Ketahui Penyebab & Cara Mencegah Penuaan Dini

Penuaan memang sebuah proses yang tidak bisa kita tolak datangnya. Namun, bagaimana jika kita mengalami penuaan dini? Bagaimana cara mencegah penuaan dini itu? Mari kita ketahui proses penuaan lebih dahulu.

Skin-co-id-Cara-Mencegah-Penuaan-Dini

Pada dasarnya, ada 4 proses yang terjadi dalam tubuh kita secara alami, yang akhirnya menyebabkan penuaan dari dalam, mulai dari sel, jaringan, hingga organ tubuh kita. Keempat proses itu antara lain:

  1. Oksidasi, adalah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mempengaruhi penampilan kulit hingga kondisi otak kita.
  2. Inflamasi, atau peradangan, adalah awal mula terjadinya berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, Alzheimer, obesitas, diabetes, dan kanker.
  3. Stres, yang menyebabkan dilepasakannya berbagai hormon yang dapat mempengaruhi otak, termasuk daya ingat dan daya pikir.
  4. Gula, merupakan penyebab tubuh mengeluarkan insulin lebih banyak, sehingga memicu penimbunan lemak lebih banyak juga, yang berujung pada penuaan sel-sel tubuh.

Nah, jika keseimbangan proses penuaan ini terganggu, maka dapat timbul penuaan dini atau dengan kata lain proses-proses di atas akan terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Untungnya, ada banyak cara mencegah penuaan dini dan menekan kerusakan sel dan jaringan kulit kita. Apa saja itu?

Berolahraga Teratur

Olahraga akan membuat peredaran kita menjadi lancar, sehingga pasokan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh, termasuk kulit, pun akan lancar. Hasilnya, kulit akan menjadi sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Konsumsi Makanan Sehat

Tak bisa dipungkiri bahwa istilah “You Are What You Eat” itu memang benar, termasuk saat berhadapan dengan penuaan dini. Jika kita banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, maka proses oksidasi dan inflamasi akan meningkat, yang akhirnya memicu penuaan dini.

Tidur Cukup

Salah satu rahasia kecantikan dan kesehatan kulit adalah istirahat cukup. Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dan pertumbuhan sel, termasuk sel kulit kita. Nah, apa jadinya kalau kita kurang istirahat? Tentu saja proses penuaan dini rentan terjadi, karena sel-sel yang rusak tidak diperbaiki dengan optimal.

Kurangi Stres

Stres adalah pemicu terbentuknya radikal bebas penyebab oksidasi dan kerusakan sel dan jaringan. Semakin tinggi tingkat stres kita, maka makin banyak pula radikal bebas terbentuk dan kerusakan sel pun makin bertambah. Alhasil, penuaan dini akan terjadi.

Saatnya kita mencegah penuaan dini mulai dari sekarang. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *