Kesalahan Saat Memakai Tabir Surya

skin.co.id Kesalahan Saat Memakai Tabir Surya

Tabir surya adalah alat penting dalam memerangi kanker kulit. Penangkal sinar UV ini mampu membantu menjaga kulit Anda agar aman dari sinar matahari berbahaya. Selain untuk membantu mengurangi risiko kanker kulit, tabir surya juga membantu mencegah keriput, bintik-bintik gelap, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Beberapa orang cukup proaktif untuk menggunakan tabir surya sebelum berjemur di pantai. Meskipun ini tentu menjadi langkah pertama yang bagus untuk menjaga kulit yang sehat, tapi hal ini tidak cukup baik bagi Anda. Hanya membutuhkan waktu lima belas menit di bawah sinar matahari untuk meningkatkan potensi kerusakan kulit yang serius.

Tabir surya berisi campuran bahan-bahan organik dan anorganik yang digabungkan untuk dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap sinar UV yang berbahaya. Bahan seperti oxybenzone menyerap sinar UV sebelum menghilang sebagai panas. Sedangkan bahan anorganik seperti zinc oxide akan memantulkan sinar tersebut dari kulit dan mencegahnya untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Untuk jangka pendek, tabir surya berfungsi untuk menjaga kulit Anda agar jauh dari iritasi dan terbakar. Selain itu, untuk jangka panjang tabir surya mampu mencegah masalah keriput dan kanker kulit.

Namun, di sisi lain banyak orang yang memakai tabir surya ini tidak merasakan manfaat yang maksimal. Hal ini sering terjadi karena bukan produk tabir surya yang kurang berkualitas, akan tetapi karena ada beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat memakainya. Ingin tahu kesalahan apa saja yang mungkin kerap Anda lakukan saat memakai tabir surya? Simak selengkapnya berikut ini:

Anda Melupakan Beberapa Area

Bagian telinga, leher bagian belakang, kelopak mata, bibir, dan bagian atas kaki merupakan bagian yang sering Anda lupakan saat Anda mengoleskan tabir surya. Bagian kepala menjadi bagian yang paling berpotensi untuk terkena kanker kulit. Banyak sekali area kulit Anda yang cenderung dilupakan padahal bagian tersebut penting untuk dilindungi. Daerah kaki yang paling sering terlewatkan adalah jari-jari kaki termasuk bagian bawah kaki. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya di bagian lekukan tubuh atau bagian yang sudah disebutkan di atas agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.

skin.co.id Kesalahan Saat Memakai Tabir Surya

Anda Menggunakan Tabir Surya Dalam Jumlah Yang Sedikit

Anda mungkin sering kali menggunakan sedikit tabir surya atau bermaksud hemat dengan produk tersebut. Anda sering berpikir bahwa hanya dengan mengoleskan sedikit tabir surya, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat maksimal. Padahal fakta membuktikan bahwa penggunaan tabir surya yang sedikit tidak menjamin kulit Anda tidak akan terbakar. Gunakanlah produk yang satu ini dengan jumlah yang sesuai.

Anda Menggunakan Tabir Surya Tubuh Untuk Bagian Wajah

Perlu Anda ketahui bahwa ada perbedaan antara tabir surya untuk tubuh dan tabir surya untuk wajah. Kulit wajah lebih sensitif terhadap iritasi daripada kulit tubuh sehingga tabir surya khusus wajah telah diformulasikan untuk tidak menyebabkan iritasi dan tidak memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, gunakan tabir surya khusus tubuh dan wajah serta hindari penggunaan tabir surya yang mengandung alkohol.

Anda Seringkali Lupa Untuk Mengoleskan Kembali

Mengoleskan tabir surya hanya sekali belumlah cukup. Anda perlu mengoleskan ulang karena pastinya Anda pernah berkeringat, berenang, atau melakukan aktivitas lainnya setelah dua jam lebih setelah menggunakan tabir surya. Oleh karena itu, Anda perlu mengoleskan kembali tabir surya.

Anda Memilih SPF Yang Salah

SPF yang Anda pilih sebenarnya mengacu pada seberapa banyak sinar UVB yang ingin Anda lawan atau seberapa banyak sinar yang menyebabkan kulit Anda terbakar. Sebuah tabir surya dengan kadar SPF 100% tidak akan menghambat sinar UV hingga 100 persen melainkan hanya sekitar 98 persen saja. Sedangkan lotion dengan SPF 30 ke atas akan melindungi kulit Anda hingga 95 persen dari sinar UV. Tidak ada tabir surya yang menawarkan perlindungan penuh. Oleh karena itu, pilihlah tabir surya dengan spektrum luas yang menangkal kedua jenis sinar matahari.

Tabir Surya Terbaik Untuk Kulit Tubuh Anda!

Jasmine 3D waterful sun spray
  • Tidak lengket & tidak berminyak di kulit
  • Pengangkal UV yang kuat
  • Menyejukkan & mendinginkan kulit
  • Tahan air dan keringat
  • Cocok untuk kulit sensitif

Dapatkan tabir surya bebas pewangi dan PABA ini sekarang juga! BELI DI SINI!

Anda Hanya Memakai Tabir Surya Saat Di Luar Ruangan Saja
Meskipun Anda berada di luar ruangan, akan tetapi sinar matahari masih bisa untuk menyentuh kulit Anda. Oleh karena hal itu, masih penting untuk melindungi diri sendiri meskipun Anda berada dalam ruangan dan tidak menghabiskan jam di luar. Dan saat Anda mengendarai mobil atau kendaraan lain, Anda wajib menggunakan tabir surya karena sinar UV matahari mampu menembus kaca.

Anda Memakai Tabir Surya Saat Memakai Baju

Kanker kulit bisa menyerang di mana saja, jadi hal terbaik untuk menerapkan tabir surya adalah ketika Anda telanjang bulat. Jika Anda sedang memakai pakaian, Anda cenderung untuk mengoleskannya di daerah yang terlihat saja.

Tips Belanja Tabir Surya

Untuk menghindari beberapa kesalahan tersebut, kami memberikan beberapa tips cara berbelanja tabir surya. Label SPF pada kemasan tabir surya adalah singkatan dari sun protection factor. SPF adalah sebuah ukuran yang dapat diandalkan untuk mendapatkan khasiat dalam tabir surya tersebut. Sebuah tabir surya dengan SPF yang tinggi lebih mampu melindungi kulit dari sinar UV-B daripada tabir surya dengan SPF yang rendah. Secara umum, dermatologists merekomendasikan untuk memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.
Namun, SPF bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tabir surya. Pertimbangkan pula tentang seberapa lama tabir surya tersebut akan bertahan pada kulit Anda. Jika Anda berenang atau berpartisipasi dalam kegiatan yang menyebabkan berkeringat berat, Anda akan perlu atau sering mengoleskan kembali tabir surya tersebut. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan perlindungan lanjutan untuk menghalangi sinar UV.

skin.co.id Kesalahan Saat Memakai Tabir Surya

Selain Anda bisa membeli produk tabir surya yang praktis, Anda bisa membuat tabir surya sendiri di rumah. Bagaimana cara membuatnya? Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Minyak almond dengan SPF 5
  • Minyak kelapa dengan SPF 4-6
  • Zinc Oxide dengan SPF 2-20 tergantung pada seberapa banyak digunakan
  • Minyak Biji Raspberry Merah dengan SPF 25-50
  • Minyak Wortel dengan SPF 35-40
  • Shea Butter dengan SPF 4-6

Siapkan beberapa bahan tersebut dengan takaran berikut ini:

  • ½ cangkiralmondatau minyak zaitun
  • ¼ cangkir minyak kelapa (SPF 4)
    ¼ cangkir madu
  • 2 sendok Zinc Oxide (Hati-hati untuk tidak menghirup bubuknya).

Cara Pembuatan:

  1. Campurkan semua bahan kecuali Zinc Oxide di dalam sebuah wadah.
  2. Isi panci sedang dengan air dan masak dia atas api sedang.
  3. Letakkan wadah tadi di dalam panic dengan penutup yang sedikit terbuka.
  4. Setelah panas, bahan dalam wadah akan mulai mencair. Kocok sesekali agar tercampur dengan rata.
  5. Ketika semua bahan sudah meleleh, tambahkan seng oksida atau zinx oxide, aduk dengan baik dan tuangkan ke dalam botol atau kaleng apa pun yang Anda akan gunakan untuk
  6. Aduk beberapa kali hingga dingin saat zinc oxide dimasukkan.
  7. Tabir surya ini akan tahan hingga enam bulan saja.

Catatan tambahan:

  • Tabir surya ini tidak sepenuhnya tahan air dan perlu diterapkan kembali setelah berkeringat atau berenang
  • Resep ini memiliki SPF sekitar 15
  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering atau di lemari es

Nah, sudah tahu kan bagaimana agar tabir surya yang Anda pakai dapat bekerja secara maksimal? Hindari kesalahan saat memakai tabir surya dan dapatkan kulit yang sehat selalu. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Mengapa Kulit Berjerawat Butuh Tabir Surya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *