Kapan Anda Harus Pergi Ke Dokter Untuk Atasi Jerawat?

skin.co.id Kapan Anda Harus Pergi Ke Dokter Untuk Atasi Jerawat?

Setiap orang yang memiliki jerawat pastinya ingin segera menyingkirkannya. Namun, saat mereka bertemu dengan jerawat yang parah dan tak kunjung sembuh, kebanyakan orang akan menyerah dan bahkan sebaliknya, memilih produk yang lebih keras, atau bahkan pergi ke dokter untuk mengambil beberapa perawatan modern.

Memang ada banyak cara yang ditawarkan oleh dokter untuk membantu Anda mengatasi masalah jerawat. Akan tetapi tidak ada keajaiban medis yang dapat menyembuhkan jerawat dalam semalam. Dokter Anda hanya dapat membantu untuk membersihkan kulit Anda sedikit lebih lengkap, lebih cepat, tanpa bekas luka atau bintik-bintik dan cokelat.

Namun, tidak seserta-merta Anda harus mengunjungi dokter untuk atasi jerawat. Ada waktu dan masa tertentu untuk melakukan hal ini. Waktu terbaik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi jerawat adalah ketika perawatan yang Anda lakukan sendiri tidak bekerja, terutama sangat cocok untuk menemui dokter bila:

  • Jerawat Anda terasa nyeri sekali sama seperti nyeri sendi yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.
  • Anda seorang wanita, dan Anda ingin mengganti pil KB untuk melawan jerawat.
  • Anda memiliki jerawat yang bersembunyi dan berkembang di bawah kulit Anda.
  • Anda mendapati jerawat berwarna merah muda yang pecah pada saat Anda mencukur kulit kepala.
  • Anda tidak pernah memiliki jerawat, kemudian tiba-tiba timbul jerawat batu di bawah kulit.
  • Anda memiliki jerawat biasa tapi dalam bentuk besar yang memiliki warna kuning di tengah-tengahnya
  • Anda memiliki bekas jerawat berjenis ice pick saat menyembuhkan jerawat.
  • Anda memiliki bekas luka berwarna merah muda saat Anda berusaha menyembuhkan jerawat.

Hal-hal di atas merupakan gejala dan tanda jenis jerawat yang hanya dapat diobati oleh seorang dokter. Dokter yang baik akan menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang jenis kulit Anda, berbagai perawatan, dan berbagai prosedur yang tidak sembarangan bisa orang lakukan.

BLEMISH POTION

Bebaskan Wajah Anda dari Noda Jerawat Anda Dengan Spot Serum Terbaik

  • Mengandung blemish & blue complex
  • Mengatasi titik-titik jerawat
  • Mencegah timbulnya bekas jerawat
  • Meredakan kemerah-merahan di wajah

Singkirkan noda jerawat Anda tepat di titik jerawat Anda. Klik DI SINI!

Lalu Hal Apa Saja Yang Bisa Anda Dapatkan HANYA Pada Saat Berkonsultasi Dengan Dokter & Tidak Bisa Anda Dapatkan di Tempat Lain?

Ada juga beberapa perawatan yang tidak dapat Anda lakukan di rumah dan juga tidak bisa mendapatkan di spa. Ada beberapa perawatan yang hanya akan Anda dapati pada dokter kulit di antaranya adalah:

  • Antibiotik

Di seluruh bagian Amerika Serikat, dan Eropa, antibiotik hanya tersedia dengan resep dokter. Antibiotik dapat membunuh bakteri jerawat dan menghentikan peradangan dalam beberapa hari sampai beberapa minggu. Namun penggunaan antibiotik tidak dapat menggantikan pembersihan rutin dasar dan pengelupasan kulit untuk menjaga jerawat dari datang kembali.

  • Obat Retinoid Oral

Karena perawatan oral pada jerawat dapat memiliki efek samping yang serius, pemantauan medis diperlukan untuk mencegah dampaknya terhadap kesehatan Anda.

  • Suntik Steroid

Steroid disuntikkan oleh para ahli dermatologi hanya untuk “keadaan darurat pada jerawat.” Suntikan ini memerlukan pemantauan dokter karena penggunaan steroid secara berulang dapat menyebabkan keringanan dan penipisan pada kulit.

  • Perawatan Laser & Radiasi Sinar Eksternal

Memperbaiki kulit setelah menderita jaringan parut karena jerawat yang parah biasanya membutuhkan beberapa kunjungan rutin ke dokter. Bekas luka ini mungkin bisa ditutupi oleh make-up, akan tetapi tidak dapat disembuhkan tanpa perawatan medis.

Disisi lain saat Anda melakukan kunjungan ke seorang dokter kulit, ada beberapa hal yang biasanya dokter tidak akan jelaskan kepada Anda. Di antaranya adalah:

  • Dokter kadang-kadang meresepkan obat yang sesuai untuk kulit normal tetapi tidak obat tersebut belum tentu cocok untuk kulit Asia. Penggunaan hydroquinone untuk menghilangkan bintik atau noda hitam akibat jerawat, kadang-kadang dapat menyebabkan bintik-bintik hitam atau kebiru-biruan pada kulit Asia.
  • Dokter juga cenderung mengabaikan beberapa produk alami yang membantu resep obat agar bekerja lebih baik.
  • Dokter juga sering lupa untuk memberikan informasi seputar efektivitas pengobatan jerawat yang dilakukan. Kebanyakan obat atau produk perawatan tersebut hanya bekerja 30 hingga 50%.
  • Resep benzoil peroksida biasanya bisa menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, peradangan, dan kulit mengelupas.
  • Obat retinoid yang diresepkan untuk mengobati jerawat batu sering memiliki efek samping yang tak terduga, yaitu munculnya whiteheads, komedo, dan jerawat.

Anda bisa menemui dokter kulit dan berkonsultasi ketika Anda memang harus melakukannya. Akan tetapi yang perlu Anda ingat adalah Anda masih harus melakukan perawatan dasar harian Anda. Bahkan saat Anda melakukan perawatan dokter, Anda masih membutuhkan produk dan rutinitas perawatan harian untuk mencegah datangnya jerawat kembali dan bekas noda akibat jerawat. Bagaimana beautiful? Sudah tahu kapan harus pergi ke dokter untuk atasi jerawat Anda bukan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *