Inilah Alasan Kenapa Manfaat Buah Kiwi Sangat Bagus untuk Wajah

manfaat buah kiwi

Buah kiwi pertama kali ditemukan pada abad ke-19 di wilayah China dan dikenal dengan nama chinese gooseberry. Namun buah ini baru dimanfaatkan secara luas dan komersil di negara New Zealand, dan mengubah namanya menjadi Kiwi di tahun 1959. Setelah itu barulah buah kiwi mulai banyak ditanam di berbagai negara lain seperti India di tahun 1963.

Buah Kiwi merupakan sumber antioksidan, khususnya vitamin C , vitamin E, dan vitamin A. Vitamin-vitamin tersebut berperan utama untuk menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Berikut beberapa alasan, kenapa buah kiwi sangat bermanfaat bagi kulit Anda :

1. Mengandung Kolagen

Kolagen adalah zat yang memberikan fleksibilitas, elastisitas, dan segar. Supaya tubuh Anda bisa memproduksi kolagen, ia memerlukan vitamin C untuk mengkonversi prolin dan asam amino ke dalam hidroksiprolin. Buah Kiwi adalah buah tertinggi mengandung vitamin C setelah jeruk dan stroberi, yaitu sekitar 85 mg per buah. Vitamin C sangat penting untuk kulit kita, karena tanpanya tubuh kita tidak akan bisa mendapatkan kolagen.

 2. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Seiring dengan bertambahnya usia kulit kita, maka kita akan mulai kehilangan elastisitasnya – hal ini karena kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel-sel kulit kita. Antioksidan adalah senyawa kimia alami yang dikenal menetralisir radikal bebas sebelum sempat menyebabkan kerusakan sel-sel. Jika tubuh Anda cukup memperoleh antioksidan, maka laju proses penuaan bisa dihambat. Dalam hal ini, manfaat buah kiwi sangat  kaya akan vitamin C alami – merupakan salah satu antioksidan yang paling ampuh.

 3. Kesehatan Kulit Secara Langsung Terkait 

 Jadi jika pencernaan Anda buruk karena kurang vitamin dan mineral tertentu, maka akan berdampak langsung terhadap kesehatan kulit Anda dan mempercepat proses penuaan. Kulit buah Kiwi yang berbulu tersebut kaya akan prebiotik, yaitu serat larut yang terbukti membantu menyeimbangkan sistem pencernaan Anda  untuk sistem kekebalan tubuh dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

 4. Mengandung Omega 3

Biji buah kiwi yang hitam kecil-kecil juga mengandung zat bermanfaat, yaitu asam lemak omega 3  yang juga dibutuhkan oleh kulit Anda. Sel-sel kulit Anda terbuat dari asam lemak, sehingga asam lemak omega 3  membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan lentur. Asam lemak juga mencegah kulit kering, karena ia juga membantu sel-sel supaya tidak kehilangan kelembabannya.

 

Nggak Hanya Menyegarkan, Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Wajah

manfaat buah kiwi

Meskipun memiliki ukuran buah yang kecil, namun siapa yang mengira ternyata manfaat buah kiwi menyimpan banyak kandungan baik yang bisa digunakan dalam menjaga kesehatan kulit. Selain kaya akan vitamin C, manfaat buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin B6, kalsium, zat besi, serta magnesium yang baik bagi kesehatan. Selain itu, manfaat buah kiwi ini juga kaya anti-oksidan yang bisa memberi perlindungan pada kulit dari efek buruk lingkungan. Tapi tak hanya itu saja, berikut manfaat buah kiwi yang wajib Anda tahu:

1. Mengatasi Jerawat

Kiwi memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi, sehingga manfaat buah kiwi ini bisa digunakan dalam mengatasi masalah jerawat. Selain itu rutin mengonsumsi atau menggunakan skin care dengan kandungan kiwi juga bisa mencegah kulit dari ancaman jerawat. Untuk penggunaan secara topikal, selain mengaplikasikan skin care, Anda juga bisa menggunakan buah kiwi yang sudah dibersihkan sebagai masker wajah.

 2. Mencerahkan Tampilan Lingkar Hitam di Area Mata

Kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga manfaat buah kiwi bisa membantu kulit terlihat lebih cerah, terutama untuk area bawah mata. Lapisan dermis yang tipis di area ini dapat menjadi lebih kuat dengan mengonsumsi buah yang kaya vitamin C serta anti-oksidan seperti kiwi. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kiwi sebagai kompres mata layaknya buah mentimun.

 3. Menjaga Tekstur Kulit Tetap Kencang

Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit akan semakin mengendur dan kehilangan kekencangannya. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kiwi dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Selain itu buah kiwi juga ampuh dalam melawan dehidrasi pada kulit. Dengan rutin mengonsumsi buah ini setiap hari, Anda tidak hanya memenuhi asupan gizi, tapi manfaat buah kiwi juga sekaligus menjaga kelembapan kulit dan mencegah tampilan kulit terlihat kusam.

 4. Mencegah Efek Buruk Sinar Matahari

Kiwi kandungan amino acid serta vitamin C yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu buah ini juga mampu memberi efek menenangkan pada area kulit yang memerah atau mengalami sunburn. kamu bisa langsung meletakan irisan buah kiwi pada area yang mengalami sunburn dan diamkan selama 10 menit

 5. Mencegah Berbagai Penyakit yang Menyerang Kulit

Kiwi memiliki kandungan omega-3 yang dikenal ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit, bahkan ancaman kanker. Karena kandungan omega-3 tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya kandungan ini. Cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan kulit adalah dengan rutin mengonsumsi manfaat buah kiwi, serta menggunakan skin care yang mengandalkan manfaat buah kiwi sebagai komposisi utamanya.

 

Begini Cara Buat Masker Kiwi untuk Kulit Lebih Bersinar

manfaat buah kiwi

Putih, cantik, dan wajah terlihat bersinar, wanita mana yang tidak ingin punya penampilan seperti itu. Nah, buat Anda yang ingi sekali memiliki kulit wajah yang bersinar, wajib hukumnya kalau mengaplikasikan masker yang satu ini. Masker dari bahan-bahan alami yang bisa membuat Anda mendapatkan kulit wajah impian Anda, seperti:

1. Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

Di dalam manfaat buah kiwi mengandung vitamin E yang sangat tinggi, sehingga sangat ampuh dalam mencerahkan kulit wajah yang terlihat kusam. Kulit wajah kusam disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah, sehingga kulit wajah tampak kusam. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang terdapat pada buah kiwi mampu mengatasi semua itu, caranya yaitu:

  • Pertama-tama haluskan buah kiwi secukupnya, lalu lulurkan keseluruh wajah dan leher sampai merata sambil di beri pijatan lembut pada wajah.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sampai kulit wajah anda terlihat lebih cerah dan bersinar.
  • Sebelum melakukan perawatan, bersihkan terlebuh dahulu wajah anda.

2. Mengecilkan Pori-pori

Untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah caranya yaitu:

  • Pertama-tama bersihkan dulu wajah anda dengan air hangat, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang berada di dalam pori-pori.
  • Setelah itu haluskan buah kiwi lalu maskerkan keseluruh wajah sampai merata, kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Lalu bersihkan dengan air dingin yang dicampur dengan sedikit es batu sampai benar-benar bersih, cara ini bertujuan untuk meutup kembali pori-pori yang membesar.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam, dalam 3 hari hasilnya akan mulai terlihat.

3. Melembapkan Kulit Kering dan Kasar

Memiliki kulit kering dan kasar merupakan hal yang dapat mengganggu penampilan seseorang, apalagi pada bagian kulit wajah. Untuk mengatasi masalah kulit kering dan kasar, buah kiwi merupakan solusi yang tepat karena sangat ampuh dan aman.Untuk melakukan perawatan ini, anda harus menyiapkan beberapa bahan seperti berikut :

Bahan-bahan :

  • Buah kiwi yang telah dihaluskan, 1 sendok makan
  • Minyak zaitun, 1 sendok the
  • Putih telur ayam kampung/bebek, 1 butir

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama campurkan semua bahan menjadi satu, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
  • Setelah itu bersihkan terlebih dahulu kulit yang akan di lakukan perawatan dengan air hangat, lalu oleskan keseluruh kulit wajah atau kulit lainnya sampai merata.
  • Diamkan selama 20-30 menit.
  • Selanjutnya bersihkan dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

4. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti berikut ini.

Bahan-bahan :

  • Buah kiwi yang telah dihaluskan, secukupnya
  • Air perasan jeruk lemon, 1 sendok makan
  • Campur kedua bahan menjadi satu

Cara pemakaiannya ;

  • Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah yang berjerawat dengan air hangat, lalu maskerkan campuran bahan tadi keseluruh kulit wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama 30 menit dan jika terasa agak perih dan gatal biarkan saja karena kandungan nutrisinya sedang bekerja.
  • Setelah itu, bersihkan kembali dengan air hangat dan ulangi dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.
  • Lakukan setiap malam, dalam 3 hari biasanya jerawat akan mati dan mengering lalu lanjutkan sampai bekas jerawat terkelupas.

 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *