Kulit Cantik Alami dengan Pola Makan Sehat

cantik alami

Jika kita mengibaratkan tubuh seseorang seperti sebuah buku, maka kulit adalah sampulnya. Dengan memeriksa judul, melihat dari cover gambar, dan membaca sinopsis, mungkin Anda bisa tahu apa isi dalam buku tersebut. Maka dapat dikatakan bahwa sebenarnya dengan melihat kondisi kulit, kita juga akan bisa mengetahui kondisi kulit cantik alami Anda. Apakah mendapatkan kulit cantik alami itu termasuk hal yang imposibble?

cantik alami

Selain dengan menerapkan rutinitas perawatan kulit setiap harinya, memiliki kulit sehat dan cantik alami setiap saat bisa didapatkan dengan menjaga pola makan Anda. Lantas, pola makan seperti apa perlu Anda terapkan?

Pilih Low GI Carbs

Maksudnya adalah memilih karbohidrat dengan jenis yang rendah indeks glikemik-nya. Contohnya seperti oats, beras merah, singkong, kacang-kacangan, dan lain-lain. Kurangi makanan dan minuman yang tinggi GI (glycemic index) seperti softdrinks, kue manis, dan lainnya. Makanan tinggi GI ini merangsang peningkatan produksi insulin, ini dapat mempercepat proses pembentukan keriput.

Tingkatkan Konsumsi Lemak Essensial

Tubuh kita tidak bisa memproduksi lemak essensial seperti omega-3 dan 6, sedangkan tubuh kita sangat membutuhkannya. Selain bagus untuk kesehatan juga baik untuk menjaga kulit cantik alami Anda. Nutrisi ini banyak dikandung pada ikan laut seperti salmon, tuna, sardine, kacang-kacangan, biji-bijian, telur organic, dan lain-lain.

Pilih Sayur & Buah Tinggi Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi kulit cantik alami Anda dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Radikal bebas ini banyak ditemukan pada asap kendaraan bermotor, rokok, dan sinar UV. Sering terpapar radikal bebas dapat merusak kulit cantik alami Anda, mempercepat penuaan kulit, dan merusak kolagen. Anda bisa menemukan makanan sumber antioksidan pada sayur dan buah-buahan seperti blueberry, strawberry, brokoli, wortel, bayam merah, dan sebagainya.

*Note: Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan Anda setiap hari dengan minum air mineral kurang lebih 6-8 gelas sehari.

 

Miliki Kulit Cantik Alami yang Tahan Lama. Begini Caranya…

cantik alami

Seperti pepatah lama mengatakan bahwa Anda adalah apa yang Anda makan. Jika Anda sering mendapati masalah kulit seperti keriput, jerawat, kulit kering, dan bahkan bersisik mungkin pepatah ini benar. Tubuh kita memiliki gangguan dan masalah pada kulit karena berbagai faktor seperti racun, ketidakseimbangan mineral, stres, dan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Makanan yang sehari-hari kita konsumsi mengandung nutrisi yang tentunya dapat membasmi masalah kulit. Untuk mendapatkan kulit cantik alami dan mulus, Anda tidak hanya butuh perawatan luar akan tetapi Anda juga membutuhkan nutrisi terbaik dari dalam tubuh.

Kulit Kering

Kulit kering sering datang tanpa kita sadari karena cuaca atau suhu yang sangatlah dingin dan berangin. Seorang ahli gizi dan pendiri NAO Nutrition di New York menyarankan agar kita mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun,dan minyak kelapa. Semua makanan tersebut mampu menambah kelembaban kulit cantik alami Anda agar berkilau dari dalam dan luar. Selain itu, makanan ini juga dapat menambah hidrasi kulit dengan menerapkannya sebagai masker wajah.

BACA JUGA: Tip Memilih Jenis Masker Wajah Sesuai Masalah Kulit

Peradangan Pada Kulit

Kemerahan samar yang nampak pada kulit cantik alami Anda merupakan salah satu indikasi bahwa telah terjadi peradangan pada kulit. Ketika Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu panik. Segeralah mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon dan bayam. Omega-3 memiliki sifat anti inflamasi yang kuat dan telah dikenal dapat menenangkan kemerahan dan bengkak karena masalah kulit seperti eksim, rosasea, dan dermatitis.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga kulit cantik alami Anda tetap bersinar, Anda bisa mengonsumsi setidaknya dua dari makanan yang mengandung omega-3 setiap harinya.

Kantung Pada Kulit

Apakah Anda sering tidur larut malam? Jika iya, tentunya kelelahan Anda tersebut akan menimbulkan kantung pada kulit. Munculnya kantung pada kulit dapat dikaitkan dengan retensi air atau gangguan pencernaan. Selain menggunakan perawatan kulit luar yang alami, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang membantu pencernaan seperti asparagus, wortel, dan mentimun.

BACA JUGA: Kenali Dan Temukan Penyebab Kantung Mata

Kulit Kusam

Tanpa Anda sadari, selama musim penghujan yang dingin dan berangin Anda telah kehilangan kilau cahaya kulit cantik alami yang Anda miliki. Munculnya kulit kusam dipengaruhi oleh banyak faktor seperti sinar matahari dan berbagai polusi. Untuk mendapatkan kilau cantik alami wajah dan kulit Anda, Anda memerlukan asupan makanan yang tinggi akan vitamin C. Vitamin C dikenal dapat memudarkan bintik-bintik akibat sinar matahari, mengurangi kerusakan kulit akibat polusi. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk, paprika merah dan hijau, stroberi, lemon, ataupun brokoli.

Kulit Berjerawat

Jerawat adalah salah satu jerawat yang paling umum dan menjengkelkan. Anda bisa meminimalkan masalah kulit yang satu ini dengan meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan salah satu mineral yang paling penting untuk kesehatan kulit dan penderita jerawat. Zat besi mampu mengontrol produksi minyak dan hormon pencipta jerawat. Anda bisa mengonsumsi biji labu, telur, dan kemiri yang kaya akan zat besi untuk mengatasi masalah kulit ini.

BACA JUGA: 5 Benda Tak Terduga Penyebab Jerawat

Keriput

Anda tentunya ingin memiliki kulit yang terlihat awet muda. Anda tidak bisa menyalahkan usia atau waktu yang datang bersama tanda-tanda penuaan. Anda bisa melawan keriput dan garis-garis halus dengan makanan seperti minyak kelapa, bawang, mangga, dan seledri. Makanan-makanan tersebut akan membantu memperkuat dan membangun kembali jaringan ikat pada kulit yang dapat menyebabkan keriput ketika rusak.

Makanan bervitamin E juga akan membantu menunda penuaan kulit karena merupakan antioksidan yang larut dalam lemak yang mempercepat regenerasi sel, yang membuat kulit cantik alami Anda terlihat lebih muda. Tomat, biji bunga matahari, dan almond dapat Anda konsumsi untuk mencegah

 

Cantik Alami dengan Terapi Air Putih

cantik alami

Air merupakan unsur yang penting untuk fungsi efektif dari tubuh kita. Sekitar 50 sampai 70 % massa tubuh kita terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan  seluruh organ. Itu berarti air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh.

Salah satu manfaat minum air putih adalah untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kita tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital. Dermatologis asal Atlanta, Kenneth Ellner, MD mengatakan bahwa dehidrasi mengakibatkan kulit mengering dan berkerut, dan salah satu manfaat air putih adalah memperbaiki kerusakan itu.

Minum air putih juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh, sehingga tubuh bersih dan terbebas dari masalah kesehatan terkait.  Air juga diperlukan untuk memproses semua nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita makan, dan membawa nutrisi kepada seluruh sel-sel dengan beredar melalui sistem limfatik.

Kandungan Air Putih

Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh. Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh. Dengan banyaknya manfaat air putih untuk menyembuhkan, Anda bisa menggunakannya sebagai terapi air putih.

Menurut Departemen Kesehatan (Depkes) , air putih yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Tidak berasa
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya
  • Tidak mengandung logam berat.
  • Kandungan yang terdapat dalam air putih yaitu unsur H2O. Selain itu ada unsur kimia Ferrum, Merkuri, Alumunium.

Cara Menerapkan Terapi Air Putih

Untuk memanfaatkan sepenuhnya khasiat air putih ini, Anda dapat menerapkanya sebagai terapi air putih:

1. Terapi Air Putih Tidak Punya Efek Samping

Cara menerapkan terapi air putih sangat mudah dan tidak memiliki efek samping. Anda cukup menghabiskan air sebanyak 1,5 liter setiap bangun tidur, sebelum makan atau melakukan aktifitas apapun termasuk gosok gigi, kemudian Anda mandi. Tunggu selama 45 menit baru Anda dapat makan atau minum kembali.

2. Terapi Air Putih untuk Perawatan Kecantikan

Dengan mengonsumsi delapan gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan diyakini dapat membuat kulit cantik alami dan wajah semakin terlihat. Karena terapi air putih ini akan membuat kulit tetap lembab.

Terapi Air Putih untuk Kesehatan

Dengan mengonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Bagaimana itu bisa terjadi? Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, gizi makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.

Dengan menerapkan metode terapi air putih, tubuh akan bekerja maksimal dan sel-sel dalam tubuh tetap dapat beregenerasi dengan baik.

 

Pola Makan untuk Kulit Berjerawat

cantik alami

Ladies, faktanya apapun yang Anda makan dan minum secara teratur yang sangat mempengaruhi kecerahan kulit canti alami Anda. Beberapa krim kulit dan produk perawatan kulit dapat membantu merawat kulit cantik alami Anda. Akan tetapi jika Anda memiliki jerawat dewasa, Anda harus memberikan perhatian lebih.

Acne vulgaris adalah salah satu jenis jerawat yang umum diderita, terutama pada wanita. Apakah makanan, gaya hidup, atau mungkin keduanya bisa mempengaruhi munculnya jerawat ini? Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh mindbodygreen.com makanan dan pola hidup sangat mempengaruhi beberapa masalah kulit. Masalah tersebut dapat diatasi dengan pola makan untuk dapatkan kulit berjerawat berikut ini:

Makanlah Makanan Diet dengan Glikemik Rendah

Diet dengan rendah glikemik telah terbukti memiliki hubungan terbalik yang kuat dengan munculnya jerawat. Para peneliti telah menemukan bahwa diet rendah glikemik dapat membantu mengurangi hormon jerawat yang meningkat dalam darah dan mengurangi produksi minyak pada kulit.

Kurangi Konsumsi Susu Sapi

Studi menemukan adanya hubungan antara peningkatan konsumsi susu sapi dengan peningkatan munculnya jerawat. Sebaliknya, banyak sekali produk fermentasi susu yang terbukti mengurangi iritasi dan peradangan akibat jerawat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menikmati produk susu organik yang difermentasikan seperti yoghurt sebagai gantinya.

Perbanyaklah Makan Makanan yang Kaya Zinc

Pola makan untuk kulit berjerawat bisa Anda dapatkan melalui zinc. Zinc merupakan mineral yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Zinc juga sangat penting bagi kesehatan kulit dan terbukti mampu meringankan gejala timbulnya jerawat. Selain ditemukan pada daging dan kerang tiram, zinc juga bisa Anda nikmati dalam biji wijen dan juga labu.

Makan Makanan yang Kaya Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan regenerasi sel yang optimal yang dapat sangat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Vitamin ini juga memainkan peran penting sebagai antioksidan, yang menawarkan aktivitas anti radang yang dapat membantu menyembuhkan peradangan dan menjaga keseimbangan kulit. Beta-karoten adalah pigmen vitamin A yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, sedangkan asam retinoat ditemukan dalam daging hewan. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dengan makan buah berwarna oranye, kuning dan sayuran hijau, serta daging hewan.

Jaga Microbiome dalam Usus Anda

Anda perlu memelihara flora usus Anda, microbiome untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Probiotik dapat membantu menjaga microbiome Anda tetap sehat, yang secara tidak langsung dapat menjaga kulit Anda tetap sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya prebiotik seperti biji rami dan gandum yang menjadi sumber energi bagi bakteri baik.

Dengan menjaga mengikuti tips pola makan untuk kulit berjerawat  tersebut, Anda akan membantu kulit cantik alami Anda sehat dari dalam. Tambahkan perawatan alami untuk merawat kulit berjerawat Anda dari luar. Bukankah mendapat kulit cantik alami itu mudah?

Teruslah menjadi cantik, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *