Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Seiring bertambahnya usia, dapat dipastikan bahwa akan bertambah pula kebijaksanaan dan juga keriput wajah Anda. Keriput memang susah sekali untuk dihindari, namun Anda masih bisa mencegahnya mulai sekarang. Selain kurangnya perawatan wajah dan kulit untuk menangkal tanda penuaan ini, ada beberapa kebiasaan yang juga berperan terhadap munculnya keriput di wajah dan kulit Anda. Jika Anda selalu ingin terlihat awet muda, pastikan bahwa Anda juga menjauhi kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

  1. Mengunyah Permen Karet

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Kebiasaan mengunyah permen karet bisa menyebabkan keriput di wajah. Ahli dermatologi Joel Schlessinger, MD mengatakan bahwa formasi mulut saat mengunyah akan sangat mempengaruhi dan membuat sudut-sudut mulut dan otot di bagian rahang bawah mengendur dan turun. “Dan jika sudut-sudut mulut dan otot sudah terbentuk seperti itu maka akan sulit mengembalikan elastisitas kulit tersebut.” tambahnya.

  1. Menekan Wajah Di Atas Bantal

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Menekan wajah Anda atau tidur dengan posisi miring saat tidur di atas bantal bisa menyebabkan lipatan yang akhirnya bisa menyebabkan keriput di wajah yang permanen. Jeannette Graf, MD, asisten profesor klinis di Mount Sinai Medical Center juga menambahkan bahwa mengerutkan kening dalam tidur merupakan penyumbang terbesar untuk munculnya keriput di wajah.

  1. Merokok

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Ada banyak alasan untuk berhenti merokok , salah satunya agar kulit Anda lebih terlihat awet muda. Merokok membuat Anda terlihat lebih tua daripada umur Anda karena membatasi aliran darah ke kulit Anda, sehingga sel kulit sulit untuk mendapatkan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan agar tetap sehat dan mampu beregenerasi. Apalagi bahan kimia dalam asap rokok ternyata bisa memecah serat dan elastin kulit.Terus-menerus mengerucutkan bibir Anda saat merokok juga menciptakan garis-garis halus di sekitar mulut.

  1. Suka Makan Makanan Manis

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi makanan penutup yang manis juga berakibat buruk untuk ukuran pinggang Anda. Ternyata hal ini juga bisa merusak kulit. Molekul gula akan mengikat jaringan dengan proses yang disebut glikasi. Ketika proses tersebut terjadi, molekul baru yang berbahaya juga akan diciptakan dalam aliran darah Anda dan molekul tersebut akan merusak kolagen dan elastin.

  1. Mengabaikan Tabir Surya

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Rod Rohrich, MD, seorang profesor bedah plastik di UT Southwestern Medical Center mengatakan bahwa ada dua hal yang paling penting untuk mencegah keriput  di wajah atau penuaan dini yaitu menggunakan tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Karena banyaknya orang yang tidak bisa menghindari sinar matahari, maka disarankan untuk selalu mengolesi tabir surya tahan air dengan SPF 30 atau lebih seperti Jasmine 3D Waterful Sun Spray dari BRTC.

  1. Tidak Bisa Jauh Dari Smartphone Anda

skin.co.id Kebiasaan Yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda

Ponsel dan tablet mungkin sebagian bisa berkontribusi untuk lahirnya keriput di wajah dan di bawah dagu Anda. Pada saat menggunakannya, Anda akan memiringkan leher pada sudut yang tidak biasa terutama jika Anda mengobrol selama berjam-jam. Selain itu mata yang tegang saat menatap layar smartphone Anda juga berkontribusi terhadap terbentuknya keriput di daerah mata.  Temukan cara yang tepat untuk menyingkirkan keriput di mata Anda.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda juga perlu untuk menjaga asupan nutrisi kulit dengan melakukan terobosan perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *