Kapan Saja Waktu yang Tepat Gunakan Pelembab Wajah?

pelembab wajah

Bagi Anda yang rutin melakukan perawatan kulit maka menggunakan pelembab wajah dan lotion bukanlah hal yang sulit bukan? Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari penggunaan keduanya dibutuhkan sedikit upaya yang keras. Memang benar, pelembab wajah dan lotion berfungsi untuk melembabkan wajah dan tubuh Anda setiap hari, mampu menghilangkan kulit kusam, membuatnya halus dan kenyal.

pelembab wajah

Perlu Anda tahu, meskipun tidak akan memakai make up atau hanya akan menghabiskan hari di rumah, penggunaan pelembap wajah tetaplah penting. Sudah tahu belum, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada waktu-waktu terbaik untuk menggunakan pelembab wajah. Kapan saja?

Sebelum Tidur

Sebelum tidur harus menggunakan pelembab? Untuk apa?

Apakah itu pertanyaan Anda? Begini, pelembab berguna untuk memperbaiki keruskan kulit yang terjadi saat siang hari. Selain itu tubuh kehilangan banyak cairan pada waktu tidur sehingga kelembapan kulit akan berkurang.

Dengan menggunakan pelembab sebelum tidur, kulit akan tetap terhidrasi dan efek-efek penuaan pun akan terminimalisir. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan rasa lengket dari pelembab, pilih pelembab yang terksturnya lebih ringan seperti lotion atau gel.

Jadi, jadikan pelembab wajah sebagai dari rutinitas perawatan kulit yang harus Anda lalukan sebelum tidur.

Saat Setelah Mencuci Wajah dan Mandi

Setelah mencuci wajah saat mandi, apakah hanya mengeringkan wajah Anda saja? Sebaiknya gunakan pelembab wajah setelah mencuci wajah atau selesai mandi. Karena apa, setelah mengeringkan kulit wajah dan tubuh, kelembapan kulit akan mulai hilang akibat adanya kontak dengan udara. Belum lagi kalau pembersih wajah yang biasa Anda gunakan membuat kulit kering.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab wajah.

Untuk area wajah, usahakan untuk menggunakan pelembab dalam waktu kurang satu menit. Sedangkan pada area tubuh. Sedangkan untuk perawatan kulit tubuh Anda, gunakan pelembab dalam waktu kurang dari 5 menit setelah Anda mengeringkan tubuh.

Dengan begitu, kelembapan kulit Anda akn tetap terjadi dengan baik.

Setelah Berolahraga

Saat berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh akan menguap dan bisa mengakibatkan kulit menjadi dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan sel kulit menjadi lebih cepat mati dan berisiko menyumbat pori-pori pada kulit.

Disarankan setelah berolahraga, bilas wajah dan tubuh lalu segera gunakan pelembab ringan untuk mengunci kelembapan pada kulit. Nah, kalau Anda sedang berolahraga di  luar ruangan, jangan lupa untuk  menggunakan pelembab wajah ringan dengan kandungan sunscreen terbaik.

Sebelum dan Sesudah Shaving

Bercukur merupakan salah satu bentuk eksfoliasi pada kulit tubuh. Gesekan antara alat cukur dan kulit tidak hanya mengangkat rambut halus, namun juga mengangkat lapisan sel kulit mati. Saat tereksfoliasi, kulit memiliki kemampuan menyerap kelembapan dengan lebih baik.

Manfaatkan kondisi ini untuk memberikan nutrisi pada kulit. Selain itu, penggunaan pelembap pada kulit yang telah tereksfoliasi juga membantu melindungi lapisan kulit baru dan mencegahnya menjadi kering.

Menggunakan pelembap sebelum shaving juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Selain dapat membantu proses shaving menjadi lebih mudah, kulit yang lembap juga akan mengurangi terjadinya resiko iritasi pada kulit.

Sebelum dan Sesudah Naik Pesawat

Kabin pesawat memiliki tingkat kelembapan yang sangat rendah yaitu sekitar 10 – 20%. Padahal, kelembapan ruang yang kita tempati umumnya berkisar antara 30 – 65%. Pada kondisi ini tubuh akan mengalami beberapa reaksi, salah satunya adalah kulit kering. Sebelum naik pesawat bersihkan wajah dengan micellar water, dan lanjutkan dengan menggunakan pelembap wajah.

Setelah itu, sesaat sebelum mendarat, ulangi kembali langkah tadi. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap lembap selama dan setelah penerbangan. Jangan lupa sertai dengan minum air putih yang cukup.

 

Mengapa Anda Butuh Pelembab Wajah?

pelebab wajah

Apakah kulit berminyak dengan karakteristik kulit yang oily tetap membutuhkan pelembab wajah? Ya, pasti. Pelembab merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan kulit harian Anda yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa pelembab wajah begitu penting untuk kesehatan kulit? Ini alasannya:

  • Untuk memperbaiki kemampuan kulit dalam memberikan pelindung pada kulit dari kondisi luar seperti polutan, racun, bakteri, dan lain-lain.
  • Menjaga kelembaban kulit baik dalam dermis maupun epidermis.
  • Menjaga keseimbangan komposisi kulit yaitu lemak baik di dalam maupun di luar sel kulit.
  • Menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Itulah 4 alasan yang dikemukakan oleh Mariuz J.A. Sapijaszko, MD., seorang direktur Western Canada Dermatology.

Setiap jenis kulit dengan karakteristik yang berbeda-beda membutuhkan pelembab wajah yang berbeda pula. Contohnya seperti kulit kering yang membutuhkan pelembab wajah ekstra agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Cari produk dengan komposisi yang melembabkan seperti  kandungan Air Laut Dalam untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Untuk kulit keriput, pilih pelembab wajah dengan kandungan kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit. Kulit berjerawat dan berminyak pun juga membutuhkan pelembab wajah khusus jerawat. Sedangkan kulit sensitif yang rentan sekali iritasi, pilih pelembab mengandung soothing agent seperti Blue Complex. Pilihlah pelembab wajah sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

 

Cara Terbaik Aplikasikan Pelembab Wajah

pelembab wajah

Anda mungkin terbiasa menggunakan pelembab wajah dari tengah kemudian ke sisi wajah. Akan tetapi ternyata kebiasaan ini bisa membuat pelembab mengendap dan tidak teroles secara merata di permukaan kulit Anda. Hal ini seringkali menyebabkan tersumbatnya pori-pori di area rambut-rambut halus di sekitar dahi dan di dekat telinga Anda. Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk menggunakan pelembab wajah:

1. Wajah Bagian Atas

Untuk menggunakan pelembab di wajah bagian atas (kening atau dahi), oleskan pelembab dari wajah bagian tengah atau di antara kedua alis, tarik ke arah atas dan keluar.

2. Dari Hidung Hingga Pipi Anda

Sama halnya saat mengoleskan pelembab di bagian dahi, mulailah menerapkan pelembab di tengah-tengah hidung. Kemudian usapkan ke arah luar atau ke pipi. Pastikan untukmenggosok secara merata di seluruh wajah Anda sehingga pelembab tidak menetap ke dalam pori-pori di sekitar garis rambut Anda dan agar kulit Anda tidak terasa berminyak.

3. Usapkan Secara Melingkar

Pastikan krim Anda masuk ke garis-garis halus yang dapat terlihat saat Anda menepuk-nepuk kulit kemudian meratakannya dengan gerakan berputar-putar atau dengan gerakanmelingkar. Gunakan jari manis dan lakukan dengan lembut untuk mencegah penarikan ataupenekanan yang berlebih pada kulit halus Anda.

4. Sangatlah Penting untuk Memakai Pelembab dengan SPF yang Tepat

Kebanyakan orang menggunakan pelembab tersebut pada wajah kemudian melanjutkan sisa-sisa pelembab di wajah ke bagian leher. Hal ini tidak dibenarkan oleh para ahli kecantikan. Sebaiknya aplikasikan beberapa oles pelembab di wajah kemudian ambil lagi 2-3 oles pelembab untuk leher dan bahkan untuk sebagian dada Anda.

Leher adalah perluasan dari bagian wajah yang membutuhkan perawatan tertentu juga, terutama saat Anda tidak ingin memiliki kulit leher yang kendur seiring bertambahnya usia Anda. Dengan menggunakan pelembab yang dilengkapi SPF akan dapat memaksimalkan perlindungan dan kelembaban kulit Anda.

5. Aplikasikan Pelembab dalam Waktu 60 Detik  Seteleh Membersihakn Wajah

Jika Anda membiarkan kulit mengering setelah membersihkan wajah lebih dari satu menit, maka kulit Anda akan mulai mengalami dehidrasi. Hal ini terjadi karena udara akan menarik kelembaban dalam kulit. Menggunakan pelemba setelah membersihkan wajah akan membantu melindungi kulit dari kekeringan.

 

 

Tip Memilih Pelembab

pelembab wajah

Berikut beberapa tip-tip  penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pelembab, antara lain:

  • Belajar pada Pengalaman

Pilih pelembab yang sesuai untuk jenis kulit dan carilah pelembab yang dapat membuat kulit Anda tampak lebih lembut. Untuk menemukan pelembab yang tepat mungkin Anda bisa mencoba beberapa brand dahulu sebelum menemukan formula pelembab yang tepat untuk jenis kulit Anda.

  • Berfungsi Ganda Untuk Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Carilah pelembab yang mengandung sunscreen. Jadi selain membantu melembabkan kulit juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

  • Tidak Perlu Membeli Produk yang Paling Mahal

Produk dengan harga yang paling mahal belum tentu cocok untuk kulit Anda. Pilihlah pelembab yang aman, cocok, dan tepat untuk kulit Anda.

So, itulah beberapa tip-tip yang bisa Anda terapkan. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis kulit Anda sehingga akan memudahkan Anda dalam mencari produk pelembab mana yang sesuai dengan kulit Anda. Jangan lupa untuk selalu memelihara kecantikan dan kesehatan kulit Anda dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *