Cara Mengatasi Kulit Bersisik

skin.co.id kulit bersisik

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa kulit Anda kadang terlihat bersisik. Hal ini tentunya kadanag mengharuskan Anda untuk pergi ke dokter dan mengobatinya. Ada tiga penyebab yang umumnya bisa membuat kulit Anda bersisik, yaitu psoriasis, infeksi jamur, dan pitiriasis rosea. Namun belum tentu kulit bersisik Anda disebabkan oleh hal tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter kulit.

Kulit bersisik adalah gejala yang umum dari kulit kering dan dapat muncul di bagian manapun pada tubuh Anda. Iritasi, peradangan dan gatal-gatal bisa meningkatkan laju pergantian sel kulit sehingga menyebabkan munculnya kulit bersisik. Sementara kulit bersisik dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, kulit bersisik sebagian besar akan hasil dari proses alam atau lingkungan, seperti penuaan atau lingkungan yang kering.

Kondisi kulit ini sering membuat Anda tidak percaya diri bukan? Siapapun tidak mau memiliki kulit bersisik. Apalagi jika di bagian wajah. Bagaimanapun caranya, kita harus menjaga kulit agar terhindar dari kondisi ini. Nah, jika Anda memiliki kondisi kulit bersisik seperti ini, apakah yang harus Anda lakukan? yang pertama Anda lakukan adalah mengenali penyebab munculnya kondisi kulit ini.

Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyebab yang paling umum. Psoriasis memiliki bercak dan permukaannya biasanya ditutupi dengan sisik berukuran kecil. Psoriasis sering terjadi pada kulit di bagian siku, lutut, dan pada kulit kepala. Penyebab yang satu ini biasanya akan terasa gatal. Banyak orang yang menderita psoriasis melihat bahwa permukaan kuku mereka memiliki lubang-lubang kecil.

Psoriasis dapat menimpa semua orang dalam segala usia. Namun hal ini lebih banyak menyerang para perokok. Beberapa obat-obatan seperti lithium (untuk gangguan bipolar) dan beta-blocker (untuk mengobati tekanan darah) dapat membuat kondisi ini menjadi lebih buruk. Ada banyak perawatan yang berbeda untuk mengobati psoriasis. Jika kondisi psoriasis belum terlalu parah, dokter mungkin akan meresepkan krim steroid.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur adalah penyebab umum lain dari munculnya kulit bersisik. Infeksi ini akan membesar secara bertahap dan tampaknya semakin jelas. Infeksi jamur ini bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan. Beberapa infeksi jamur ini juga dapat menyebabkan infeksi kuku.

Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea adalah penyebab paling umum ketiga dari munculnya kulit bersisik. Beberapa anak-anak dan para remaja merupakan orang yang paling sering terpengaruh. Namun, kondisi berbahaya ini bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Penyebab ini biasanya menyerang pada kulit leher, dan setiap bercaknya memiliki permukaan bersisik halus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kulit bersisik bisa Anda singkirkan dengan beberapa cara sederhana. Cara-cara sederhana tersebut di antaranya adalah:

Moisturizing

Pelembab dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit jadi bersisik. Mereka dirancang untuk menahan air di kulit dan memberikan penghalang sementara. Pilih pelembab yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Setiap jenis kulit membutuhkan jenis pelembab yang berbeda, apakah itu normal, kering, berminyak atau kombinasi keduanya. Coba berbagai merek atau jenis pelembab untuk mengetahui apa yang terbaik untuk Anda dalam mencegah kulit bersisik. Terapkan secara teratur setiap hari, Anda akan merasakan perubahan pada kulit. Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah, mandi serta gunakan pelembab sebelum tidur dan sebelum pergi ke luar.

Peeling Terbaik Untuk Kulit Kering Anda

  • Hipoalergenik peeling
  • Melembabkan kulit
  • Mendorong pergantian sel-sel kulit
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Tidak menimbulkan iritasi

Ubah kulit kering Anda menjadi lebih lembab dan sehat sekarang juga!BELI DI SINI!

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa. Ketika diserap ke dalam kulit dan jaringan ikat Anda, minyak kelapa akan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan membantu untuk menjaga jaringan ikat Anda tetap kuat dan lentur. Hal ini juga membantu mengelupasi lapisan luar sel kulit mati, membuat kulit Anda lebih halus.

Fisiologi dan biokimia Ray Gambut, Ph.D. menganggap minyak kelapa merupakan antioksidan karena stabilitas dan ketahanan terhadap oksidasi dan pembentukan radikal bebas. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Sekitar 50% dari lemak dalam minyak kelapa adalah asam laurat yang memiliki anti-virus, anti-bakteri dan anti-protozoa. Karena itulah, minyak kelapa bisa menjadi salah satu bahan yang paling berguna untuk melembabkan kulit.

Minum Banyak Air dan Makan Yang Sehat

Minum banyak air untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dari dalam. Bila Anda tidak minum cukup air, tubuh akan mengambil cadangan cairan yang diperlukan untuk kelembaban sehingga kulit akan mengering. Program diet seimbang dengan buah-buahan dan sayuran juga berpengaruh. Tambahkan ikan dalam diet Anda dan membatasi asupan lemak jenuh seperti pada junk food. Makanlah asupan makanan yang kaya vitamin seperti vitamin A, B, C, E dan K yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin ini dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari matahari, melawan radikal bebas, memperbaiki dan membangun sel-sel kulit.

Sebenarnya pencegahan terhadap kulit bersisik dapat kita temukan sehari-hari dengan sangat mudah. Jika Anda cukup rajin dan peduli dengan hal ini, tentu saja kulit akan selalu sehat. (ich)

BACA JUGA: Nutrisi Penting Untuk Kulit Sehat & Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *