Jangan Tertipu Mitos Seputar Jerawat yang Menyesatkan!

skin.co.id mitos jerawat
Banyak mitos-mitos seputar perawatan kulit yang menyesatkan dan justru merugikan kita. Tidak terkecuali dalam merawat kulit yang berjerawat. Agar Anda tidak mudah tersesat dengan mitos-mitos yang menyesatkan berikut beberapa mitos seputar jerawat yang perlu Anda ketahui:

Mitos 1: Tabir Surya Bisa Bikin Jerawat Semakin Parah

Mitos ini sering kali kita dengar. Alhasil banyak orang yang menghindari penggunaan tabir surya. Padahal, sebetulnya penggunaan tabir surya ini sangat penting. Baik yang berjerawat maupun tidak, wajib menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Terlalu sering terpapar sinar UV dapat meningkatkan risiko terhadap kanker kulit. Bagi Anda yang memiliki jerawat, sebaiklah pilih tabir surya yang mengandung zinc oxide yang mana bersifat tidak menutupi pori-pori kulit.

Mitos 2: Jerawat Disebabkan Oleh Makanan

Mitos ini sudah tidak asing lagi dan selalu menjadi pantangan bagi siapa pun yang punya jerawat. Faktanya, sampai saat ini belum ada jurnal ilmiah yang membuktikan secara langsung bahwa makanan merupakan penyebab utama timbulnya jerawat. Justru faktor hormonal yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Mitos 3: Kurangi Jerawat dengan Sering Membersihkan Wajah

Banyak yang percaya bahwa jerawat disebabkan kulit yang kotor sehingga mereka mengatasinya dengan sering mencuci wajah sesering mungkin. Ini salah. Akibat faktor hormonal, produksi sebum akan semakin meningkat. Sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati akan menutupi pori-pori, merangsang terbentuknya jerawat dan peradangan. Terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun memang dapat mengurangi sebum. Namun, sebum yang terkikis oleh karena terlalu seringnya membersihkan wajah bisa merangsang kelenjar sebum untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi. Justru ini membuat jerawat semakin bertambah parah. Untuk membersihkan wajah, cukup dua kali sehari.

Mitos 4: Kulit Berjerawat Dilarang Menggunakan Makeup

Sebetulnya, kulit berjerawat tetap bisa menggunakan makeup asalkan memilih jenis makeup yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Contohnya produk makeup seperti BB Cream, Anda tetap bisa menggunakannya asalkan pilih BB Cream untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun, ada beberapa jenis makeup yang menutupi pori-pori kulit yang berujung pada munculnya jerawat. Ini yang perlu Anda hindari.

Mempercayai mitos yang menyesatkan justru bisa merugikan Anda. Jadilah konsumen yang pintar dan jangan mudah terpengaruh dengan issue yang simpang siur dan belum tentu benar. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Bagaimana Cara Memilih BB Cream Untuk Kulit Berjerawat & Berminyak?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *