Kulit Adalah Jendela Kesehatan Anda

skin.co.id kulit adalah jendela kesehatan tubuh Anda

Jika kita mengibaratkan tubuh seseorang seperti sebuah buku, maka kulit adalah sampulnya. Dengan memeriksa judul, melihat dari cover gambar, dan membaca sinopsis, mungkin Anda bisa tahu apa isi dalam buku tersebut. Maka dapat dikatakan bahwa sebenarnya dengan melihat kondisi kulit, kita juga akan bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini kondisi kulit yang bisa membantu Anda mendeteksi keadaan tubuh Anda.

  • Ruam

Munculnya ruam sering membantu dalam mengidentifikasi datangnya sebuah penyakit. Contohnya seperti munculnya ruam di pipi bisa diindikasikan bahwa Anda mungkin sedang terkena rosacea, eborrheic dermatitis, contact dermatitis, dan lupus erythematosus.

  • Plak Hitam

Munculnya plak hitam bukan disebabkan karena adanya pigmentasi pada melanin, akan tetapi hal ini lebih disebabkan karena lapisan epidermis kulit mulai menebal. Bagi kaum muda, munculnya plak ini bisa menjadi tanda bahwa diabetes siap mengintai Anda. Dan bagi orang tua yang sedang sakit, plak ini bisa menjadi tanda bahwa ada ‘penyakit dalam’ tertentu yang bertambah buruk.

  • Gatal Dan Benjolan Pada Pergelangan Tangan

Apabila Anda merasakan gatal diiringi dengan munculnya benjolan (biasanya berwarna keungu-unguan) biasanya akan mempengaruhi kulit dan selaput lendir. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi, tetapi hal ini sering menyerang orang yang terlihat sehat. Kondisi kulit ini juga bisa menjadi tanda dari gejala hepatitis C.

  • Penebalan Di Kulit Tangan dan Kaki

Penebalan khas yang terjadi di lengan dan kaki adalah ciri khas dari orang yang menderita gagal ginjal yang disebabkan karena peningkatan konsumsi gadolinium klorida. Kulit pada lengan dan kaki biasanya akan terasa mengeras seperti kayu.

  • Kulit Kekuning-kuningan

Memiliki kulit dengan warna agak kekuning-kuningan bisa saja disebabkan karena Anda salah menggunakan lotion atau krim kulit. Maka dari itu pilihalah lotion atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun, hal ini ternyata juga bisa mengindikasi bahwa orang tersebut terserang gejala atau menderita sakit liver.

Demikian beberapa kondisi kulit yang mungkin bisa mengidentifikasi kondisi dalam tubuh Anda. Akan tetapi tidak semua kondisi kulit menyeramkan. Beberapa kondisi tersebut bisa kita obati dan cegah dengan pola hidup yang sehat, dan memberikan nutrisi serta vitamin yang cukup untuk kulit. Dan selain itu jangan lupa untuk melakukan serangkaian perawatan kulit alami agar kulit Anda terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Kulit Lebih Bercahaya Dengan Jus Buah Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *