Keajaiban Manfaat Air Putih yang Bisa Pancarkan Cantik Alami Anda

manfaat air putih

Berapa dalam sehari Anda konsumsi air putih? Sudahkah Anda mencukupi enam sampai tujuh gelas dalam sehari? Ternyata, manfaat air putih tidak hanya untuk menghindari diri dari dehidrasi, tapi juga bisa pancarkan cantik alami Anda. Benarkah manfaat air putih dapat juga untuk kecantikan Anda?

Kandungan dari Manfaat Air Putih untuk Cantik Alami Anda

manfaat air putih

Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh. Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh. Dengan banyaknya manfaat air putih untuk menyembuhkan, Anda bisa menggunakannya sebagai terapi air putih.

Menurut Departemen Kesehatan (Depkes) , air putih yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Tidak berasa
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya
  • Tidak mengandung logam berat.
  • Kandungan yang terdapat dalam air putih yaitu unsur H2O. Selain itu ada unsur kimia Ferrum, Merkuri, Alumunium.

Sebuah klinik dermatologi hanya menemukan satu studi yang meneliti efek asupan manfaat air putih jangka panjang pada kesehatan kulit. Penelitian yang diterbitkan tahun 2007 dalam Internasional Journal of Cosmetic Science, menemukan bahwa minum 2,25 liter atau setara dengan 9,5 cangkir air setiap hari selama 4 minggu dapat mengubah kepadatan dan ketebalan kulit.

Rachel Nazarian M.D., dermatolog dari Schweiger Dermatology Group di New York juga  menjelaskan bahwa tanpa asupan air yang memadai, kulit kita akan terlihat kusam, berkeriput, dan pori-pori pun semakin menonjol. Julius Few, M.D., direktur The Few Institute dan dosen klinik operasi plastik di Universitas Chicago menerangkan bahwa berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Ketika kulit terhidrasi, padat, dan elastis, hal tersebut cenderung mengurangi masuknya partikel eksternal yang dapat menyebabkan iritasi dan noda.

Meskipun manfaat minum air yang banyak memberikan efek positif bagi kulit Anda, bukan berarti kulit Anda akan tetap pada kondisi yang sama untuk tahun-tahun mendatang. Nazrian mengatakan bahwa meskipun secara klinis kulit yang terhidrasi dapat meminimalkan tanda-tanda penuaan, namun pada tingkat histopatologi (ketika diperiksa di bawak mikroskop) keriput masih terlihat, sehingga tidak ada perubahan yang permanen pada kulit. Yang jelas, jika Anda mengurangi asupan air, tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat.

Banyak Manfaat Air Putih untuk Kulit Anda

manfaat air putih

Minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari adalah penting bagi kesehatan karena membantu dalam pencernaan, sirkulasi, penyerapan dan bahkan ekskresi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa air minum dapat menampilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Faktanya adalah kulit merupakan sebuah organ yang terdiri dari sel-sel. Dan sel-sel kulit, seperti sel lain dalam tubuh, yang terdiri dari air. Tanpa air, organ pasti tidak berfungsi dengan baik. Tetap terhidrasi memang sangat penting bagi tubuh Anda. Entah dengan minum air hangat atau air lemon setiap pagi, Anda harus tetap minum air yang cukup.

Untuk itu tidak ada salahnya mengetahui keajaiban air untuk kulit Anda. Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit Anda akan mengalami beberapa kondisi di antaranya:

  • Kulit Terbakar

Hidrasi air dapat menenangkan gejala kulit yang terbakar dan mengembalikan stamina tubuh yang sehat.

  • Kantung Mata

Dehidrasi akan membuat kerutan halus di kulit mata bagian  bawah dan membuatnya lebih menonjol.

  • Kulit Hidung Mengering dan Merah

Tetap terhidrasi di lingkungan kering akan melindungi kulit hidung Anda yang mudah rapuh dan pecah-pecah.

 

Mengapa kulit Anda sangat memerlukan konsumsi air yang cukup? Berikut alasannya:

  • Kekurangan air dalam tubuh akan membuat kulit kepala Anda gatal dan kering
  • Tubuh Anda memiliki komposisi air lebih banyak daripada yang lainnya. Ubahlah kulit yang kering dan bersisik menjadi kulit yang sehat dan kenyal dengan minum air minimal 8 gelas sehari.
  • Dehidrasi air dapat mengurangi kadar kalium dan elektrolit dalam tubuh yang merupakan kunci untuk membuat mata Anda tetap basah dan lembab.
  • Meminum 2 gelas air 20 menit sebelum makan akan membantu Anda menurunkan berat badan.
  • Meminum lebih banyak air dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Perlu diketahui bahwa air minum saja tidak cukup untuk membuat kulit Anda sehat berseri-seri.  Dan minum air dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan yang serius. Para ahli mengatakan bahwa kombinasi yang seimbang antara diet, pemilihan perawatan kulit yang bagus, dan banyak latihan juga penting untuk meningkatkan penampilan kulit Anda.

 

Manfaat Air Putih untuk Cantik Alami Anda

manfaat ait putih

Ternyata manfaat air minum juga baik untuk kecantikan loh, ladies! Untuk mengetahui manfaat air putih apa saja yang bisa buat cantik alami wajah Anda terpancarkan, Skin.co.id memaparkan hanya untuk Anda:

1. Menghambat Penuaan Dini

Pastinya semua wanita yang ada di belahan dunia manapun akan takut jika terlihat kerut-kerut halus di wajahnya. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, jangan malas untuk merasakan manfaat air putih, ya. Karena manfaat air putih mampu menjaga elastisitas dan keleenturan secara alami pada kulit.

2. Mengurangi Jerawat

Bisa sebel berhari-hari kalau jerawat setia muncul di wajah. Eits, jangan buru marah-marah dulu deh. Anda bisa memeras buah lemon dan meminumnya dengan manfaat air putih hangat di pagi hari. Percaya deh kalau dilakukan secara rutin, pasti hasilnya jauh lebih memuaskan.

3. Buat Kulit Bercahaya

Bagaimana cara kulit bercaya dengan bahan yang murah? Solusinya hanya satu! Ya, dengan mengonsumsi rutin manfaat air putih. Karena apa, dengan rutin konsumsi manfaat air putih dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan semua racun lebih efisien dan membiarkan kulit Anda terlihat segar dan lebih glowing.

4. Jaga Kelembapan Kulit

Akhir-akhir ini sering merasa kulit Anda jadi kering? Mungkin Anda jarang minum air putih. Jangan salah lho, air putih bisa membantu melembabkan kulit Anda secara alami. Hal ini karena air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit Anda.

5. Memulihkan Kulit

Kalau Anda sering beraktivitas di luar ruangan, Anda pasti pernah mengalami sunburn atau kulit yang terbakar. Ternyata air putih juga bisa membantu proses pemulihan kulit yang terkena sunburn. Jangan lupa minum air putih yang banyak dan rutin, ya!

6. Menjaga Berat Badan

Manfaat air putih akan membuat Anda cenderung merasa kenyang dan secara otomatis mengurangi porsi makan. Coba untuk konsumsi manfaat air putih dua gelas air putih di pagi hari, maka porsi makan siang Anda akan jauh lebih sedikit daripada biasanya. Nah, ini yang akan membantu Anda dalam mengontrol berat badan.

 

Biar Nggak Bosen Rasakan Manfaat Air Putih, Begini Siasatinya

manfaat air putih

Anda pasti sudah tahu dengan jelas bahwa air putih berfungsi untuk mencegah dehidrasi, membuat kulit sehat dan tampak glowing, serta membantu memperlancar proses pencernaan. Untuk itu Anda perlu mengonsumsi setidaknya dua liter air setiap harinya. Bagi sebagian orang, minum air putih ternyata merupakan kebiasan yang berat dilakukan. Nah jika Anda termasuk salah satunya, cobalah lima trik ini agar kamu bersemangat untuk merasakan minum manfaat air putih dengan cukup:

1. Meminumnya dari Botol Kesayangan

Selain untuk mengukur berapa banyak air yang telah masuk ke tubuh Anda, minum menggunakan botol yang lucu atau berwarna-warni bisa menambah semangat Anda untuk minum. Bawa selalu botol minum di dalam tas Anda untuk beraktivitas sehari-hari.

2. Dibuat Infus Water juga Bisa!

Menambahkan buah-buahan ke dalam manfaat air putih juga bisa menjadi penyemangat Anda untuk minum, loh. Anda bisa menambahkan daun mint, irisan lemon, semangka, timun, atau stroberi. Selain memberi rasa pada air yang Anda minum, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lebih dari buah-buahan yang Anda gunakan.

3. Sudah Pernah Dijadikan Sebagai Appitezer?

Meminum segelas air sebelum makan bisa membuat Anda lebih mudah kenyang. Untuk itu, cobalah untuk menjadikannya sebagai appitezer agar porsi makan Anda berkurang. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah juga untuk melangsingkan tubuh, loh.

4. Coba Dibuat Games!

Coba buat permainan agar kegiatan minum Anda terasa menyenangkan. Anda bisa membuat game sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalnya dengan membuat kelompok untuk setiap gelas air yang masuk ke tubuh.

Dua gelas di pagi hari untuk memperlancar pencernaan, tiga gelas di siang hari untuk menjaga kesehatan kulit, dan tiga gelas di sore hari untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

5. Lebih Baik Dicatat

Anda bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk mencatat sudah berapa banyak air yang masuk ketubuh Anda. Aplikasi ini juga bisa memberikan peringatan atau alarm jika sudah waktunya bagi Anda untuk minum.

 

Awet Mudah dengan Terapi Manfaat Air Putih

manfaat air putih

Air merupakan unsur yang penting untuk fungsi efektif dari tubuh kita. Sekitar 50 sampai 70 % massa tubuh kita terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan  seluruh organ. Itu berarti air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh.

Salah satu manfaat minum air putih adalah untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kita tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital. Dermatologis asal Atlanta, Kenneth Ellner, MD mengatakan bahwa dehidrasi mengakibatkan kulit mengering dan berkerut, dan salah satu manfaat air putih adalah memperbaiki kerusakan itu.

Minum air putih juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh, sehingga tubuh bersih dan terbebas dari masalah kesehatan terkait.  Air juga diperlukan untuk memproses semua nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita makan, dan membawa nutrisi kepada seluruh sel-sel dengan beredar melalui sistem limfatik.

Untuk memanfaatkan sepenuhnya khasiat air putih ini, Anda dapat menerapkanya sebagai terapi air putih:

  • Terapi air putih tidak punya efek samping

Cara menerapkan terapi air putih sangat mudah dan tidak memiliki efek samping. Anda cukup menghabiskan air sebanyak 1,5 liter setiap bangun tidur, sebelum makan atau melakukan aktifitas apapun termasuk gosok gigi, kemudian Anda mandi. Tunggu selama 45 menit baru Anda dapat makan atau minum kembali.

  • Terapi air putih untuk perawatan kecantikan

Dengan mengonsumsi delapan gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan diyakini dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Terapi air putih ini akan membuat kulit tetap lembab.

  • Terapi air putih untuk kesehatan

Dengan mengonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Bagaimana itu bisa terjadi? Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, gizi makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.

Dengan menerapkan metode terapi air putih, tubuh akan bekerja maksimal dan sel-sel dalam tubuh tetap dapat beregenerasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *