Jangan Sampai Stress Membuat Anda Lupa Merawat Kulit

Stress-and-your-skin

Semua tahu bahwa stress dapat mempengaruhi tubuh dan perasaan kita. Stress menyebabkan ketegangan di bahu dan leher, sakit kepala, detak jantung Anda menjadi lebih cepat, dan suasana hati Anda dapat berubah dari yang baik menjadi buruk di saat itu juga. Tapi apakah Anda tahu bahwa stress juga dapat melakukan hal-hal buruk untuk kulit Anda?

Bagaimana Stress dapat Berdampak ke Kulit?

Ketika kita mengalami stress, tubuh mulai menghasilkan lebih banyak hormon terutama hormon yang disebut kortisol. Kortisol memberitahu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak, yang berarti bahwa ketika Anda stress, jerawat akan muncul. Orang-orang yang biasanya tidak mengalami masalah jerawat, bahkan bisa muncul jerawat pada kulit wajah mereka selama sedang dalam periode stress.

Sayangnya, hormon kortisol tidak hanya dapat menyebabkan jerawat ketika Anda sedang stress, tetapi juga dapat memulai penuaan kulit Anda menjadi lebih awal. Sebuah studi menunjukkan bahwa stress yang berlangsung lama diikuti dengan kondisi yang gelisah dapat merusak DNA dalam sel-sel tubuh. Sel tubuh yang rusak dapat menyebabkan penuaan dini.

Kortisol dapat memicu peradangan kulit dan merusak kolagen yang ada di kulit. Ketika kolagen di kulit telah rusak, keriput akan mulai terbentuk.

Stress yang berkelanjutan dapat membuat Anda terlihat lebih tua 3 sampai 6 tahun. Akibat stress, kulit Anda tidak hanya akan menjadi keriput, tetapi juga menjadi kering seperti sedang dehidrasi. Stress juga dapat menyebabkan kulit Anda untuk berhenti dari fungsi terbaiknya, yang berarti kulit yang terlihat muda dan bercahaya menjadi kulit yang kusam.

Jika Anda menderita kondisi kulit kronis seperti rosacea, eczema, atau psoriasis, stress dapat membuat kondisi kulit kronis tersebut menjadi masalah yang lebih buruk lagi. Anda bahkan bisa menderita ruam atau gatal-gatal karena stress. Kuku yang rapuh dan rambut rontok bisa terjadi pada kasus yang ekstrim diakibatkan oleh stress. Ketika sedang stress, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur yang berarti bahwa lingkaran hitam bisa muncul di bawah mata dan hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Treatments+dreamstime_xl_28240186

Stress Karena Polusi

Banyak faktor-faktor penyebab stress yang tidak banyak diperhatikan seperti kondisi lingkungan yang tidak nyaman akibat polusi dari asap rokok maupun kendaraan bermotor. Sering terpapar dan terlalu lama berada dalam kondisi yang penuh polusi otomatis akan membuat Anda stress. Parahnya stress juga bisa membuat pola hidup Anda cenderung menjadi lebih kacau seperti konsumsi alkohol, merokok, bahkan konsumsi obat-obatan.

Menurut Dr. David Colbert dari New York Dermatology Group, kebiasaan konsumsi minuman beralkohol dapat merusak hati dan membuat kulit jadi terlihat pucat dengan pori-pori yang lebar. Kebiasaan minum alkohol ini mengurangi keseimbangan hidrasi kulit sehingga kulit cenderung kering. Kondisi menurunnya kelembaban kulit ini membuat kecerahan kulit menurun dan tanda-tanda penuaan kulit semakin terlihat

Cara Menghentikan Stress Agar Tidak Berdampak Ke Kulit

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana stress dapat berdampak pada kulit Anda. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana kita menghentikan stress agar tidak berdampak ke kulit? Satu hal yang terjadi ketika orang sedang mengalami stress, mereka berhenti merawat kulit mereka dengan benar.

Ketika Anda berhenti merawat kulit Anda, sebuah siklus akan dimulai. Siklus tersebut seperti kulit Anda tidak terlihat yang terbaik karena Anda tidak merawatnya seperti yang seharusnya. Fakta bahwa kulit Anda tidak terlihat baik, akan membuat Anda menjadi lebih stress. Menjadi lebih stress hanya membuat Anda terlihat semakin buruk. Anda perlu mengubah pola yang seperti itu.

Jangan Sampai Melupakan Perawatan Kulit

Bahkan jika sedang merasa stress, Anda harus mempunyai waktu untuk merawat kulit. Untuk memastikan bahwa tidak ada jerawat yang muncul, Anda perlu melakukan perawatan pengelupasan kulit (exfoliation) dengan benar. Pengelupasan kulit yang rutin dan benar, tidak hanya menjaga kulit Anda dari jerawat, tetapi juga membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati agar kulit tidak terlihat kusam.

Pastikan untuk mencuci muka dua kali sehari, dan hal tersebut harus tetap dilakukan bahkan ketika Anda mempunyai waktu yang sedikit. Cobalah untuk meluangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk rutinitas perawatan kulit Anda, baik di pagi hari dan pada malam hari tidak peduli apa yang sedang terjadi dalam hidup Anda.

Setidaknya, Anda bisa mencuci muka dan menggunakan pelembab setiap hari. Di pagi hari, jangan sampai lupa untuk menggunakan tabir surya. Pastikan untuk tetap berpegang pada rutinitas perawatan kulit bahkan saat sedang stress, agar kulit Anda tetap dalam kondisi yang baik bahkan ketika Anda sedang merasa tidak baik.

cleansing

Cara Agar Tidak Stress

Selain tetap mengaplikasikan perawatan kulit, Anda juga perlu mencari cara untuk menghilangkan stress tersebut, sehingga stress tidak mengambil alih hidup Anda. Untuk itu, mungkin Anda bisa melakukan hal-hal berikut agar stress tidak mengambil alih hidup Anda.

Berolahraga

Olahraga tidak harus di luar ruangan atau gym. Untuk mengurangi stress dan membuat pikiran jadi rileks, Anda bisa melakukan yoga. Olahraga ini membantu Anda mengontrol emosi dan menenangkan pikiran Anda. Jika Anda lebih suka bergerak, senam atau dance exercise tidak ada salahnya untuk dicoba. Cukup beli kaset tutorial dan lakukan di rumah.

Lakukan Spa & Massage

Cara ini cukup ampuh membuat Anda jadi lebih rileks sekaligus membuat kulit jadi lebih terawat. Selain bisa dilakukan di tempat khusus spa, Anda bisa melakukan ini di rumah. Cukup siapkan produk spa, aromaterapi serta kondisikan tempat senyaman mungkin. Lengkapi juga dengan masker wajah alami yang bisa Anda buat sendiri atau  masker wajah instan yang lebih simple dan praktis.

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah think positive. Diri Anda sendiri yang bisa mengontrol kondisi emosional dan pikiran Anda. Jangan buat tubuh Anda tersiksa dengan kondisi stress yang Anda alami. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Bintik-Bintik Di Wajah: Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *