Kesalahan Dalam Perawatan Kulit Sensitif

skin.co.id Kesalahan Dalam Perawatan Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang memang agak sulit dalam perawatannya. Beberapa produk tidak semuanya bisa cocok dan bekerja pada kulit jenis ini. Kesalahan dalam memilih produk atau perawatan bisa menyebabkan kulit sensitif Anda tampak kering, gatal, merah, atau bergelombang (karena memiliki benjolan-benjolan kecil).

Apakah Anda tahu bahwa lebih dari 20 persen orang dewasa memiliki kulit sensitif? Jika kulit Anda sensitif, Anda mungkin akan merasa gatal, terbakar, dan menyengat. Banyak orang dengan kulit sensitif juga memiliki kulit kering yang terasa sangat menyakitkan atau ketat. Orang dengan jenis kulit ini dapat dengan mudah bereaksi terhadap bahan-bahan dalam produk perawatan kulit serta perubahan iklim mendadak atau peningkatan kadar stres pribadi. Kebanyakan orang yang memiliki kulit sensitif menderita rosacea, psoriasis, atau eksim. Jerawat juga merupakan masalah umum di antara orang-orang yang sensitif terhadap bahan-bahan yang ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda perlu menyederhanakan rutinitas perawatan kulit Anda. Menggunakan produk berbahan keras dan bersifat abrasif akan menimbulkan kemerahan dan iritasi. Sebagai contoh, salah satu kesalahan umum dalam perawatan kulit sensitif adalah terlalu sering mencuci dan membersihkan wajah. Jika Anda memiliki jenis kulit seperti ini, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari akan membawa lebih banyak kerugian daripada manfaatnya untuk kulit.

Jika Anda ingin menghindari masalah kulit, Anda harus ekstra hati-hati terutama untuk kulit sensitif. Temukan beberapa kesalahan dalam perawatan kulit sensitif yang dapat mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda seperti berikut ini:

Menggunakan Pelembab Terlalu Banyak

Karena keringnya kulit sensitif, Anda pasti sering terpintas untuk menggunakan pelembab dengan tebal dan berulang-ulang. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut akan memperburuk kondisi kulit sensitif Anda? Menggunakan terlalu banyak pelembab akan menghambat produksi sebum alami dan kulit akan mengalami kecanduan terhadap produk.

Membersihkan Kulit Secara Berlebihan

Membersihkan wajah menggunakan produk keras dan melakukannya secara berlebihan akan dapat menimbulkan iritasi yang parah pada kulit sensitif. Cobalah untuk mencari dan memilih produk yang berbahan lembut salah satunya seperti pembersih yang menggunakan bahan melati. Dan cukuplah membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Mencoba Terlalu Banyak Produk Baru Sekaligus

Beberapa bahan menjengkelkan menciptakan beberapa masalah untuk jenis kulit sensitif, tetapi mungkin bahan tersebut bekerja dengan baik pada jenis kulit lainnya. Pilihlah produk perawatan kulit sensitif terbaik, dan jika sudah cocok Anda harus berhati-hati memperkenalkan produk baru yang lain. Jangan menggunakannya pada satu waktu. Anda harus menunggu sekitar 5 hari sampai seminggu untuk mencoba menggunakan produk baru, sehingga Anda dapat mengidentifikasi mana yang menyebabkan masalah dan berhenti menggunakannya.

Salah Memilih Produk Scrub atau Peeling

Sebenarnya menggunakan scrub atau peeling tidaklah mengapa, meskipun semua itu tergantung pada seberapa sensitif kulit Anda. Peeling yang paling mudah mengiritasi adalah peeling yang memiliki partikel besar. Semakin kecil partikel dalam scrub atau peeling, maka semakin sedikit iritasi yang terjadi pada kulit Anda.

Mengabaikan Keringnya Kulit

Keringnya kulit tidak hanya dimiliki oleh kulit kering. Kulit sensitif juga cenderung kering dan membutuhkan pelembab. Selain pelembab, Anda juga bisa menggunakan serum untuk menenangkan kulit sensitif.

Selain itu, ada beberapa bahan yang wajib Anda hindari jika memiliki kulit sensitif dan agar kulit Anda jauh dari rasa bakar dan kulit menyengat. Mengupas sebuah artikel dengan tip dari Dr. Baunmann, seorang dermatologi dari The American Academy of Dermatology, ada beberapa bahan di produk yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan menyengat meskipun masih dalam tingkat ringan. Dan Anda mungkin harus menghindari beberapa bahan berikut ini:

  • Asam laktat
  • AHA
  • Vitamin C
  • Glycolic Acid
  • Asam Benzoat
  • Asam Azaelic

Kulit sensitif juga tidak terlepas dari masalah jerawat. Pada tahun 2007, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa minyak atau gel dari grean tea atau teh sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Anda juga bisa mencoba masker yang mengandung teh hijau.

Para ahli dermatologi juga akan memberikan banyak saran yang berbeda-beda terhadap setiap orang. Oleh karena itu, iringi perawatan kulit sensitif Anda dengan juga memperhatikan makanan dan pola hidup yang sehat. Kenali semua kesalahan dalam perawatan kulit sensitif dan temukan cara terbaik untuk mengendalikannya dengan memperluas pengetahuan Anda tentang informasi berbagai perawatan kulit.

BACA JUGA: Cara Merawat Wajah Yang Sensitif 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *