Jangan Sering-sering Melakukan Perawatan Kecantikan Ini

perawatan kecantikan

Maunya selalu bisa tampil cantik, bukan? Yap, itulah wanita. Selalu ingin tampil sempurna saat dipandang lawan jenisnya. Keinginan yang selalu tampil sempurna membuatnya melakukan berbagai perawatan kecantikan dan produk apapun untuk mendukung keinginannya. Hasilnya, produk dan perawatan kecantikan apapun dicoba, entah itu cocok untuk kulit atau tidak.

FYI nih ladies, perawatan kecantikan yang dipakai secara berlebihan akan bisa berdampak buruk pada penampilan Anda. “oh ya?

Nggak percaya kalau melakukan perawatan kecantikan secara berlebih bisa berdampak buruk bagi penampilan Anda? Simak info ini baiki-baik ya….

1. Lipstik Matte Liquid

Formula produk ini dapat mengeringkan bibir dan membuatnya menjadi terkelupas. Karenanya, hindari penggunaannya setiap hari dan gantilah dengan lip balm.

2. Primary Makeup

Sebagian besar primer mengandung silicon dan hal ini berbahaya bagi kulit wajah. Sebaiknya. Cukup dipakai saat dibutuhkan saja dan pastikan untuk membersihkan wajah dengan teliti.

3. Sikat Wajah

Sebagaian dari Anda pasti senang menggunakan sikat pembersih wajah elektronik, karena kulit jadi terasa sangat bersih. Tapi, tahukah Anda perawatan kecantikan ini mejadikan kulit kering bahkan berjerawat. Jadi sebaiknya, cukup digunakan saat tertentu saja seperti ketika menggunakan makeup berlebih.

4. Body Scrub

Memang scrub juga diperlukan untuk perawatan kecantikan Anda, tap biasanya scrub mengandung eksfoliator seperti mutiara. Dan bahan ini dapat mengangkat kolagen dalami kulit dan menyebabkan kulit rentan terhadap bakteri dan matahari.

5. Eyelash Extension

Kalau terlalu sering melakukan perawatan kecantikan yang satu ini, eyelash extension dapat merusak bulu mata alami akibat penggunaan lemnya. Jadi, batasi pemakaian eyelash extension atau ganti dengan bulu mata palsu sekali pakai.

6. Petroleum Jelly

Faktanya, perawatan kecantikan dengan petroleum jelly dapat membuat lapisan yang mencegah kelembapan atau udara penetrasi sehingga membuat kulit jadi lebih kering dari sebelumnya.

7. Dry Shampoo

Dry shampoo yang berlebihan dapat membuat produk mengendap di kulit kepala dan susah dibersihkan. Semakin sering melakukan perawatan kecantikan ini, bahan dry shampoo dapat menghalangi kulit kepala bernapas sehingga menghambat pertumbuhan rambut baru. Sebaiknya, cukup digunakan seminggu sekali saja.

8. Kondisioner

Sebaiknya saat melakukan perawatan kecantikan dengan kondisioner ini jangan sampai akar rambut, dan cuci selama semenit untuk menghindari produk masih menempel di rambut.

9. Masker Rambut

Pastikan saat melakukan perawatan tidak menggunakana hair mask lebih dari seminggu sekali karena produk ini dapat membuat rambut kepek, tidak mengembang, dan ussu ditata.

10. Facial

Facial yang keliru dapat mengakibatkan masalah kulit wajah, seperti infeksi atau sensasi terbakar. Jadi pastikan dulu kalau mau facial di salon:

  • Memiliki ahli kulit bersertifikasi
  • Kalau menggunakan peralatan elektronik atau perawatan kimia, pastikan yang menggunakannya adalah tenaga terampil dan berpengalaman.

Nah, kalau wajah Anda butuh facial dengan obat-obatan keras dan kuat, lebih baik ke dokter ahli yang terpercaya guna menghindari kerusakan kulit wajah. Perlu Anda perhatikan juga, kalau Anda sudah memiliki produk pilihan dan sehat untuk kulit wajah Anda, jangan asal mencoba produk-produk pasaran tak terpercaya. Jangan ambil risiko kesehatan kulit hanya demi tampil cantik. Salah-salah bukan cantik, tapi rusak.

 

Perawatan Kecantikan Ini Juga Jangan Sering-Sering Dilakukan

perawatan kecantikan

Memang, cantik itu tidak ada yang instan. Perlu perawatan kecantikan yang dilakukan secara rutin. Tapi ada beberapa perawatan kecantikan yang kalau dilakukan terlalu sering, akan berdampak pada kecantikan Anda sendiri. Seperti apakah perawatan kecantikan yang tidak dianjurkan dilakukan terlalu sering?

1. Fish Spa

Fish spa sudah menjadi perawatan kecantikan yang populer di Indonesia. Dijanjikan bahwa ikan gara rufa di dalam kolam dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati sehingga kulit dapat lebih mudah beregenerasi.

Memang benar, ikan gara rufa dapat membantu proses regenerasi kulit. Tetapi di dalam kolam yang sama, sekian banyak orang bergantian memasukkan kaki atau tangan ke dalamnya. Bisa terbayang berapa banyak bakteri pula yang berpindah dari kaki/tangan satu ke yang lain kan?

2. Tanning

Tanning adalah proses menggelapkan kulit dengan sebuah alat agar kulit lebih bersinar dan berwarna lebih gelap dari sebelumnya. Para warga asing yang memiliki kulit putih atau pucat sering melakukannya, demi mendapatkan kulit eksotis ala wanita Indonesia (inilah mengapa kita patut bersyukur dengan kulit sawo matang eksotis kita).

Ditemukan dalam sebuah penelitian, prosedur tanning membawa efek samping berbahaya. 29%-nya dapat menyebabkan perkembangan sel kanker, dan 69%-nya dapat meningkatkan jumlah sel kanker kulit mematikan.

3. Ear Candle

Sering melakukan perawatan kecantikan yang ini, ladies? Disarankan untuk tidak lagi melakukan perawatan ini. Teknik perawatan kecantikan ini katanya bisa menghilangkan kotoran dan racun dari dalam telinga. Nyatanya, teknik juga bis menyebabkan telinga tersumbat, terbakar, dan gendang telinga rusak.

4. Manikur Asal-asalan

“Murah say, yuk cobain!,” Nah jangan sampai tergiur manikur murah ya, ladies. Lakukan manikut dengan manicurist yang berpengalaman dan sudah ahli. Jika yang melakukan manikur tidak memperhatikan kebersihan, Anda bisa berakhir dengan infeksi jamur, infeksi bateri, dan bahkan kerusakan kuku permanen.

Dan ternyata perawatan kecantikan dengan manikur gel juga sangat berbahaya jika dilakukan terlalu sering. Manikur gel ini maksudnya untuk membuat manikur jadi terlihat lebih baik dan tahan lama. Namun, tidak semua gel yang digunakan itu sama. Beberapa salon menggunakan gel murah yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

5. Keratin Straightening Systems

Sudah tahuakn perawatan kecantikan pelurusan rambut dengan menggunakan keratin? Sebagian orang mengenalnya dengan nama Brazilian Straightening Treatments. Hasilnya mungkin memuaskan, namun dua perusahaan produk kecantikan besar memberikan peringatan pada kemasan produk tersebut akan bahaya yang mengancam.

Produk pelurusan rambut dengan keratin dapat menghasilkan gas berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Gas tersebut mengandung agen karsinogenik saat dicampurkan, oleh sebab itu mencampurkannya juga tidak boleh sembarangan.

6. Suntik Botox ala Salon Murah

Operasi plastik, suntik botox, bukan hal yang asing lagi di dunia kecantikan saat ini. Saking pengennya mendapatkan bagian tubuh ‘berisi’ tak tanggung-tanggung banyak yang berani melakukan suntik botox ala salon rumahan.

Penyuntikan dilakukan oleh salon-salon gelap yang mengesampingkan prosedur medis demi mendapatkan harga murah dan efek yang cepat. Alhasil, kesalahan dan efek samping berbahaya mengancam si pasien. Ada yang mengalami peradangan, adapula yang mengalami gagal jantung.

7. Bikini Waxes

Adalah proses menghilangkan bulu-bulu di sekitar area pubic atau vagina. Dengan bantuan bikini waxing ini, bulu-bulu dapat dihilangkan untuk beberapa saat lamanya. Hasilnya, lebih mulus dan rapi ketimbang dicukur atau dipotong biasa.

Namun, Dr. Emily Gibson menjelaskan bahaya waxing tersebut. Bulu-bulu di sekitar area pubic sebenarnya membantu melindungi vagina dari infeksi atau penularan bakteri. Dengan hilangnya mereka maka potensi penularan penyakit seksual semakin besar.

8. Waxing Alis

Terlepas dari fakta bahwa waxing-nya mungkin bisa salah sehingga menyebabkan alis gundul, teknik ini bisa merubah folikel rambut alis. Selain itu, tak jarang ada kasus orang yang terbakar oleh lilin panasnya. Dan sering juga kulit di bawah alis itu ikut tercabut saat bulunya diangkat.

9. Korset Pembentuk Tubuh

Salah satu bentuk pakaian pembentuk tubuh adalah korset. Jika kamu ingin mendapatkan pinggang yang kecil, kamu harus mengurangi asupan kalori dan pergi berolahraga. Pakaian pembentuk tubuh, tak peduli apa yang diiklankan, bisa merusak tulang rusuk dan membuatmu sesak napas. Rasanya juga sangat tidak nyaman untuk digunakan.

Memang, cantik itu tidak mudah dan butuh yang namanya proses. Tapi sebelum melakukan perawatan kecantikan apapun, sebaiknya dilihat terlebih dahulu apa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *