatan wajah Anda, yang akan meremajakan kembali kulit wajah sebelum tidur. Lakukan hal tersebut dua kali seminggu.

 

“Namun, ada juga perawatan wajah yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, apa saja itu?”

 

1. Membersihkan Wajah dengan Kasar

Berhati-hatilah saat melakukan perawatan wajah. Mungkin Anda sering terburu-buru saat membersihkan wajah karena sudah terlanjur lelah, tapi wajah butuh dibersihkan dengan lembut, loh! Saat membersihkan make up atau saat mengoleskan lotion, usaplah dengan lembut dan perlahan. Terutama di bagian sekitar mata, lakukanlah dengan sangat hati-hati karena kulit di wilayah tersebut lebih tipis dan lembut. Pasti penasaran dong kenapa Anda harus melakukannya dengan lembut? Hal ini demi menghindari munculnya garis-garis halus penuaan dini. Pasti Anda tidak mau punya kerutan di wajah, kan?

2. Lupa Memakai Pelembap

Apapun jenis kulit kalian, jangan lupa gunakan pelembab atau krim malam sebagai perawatan wajah sebelum tidur. Pilih pelembab atau krim malam yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Dengan menggunakan pelembab atau krim malam, wajah Anda akan lebih awet muda.

3. Makan atau Minum Sesuatu Kurang dari 3 Jam Sebelum Tidur

Anda suka ngemil? Atau malah Anda suka ngemil sebelum tidur? Mengonsumsi makan apapun sebelum tidur, terutama makan atau minuman yang mengandung banyak gula tambahan, akan membuat  Anda menjadi gemuk dan membuat mata berkantung di pagi hari. Anda tak ingin terlihat gemuk dan metabolisme tubuh terganggu, kan? So, makanlah sekurangnya 3 jam sebelum tidur.

Sebenarnya Apa yang Terjadi Pada Kulit Saat Tidur?

perawatan

Pernah tidak Anda merasakan perubahan pada kulit saat selesai begadang seperti mata bengkak, lingkaran hitam, dan kulit yang pucat? Selama tidur pada malam hari banyak hal yang terjadi pada kulit Anda. Apa saja? Berikut penjelasan dari seorang ahli dermatologis UCLA (University of California, Los Angeles), Dr. Howard Murad.

Selama tidur, tubuh Anda mengalami suatu mekanisme alamiah untuk memperbaiki kondisi kulit. Inilah alasannya mengapa Anda sangat membutuhkan tidur yang cukup untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Tidur membuat hormon stres kortisol menurun.

Hormon ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penipisan kulit dan timbulnya stretch mark. Selain itu, tidur dapat meningkatkan hormon melatonin yang mana berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan seperti munculnya garis-garis halus dan keriput. Memiliki tidur yang berkualitas juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang mana sangat erat kaitannya dengan elastisitas kulit.

Lalu bagaimana tidur yang berkualitas itu? Menurut Dr. Murad, lamanya waktu tidur belum tentu menandakan bahwa tidur Anda berkualitas. Proses perbaikan kulit terjadi selama REM (rapid eye movement) sleep. Namun, gaya hidup dan kondisi lingkungan sering memaksa Anda untuk begadang.

Lalu, adakah cara yang membuat kulit Anda tetap cantik dan sehat meskipun memiliki kualitas tidur yang kurang? Berikut 3 tip kecantikan dari Dr. Murad:

1. Miliki Tidur yang Berkualitas

Semakin bertambah usia, produksi melatonin dalam tubuh semakin menurun. Hal ini akan berdampak pada kemampuan tubuh untuk memperbaiki kulit saat tidur di malam hari. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung melatonin ataupun yang dapat meningkatkan hormon melatonin seperti buah cherry, pisang, kacang walnut, ikan tuna, tomat, kale, bayam, nasi, dan lain-lain. Hormon melatonin ini berperan dalam meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur yang berkualitas dapat mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki kulit saat tidur di malam hari.

2. Gunakan Pelembab Sebelum Tidur

Menurut Dr. Murad, secara alami kita akan kehilangan kelembaban selama tidur sehingga sangat penting untuk melembabkan kulit sebelum tidur. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Lakukan Pola Diet Sehat

Menghidrasi kulit sebelum tidur dengan produk pelembab topical sangat penting untuk menjaga kelembabannya, namun menghidrasi kulit dari dalam juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana caranya? Sebelum tidur konsumsilah buah-buahan yang mengandung cukup air seperti buah apel atau semangka. Jangan lupa untuk minum cukup air mineral sebelum pergi tidur.

Saat Anda melakukan perawatan wajah ini secara rutin, tidak hanya wajah cantik yang semakin terpancar, tubuh Anda akan menjadi sehat dan bonusnya jadi langsing, loh! Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *