Iritasi Setelah Peeling Wajah? Apa yang salah?

peeling wajah

Coba Anda cek, apakah kulit wajah memerah dan mengelupas dalam waktu yang cukup lama, usai melakukan perawatan peeling wajah? Itu menandakan proses peeling yang Anda jalani kurang tepat.

Tujuan utama peeling yang sebenarnya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan wajah penyebab kulit kusam dan tampak tidak sehat, sehingga kulit tampak bersih dan cerah. Proses ini bukan proses penipisan lapisan kulit yang dapat menyebabkan kulit  kemerahan dan meradang.

Dilansir dari Woman’s Health, banyak wanita yang masih salah paham dengan konsep peeling wajah. Menurut Dr. Debra Jaliman, banyak wanita percaya bahwa peelingitu memang akan terasa panas di awalnya, namun bisa membuat kulit menjadi cerah. Lalu peeling wajah yang benar seperti apa sih?

Pengelupasan yang Benar

peeling wahag

Peeling wajah atau pengelupasan wajah memang dilakukan dengan mengelupas permukaan paling luar dari kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel. Saat ini terjadi, biasanya produk peeling wajah akan bergesekan dengan kulit.

Agar gesekan ini tidak menjadi bumerang yang panas dan menyakitkan di kulit, perlu adanya ketelitian dalam memilih produk yang lembut di kulit. Selanjutnya usapkan dengan perlahan sesuai dengan kemampuan kulit Anda. Jadi, peeling wajah seharusnya tidak menyakitkan bila Anda menggunakan produk yang tepat.

Jenis Proses Peeling

peeling wajah

Ada dua jenis proses peeling. Pertama, physical exfoliator, yakni pengangkatan sel kulit mati dengan menggosokkan material bahan peeling wajah pada permukaan kulit wajah, biasanya berupa butiran scrub.

Kedua, chemical exfoliator. Cara ini menggunakan produk peeling kimia dibantu dengan alat. Jenis ini lebih cepat memberikan hasil. Tapi, hati-hati, banyak yang memberikan hasil cepat, tapi ada efek sampingnya. Salah satu yang terbaru dan relatif aman untuk dipilih adalah peeling dengan enzim dan 02 jet peel yang memanfaatkan tekanan air berkecepatan tinggi. Kedua proses peeling ini bekerja pada lapisan teratas kulit wajah sehingga tidak merusak lapisan melanin kulit.

Untuk Anda yang tidak mempunyai waktu pergi ke klinik kecantikan atau tempat perawatan wajah, Anda juga bisa menggunakan kertas peeling wajah Vitalizer White Peel di rumah. Berfungsi ganda yaitu untuk memutihkan kulit dan mengatasi kerutan pada wajah.

Kertas peeling dengan tekstur yang lembut ini terbuat dari serat kapas yang lembut sehingga sangat  nyaman saat digunakan pada kulit wajah Anda. Peeling wajah ini mengandung 10% vitamin dari 10 jenis vitamin yang berbeda-beda serta mengandung ekstrak buah-buahan untuk membantu mencerahkan  dan membersihkan kulit.

Peeling Sesuai Jenis Kulit

peeling wajah

Dr. Jaliman menyarankan agar wanita memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit. Bila Anda memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, cobalah untuk memilih peeling yang mengandung salicylic acid agar tidak menyumbat pori. Produk ini akan mampu membantu kulit mengontrol minyak.

Bila warna kulit Anda tidak merata dan memiliki garis-garis halus, pilihlah produk dengan kandungan anti oksidan seperti buah pome dan labu. Pome dan labu mampu membantu melembutkan kulit dan menghaluskan efek garis wajah Anda. Dr. Jaliman menambahkan bahwa Anda juga perlu memperhatikan sensitivitas kulit. Kulit sensitif yang bermasalah memang tidak sebaiknya melakukan peeling. Sebab dikhawatirkan dapat membuat kulit kemerah-merahan dan iritasi.

Waktu Penggunaan Peeling

peeling wajah

Saat yang tepat untuk melakukan peeling wajah adalah 3 sampai 6 kali sebulan, tergantung keperluan kulit Anda. Sebaiknya menggunakan peeling wajah yang tidak terlalu mengandung asam sehingga aman digunakan dalam jangka waktu harian atau mingguan.

Setelah melakukan peeling wajah, bila Anda ingin keluar rumah atau ruangan, gunakan sunscreen yang mengandung SPF minimal 30. Perlindungan ini membuat sel kulit yang baru terbentuk bisa terlindung dan kulit Anda nampak lebih cerah dan sehat.

Dengan melakukan peeling wajah secara rutin, kulit jadi lebih berseri, awet muda dan sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah, sayur dan air putih agar regenerasi sel kulit baru lebih mudah dilakukan. Selamat mencoba. (zee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *