Ini Sangat Mudah. Cara Melentikkan Bulu Mata yang Harus Anda Tahu

cara melentikkan bulu mata

“Ada yang tahu bagaimana cara melentikkan bulu mata? Saya bingung kalau mau ke acara-acara penting, karena kadang pakai bulu mata palsu itu gampang-gampang susah”

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama? Tiap kali akan menghadiri acara tertentu yang mengharuskan berdandan cantik, tapi harus ‘ribet’ lantaran harus pakai bulu mata yang harus pas dengan bulu mata asli. Ingin tahu bagaimana cara melentikkan bulu mata secara alami dan permananen? Simak baik-baik tips berikut:

1. Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyak sejuta manfaat ini. Minyak zaitun sudah dikenal sejak dahulu, bahkan pada masa ratu Mesir Cleopatra minyak ini digunakan untuk merawat kecantikan. Ternyata, hasil penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi sehingga baik untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun ini agar bisa digunakan sebagai cara melentikkan bulu mata secara maksimal, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bulu mata. Ratakan minyak tersebut pada bulu mata dan pejamkan mata saat mengoleskan atau meneteskan minyak zaitun ini agar tidak mengenai mata. Tunggulah sampai minyak tersebut mengering lalu segera bilas dengan air dingin.

2. Madu

Bahan yang satu ini memanglah mempunyai manfaat yang sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Nutrisi yang terkandung, mulai dari mineral alami hingga vitamin dapat menjaga kesehatan kita. Tapi, siapa sangka bahwa madu ini juga berguna sebagai cara melentikkan bulu mata.

Bagi Anda yang belum tau bagaimana cara melentikkan bulu mata secara alami, maka pilihlah madu yang berkualitas karena madu yang abal-abal atau tidak berkualitas dapat mengurangi khasiat yang ada. Tunggu beberapa saat kemudian hingga madu tersebut meresap dan pada umumnya, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit.

3. Susu Murni

Susu mengandung banyak nutrisi yang menjadikan minuman ini kaya manfaat seperti madu. Umumnya, susu digunakan sebagai pemutih kulit wajah dan ketiak, namun ternyata susu juga bisa digunakan untuk cara melentikkan bulu mata. Manfaat ini diperoleh dari kandungan protein, kalsium, vitamin, fosfor, dan mineral alami lainnya yang akan merangsang pertumbuhan rambut pada bulu mata.

Cara melentikkan bulu mata dengan susu murni pun cukup mudah, yakni dengan mengocok susu terlebih dahulu hingga keluar buih kemudian mengoleskan susu tersebut pada bulu mata (setelah mandi) dan tunggu hingga kering lalu bilas bersih.

4. Daun Sirih

Manfaat daun sirih ini akan bisa lebih maksimal jika dikombinasikan dengan lidah buaya.

Cara melentikkan bulu mata dari bahan ini, cukup dengan meremas-remas daun sirih sampai menghasilkan lendir. Lalu oleskan lendir tersebut pada ujung lidah buaya setelah dipatahkan. Tunggulah sampai lendir tersebut menyatu dengan lendir lidah buaya sekitar 5 menit. Kemudian, oleskan cairan tersebut ke bulu mata dan diamkan sekitar 2 jam. Jangan lupa untuk membersihkannya setelah selesai.

5. Air Kelapa

Air kelapa yang dibasuhkan pada wajah dapat menghilangkan bekas-bekas jerawat dan memperlambat proses penuaan. Apa cuma itu manfaatnya pada wajah? Nggak lho! Kandungan alami dan vitamin E pada air kelapa juga dapat menebalkan dan menguatkan bulu mata. Selain itu, air kelapa juga sangat baik untuk perawatan rambut. Kandungannya mampu menutrisi kulit kepala dan memanjangkan rambut Anda.

 6. Teh Hijau

Sama seperti air kelapa, teh hijau juga bermanfaat untuk perawatan rambut dan bisa gunakan sebagai cara melentikkan bulu mata. Nah, agar hasil yang didapatkan maksimal, sebaiknya seduh teh hijau yang berupa serbuk. Karena kandungan antioksidan pada teh hijau berbentuk serbuk jauh lebih tinggi daripada dalam kemasan kantong.

Caranya gampang, seduh teh hijau serbuk dengan air hangat, lalu celupkan kapas dan tempelkan pada area sekitar bulu mata selama 1 – 3 menit.

7. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dari dulu dalam memperpanjang rambut sehingga bisa digunakan juga untuk sebagai cara melentikkan bulu mata. Cara penggunaannya ialah dengan menjemur lidah buaya terlebih dahulu sampai layu dan kemudian ambil lendirnya saja. Gunakan lendir tersebut pada bulu mata dengan membentuknya dengan jari agar terlihat lebih lentik.

8. Minyak Kastor

Minyak kastor mudah dijumpai di dataran Timur Tengah dan Mediterania untuk dikonsumsi. Minyak tersebut sangat bermanfaat untuk orang yang terkena serangan jantung dan penderita kanker, seperti yang dijelaskan WHO. Selain khasiatnya untuk kesehatan, minyak ini juga bisa sebagai cara melentikkan bulu mata secara alami.

Namun jangan sampai salah memilih minyak ini karena banyak ditemui minyak lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan minyak kastor. Cara penggunaannya bisa dilakukan sebelum tidur dengan mengoleskannya pada bulu mata secara merata. Diamkan terlebih dahulu hingga pagi barulah saat bangun tidur, bilas mata dengan air dingin hingga bersih.

9. Kulit Lemon

Lemon adalah bahan tradisional yang bisa melentikkan bulu mata dengan berbagai nutrisi yang terkandung. Cara penggunaannya adalah dengan merendam air lemon dengan minyak zaitun dan minyak jarak selama 4 hari. Kemudian gunakan ramuan ini sebagai masker dan gunakan minimal 2 hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Bedak Bayi

Siapa sangka bedak bayi ternyata bisa melentikkan bulu mata kita. Bedak bayi mempunyai tekstur yang lembut sehingga mampu melekat pada bulu mata yang membuat bulu mata lebih bervolume. Cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi adalah dengan menggunakan maskara terlebih dahulu dan kemudian mengusapkan bedak bayi menggunakan jari pada bulu mata.

Langkah terakhir adalah dengan mengusapkan maskara lagi pada bulu mata. Gunakanlah teknik sekali usap untuk membuat bulu mata tidak lengket.

11. Telor Udang

Belum banyak yang tahu mengenai telur udang ini, tapi ternyata telur ini bisa menumbuhkan rambut atau bulu lebih cepat. Manfaat ini didapatkan dari protein yang terkandung di dalam telur udang ini sangat tinggi. Cara penggunaannya adalah menyiapkan telur udang di tangan terlebih dahulu, kemudian memecahkan telur tersebut dan mengoleskannya pada bulu mata secara merata.

Mungkin baunya cukup menyengat tapi tunggulah sekitar 30 menitan. Apabila bulu mata sudah terasa kaku maka bilaslah dengan air dingin sambil mandi untuk menghilangkan bau amisnya.

 

12. Mencukur Ujung Bulu Mata

Sebagaimana proses tumbuh rambut dimana pemotongan ujung rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Begitu juga dengan bulu mata dimana bagian ujungnya juga rentan akan kerusakan. Oleh karena itu, pemotongan bulu mata haruslah dilakukan setidaknya 3 bulan sekali. Inilah cara melentikan bulu mata tanpa alat.

 

 

7 Cara Melentikkan Bulu Mata yang Wajib Anda Tahu

cara melentikkan bulu mata

Bulu mata yang lurus biasanya terjadi karena kurangnya lipatan pada kelopak mata. Monolid atau kelopak mata yang tidak memiliki garis, membuat bulu mata tumbuh lurus ke arah bawah. Ditambah lagi, kelopak mata menutupi bagian dasar bulu mata sehingga bulu mata terlihat semakin pendek.

Untuk melawannya, Anda perlu tips yang tepat agar bulu mata lebih lentik dari waktu ke waktu. Bagaimana cara melentikkan bulu mata yang harus Anda tahu?

1. Lentikkan dengan Penjepit Bulu Mata

Memang terdengar berlebihan, namun dengan menjepit bulu mata setiap hari, Anda seperti melatihnya untuk menjadi lentik. Pada awalnya, bulu mata mungkin agak bandel dan tidak mau melengkung.

Jadi, tahanlah lebih lama ketika menjepit pada awal-awal minggu. Jangan risau karena setelah itu Anda akan melihat perbedaannya. Bulu mata akan semakin lentik dan mudah diarahkan.

2. Pastikan Pakai Alat yang Bagus, Yah!

Kalau Anda ingin menjepit bulu mata yang lurus dengan lebih mudah, gunakanlah alat yang bagus. Pilih penjepit bulu mata yang  lebih lebar dan tidak terlalu melengkung, sehingga lebih cocok untuk wanita Asia yang rata-rata memiliki monolid. Seluruh bagian bulu mata pun akan bisa dijangkau.

3. Hindari Bentuk ‘L’

Pastikan membentuk bulu mata menjadi lengkungan, bukan huruf “L” yang kaku.

Caranya, angkat dagu di depan cermin sehingga Anda bisa melihat bulu mata Anda. Mulailah dari bagian dasar bulu mata. Ingat, jangan mengangkat penjepit karena bulu matamu akan tercabut. Tahan selama 10 detik, dan lakukan dengan lembut. Setelah itu, lanjutkan ke bagian tengah bulu mata, kali ini tahan 5 detik saja.

Lakukan hal yang sama di bagian ujung, dengan menahannya lebih cepat. Anda harus menjepit bulu mata dengan urutan seperti itu, karena bagian dasar bulu mata akan mengangkat bulu mata dan jepitan di bagian tengah akan membuatnya melengkung. Jepitan terakhir membuatnya semakin lentik.

4. Ganti Karet Penjepit Bulu Mata dengan Teratur

Kalau Anda melihat ada garis pada karet penjepit bulu mata, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Hal ini sangat penting karena kalau tidak, bulu mata Anda bisa patah. Idealnya, ganti karet tersebut tiga bulan sekali.

5. Pakai Maskara

Usai menjepit bulu mata, segeralah memakai maskara karena bulu mata akan kembali ke bentuk semula. Maskara berfungsi seperti pengunci, yang memberikan berat dan membuatnya terangkat. Anda juga bisa menggunakan mascara base, yang akan mempertahankan kelentikan bulu mata Anda serta membuatnya lebih tebal. Pilih mascara base yang tidak terlalu berat dan tebal.

6. Pilih yang Waterproof

Hal yang sering dikeluhkan wanita dengan bulu mata lurus adalah maskara mereka sering kesulitan dalam mengaplikasikan maskara dan mengotori kelopak mata. Solusinya? Pilihlah maskara waterproof. Salah satu keuntungannya adalah maskara ini memiliki formula yang lebih ringan dan lebih cepat kering, sehingga bentuk bulu mata yang sudah kamu lentikkan tidak akan banyak berubah.

7. Pakai Lagi Penjepit Mata Setelah Maskara

Jika cara-cara di atas belum juga berhasil, Anda masih bisa menjepitnya setelah memakai maskara meskipun cara ini lebih beresiko. Kalau Anda tidak berhati-hati, penjepit bisa tersangkut di bulu mata Anda dan membuatnya rontok. Oleh karenanya, pastikan mascara Anda sudah benar-benar kering dan tidak lengket sebelum menjepitnya dengan perlahan dan hati-hati.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *