Kata Siapa, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Itu Sulit?

meningkatkan daya tahan tubuh

Pentingnya meningkatkan daya tahan tubuh kita, akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, di saat musim berganti, cuaca ekstrem, atau hawa yang berubah-ubah, ada kalanya imunitas tubuh menjadi turun. Akhirnya kita jadi mudah terserang flu, atau penyakit lainnya.

Mengonsumsi suplemen bisa menjadi solusi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Tentunya, gaya hidup sehat yang dijalani secara rutin akan memberikan efek lebih lama dalam meningkatakan daya tahan tubuh, ketimbang hanya sesekali meminum suplemen. Ada beberapa cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubun Anda, seperti:

1. Memiliki Jam Tidur Teratur

meningkatkan daya tahan tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang pertama adalah punya jam tidur yang teratur. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama setiap malamya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Ada sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imun tubuh, membuat Anda mudah terserang virus dan tubuh pun jadi lebih sulit untuk melawannya.

2. Rajin Berolahraga

meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan data dari US National of Medicine, aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan. Olahraga juga melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih, memungkinkan tubuh Anda mendeteksi penyakit lebih dini.

Berolahraga 30 hingga 60 menit sehari bisa memperlancar aliran darah sehingga sel-sel imun dapat tersalurkan ke semua bagian tubuh. Dan sangat disarankan untuk melakukan olahraga lima hari selama seminggu untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Kurangi Pikiran Mencekan atau Stres

meningkatkan daya tahan tubuh

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda. Cukup menjauhkan diri dari stres yang berlebihan sudah menjadi cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Meditasi

meningkatkan daya tahan tubuh

Kita semua tentu sudah menyadari efek positif dari meditasi. Hal ini tidak hanya akan memperkuat mental Anda, tetapi juga akan mencegah stres yang dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda.

Pikiran kita bisa mengurangi risiko kita terkena flu sebesar 40 hingga 50 persen, menurut penelitian dari University of Wisconsin, Madison pada tahun 2012. 55 orang yang melakukan teknik menenangkan pikiran bisa memiliki 13 jenis penyakit lebih sedikit dan 51 hari bebas penyakit lebih banyak daripada orang-orang dari grup kontrol selama musim pilek dan flu. Ini karena meditasi bisa mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Duduk dengan rileks, bersihkan fikiran, dan ambil nafas secara teratur dan perlahan dari hidung, dan keluarkan dari mulut. Hal menyenanagkan ini sudah bisa membuat Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan meditasi ini beberapa menit setiap hari. Anda juga bisa mengikuti kelas yoga.

5. Jaga Kebersihan Tangan

meningkatkan daya tahan tubuh

Hal yang perlu Anda perhatian untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjaga kebersihan tangan Anda! Benda-benda seperti handphone, pegangan pintu, kunci rumah, setir mobil, menurut penelitian adalah tempat yang banyak dihuni oleh virus dan bakteri. Padahal, benda-benda tersebut sangat akrab dengan tangan kita sehari-hari.

Dengan demikian, tangan bisa juga membawa kuman dari mana-mana termasuk tempat-tempat tersebut. Selalu rajin membersihkan tangan dengan sabun anti kuman adalah kebutuhan dasar jika Anda ingin jauh dari bakteri maupun virus.

Cuci tangan Anda dengan menggosoknya secara bersama-sama, disela-sela jari, dan kemudian mengeringkannya dengan baik. Hal ini karena kuman lebih mungkin menempel ke jari-jari tangan yang basah. Jangan menggunakan handuk basah untuk melap tangan.

 

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Essential Oil

mningkatkan daya tahan tubuh

Selama ini kita mengenal berbagai metode pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan herbal memang dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit dengan efek samping yang lebih minim daripada bahan-bahan kimiawi.

Coba bayangkan unsur kimiawi yang terpapar masuk ke dalam tubuh kita sejak lahir? Salah satu yang sering tanpa disadari dikonsumsi adalah obat-obatan. Meski terlihat ringan, obat-obatan tetap memiliki dampak jangka panjang bagi tubuh.

Untuk kesehatan jangka panjang bagi Anda dan keluarga, sebaiknya gunakan essential oils. Pengobatan alami yang cukup populer akhir-akhir ini memang menggunakan essential oils.

meningkatkan daya tahan tubuh

Kegunaan essential oils sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu oleh berbagai peradaban, baik Romawi, Yunani, Mesir Kuno, maupun Cina. Bahkan pada masa peradaban Mesir, Cleopatra memilki berbagai ladang dan kilang-kilang minyak yang pada masa itu dianggap lebih berharga dibandingkan emas dan kekayaan lainnya.

Ada banyak bahan tumbuhan dalam yang bisa digunakan sebagai essential oils yang punya efek baik bagi kulit. Selain sandalwood dan rosemary, ketiga kandungan essential oils berikut juga ampuh menjadikan kulit tampak kencang dan awet muda. Berkat kandungan antioksidan yang bantu melawan berbagai efek buruk radikal bebas pada wajah.

Untuk Anda, wanita kantoran yang berada di kantor berjam-jam, kadang membuat tubuh gampang terserang sakit, entah itu batu, flu, ataupun kurang enak badan. WAJIB bagi Anda untuk menggunakan Immune Booster satu ini. Terbuat dari essential oils murni dan minyak organik yang membantu Anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, penggunaannya cukup mudah, semprotkan lalu oleskan pada dada atau telapak kaki Anda sebelum tidur. Agar imun tubuh Anda bisa terjaga dengan baik, gunakan 2 kali dalam sehari. Terdiri dari bahan-bahan seperti: lemon oilclove oilsweet almond oil, dan sunflower seed oil.

 

Asupan Makanan Juga Pengaruhi Daya Tahan Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh Anda memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan. Sayangnya, daya tahan tubuh dapat diganggu oleh radikal bebas dan stres oksidatif dari faktor lingkungan dan gaya hidup.

Mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sangat penting untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang kuat, coba tambahkan beberapa makananan ini:

1. Sup Ayam

Sup ayam mungkin tidak hanya dapat melegakan sakit tenggorokan dan tetap membuat tubuh terhidrasi. Penelitian dari University of Nebraska menemukan bahwa sup ayam dapat menghambat pergerakan peradangan sel darah putih, ini akan dapat mencegah datangnya pilek.

Peneliti yakin bahwa bumbu dalam sup ayam mengandung anti inflamasi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tambahkan sup ayam Anda dengan beberapa bumbu seperti oregano, bawang putih, ketumbar, wortel atau bawang bombai.

2. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan induknya antioksidan glulathione (GSH). Senyawa ini melingdungi tubuhd dari radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan perlindungan antioksidan.

Penelit terakhir dari European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen glutathione 1000 miligram per hari dapat meningkatkan kadar glutathione dalam darah dan menguatkan daya tahan tubuh.

Untuk memaksimalkan manfaat vitamin C dan glutathione, sebaiknya mengonsumsi brokoli mentah. Jika Anda bukan penggemar brokoli mentah, cobalah membuat brokoli salad segar dengan keju parut dan sayuran lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Sarden

Ikan berlemak kaya omega-3 asam leamk, yang hasil penelitian menunjukkan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan peradangan dalam tubuh. Selain itu, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Leukocyte Biology menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan.

Ikan sarden, salmon, tuna, dan ikan trout adalah sumber yang baik dari asam lemak omega-3. Sarden tidak hanya tinggi asam lemak omega-3, ukurannya yang kecil mereka sangat rendah kontaminan seperti merkuri. Sarden juga memberikan nutrisi penting lainnya bagi sistem kekebalan tubuh.

4. Yogurt

Makan “bakteri baik” (atau probiotik) dapat membantu meningkatkan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Penelitian menunjukkan yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Sebuah studi dari University of Vienna di Austria menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt setiap hari (7 ons) adalah langkah efektif dalam mempromosikan kekebalan tubuh.

Yogurt juga diperkaya dengan vitamin D. Penelitian terbaru telah menghubungkan bahwa kadar rendah vitamin D dapat meningkatkan risiko flu dan pilek. Untuk kesehatan yang optimal, jangan megonsumsi yogurt dengan tambahan gula (pemanis) buatan seperti soda. Sebaliknya, pilih yogurt dan tambahkan rasa manis alami Anda sendiri seperti buah segar, buah kering, atau madu.

5. Jamur

Jamur telah lama dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Jamur kaya selenium, vitamin B, dan antioksidan, semua nutrisi penting untuk menjaga tubuh Anda. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa jamur meningaktkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, yang bermanfaat keetika melawan infeksi.

Jamur Maitake, Reishi, Shiitake tampaknya memberikan manfaat terbesar untuk kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi jamur sebanyak satu atau dua ons per hari. Jamur dapat dicampur dalam salad, pasta saus, omelet, sup, pizza, ataus sebagai pengganti daging untuk daging sapi.

6. Teh

Baik teh hijau maupun teh hitam, keduanya berpotensi melawan penyakit antioksidan (polifenol dan flavonoid) yang melindungi terhadap radikal bebas dan membantu menghancurkan mereka. Satu studi menunjukkan bahwa katekin, jenis tertentu dari polifenol dalam teh, dapat membunuh virus tertentu.

Studi lainnya dari Harvard menunjukkan bahwa orang yang minum lima cangkir sehari teh hitam selam dua minggu, memiliki 10 kali lebih banyak memerangi virus interferon dalam darah daripada yang minum minuman panas plasebo. Baik teh hitam dan teh hijau kaya akan L-theanine, asam amino untuk membantu meningkatkan imunitas.

Jadi, mudah bukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda sendiri?

 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *