Kulit Tangan Terlihat Lebih Tua? Atasi dengan Cara Berikut Ini

Kulit tangan bisa seperti bicara mengungkapkan usia Anda. Bintik-bintik akibat sinar matahari dan urat yang terlihat biasanya muncul ketika seseorang berumur 60 tahun, tetapi bisa saja hal tersebut sudah muncul ketika Anda baru berumur 40 tahun. Lalu, apa yang membuat kulit tangan Anda terlihat lebih tua dari yang seharusnya?

Skin.co.id

Mungkin Anda kurang memanjakan dan merawat bagian tangan dibandingkan dengan daerah wajah. Berikut ini adalah beberapa masalah yang membuat kulit tangan Anda terlihat lebih tua dari yang seharusnya dan bagaimana cara mengatasinya. Dari kulit kering sampai kusam, beberapa solusi berikut akan menjaga tangan Anda tampak indah.

Kulit Tipis dan Keriput

“Sinar matahari dapat memecah kolagen yang membuat kulit kenyal dan kencang,” menurut Mary Lupo, MD, seorang dermatolog dari New Orleans. Bantalan lemak seperti sudah menipis, sehingga tulang tangan mulai terlihat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah bahan retinoid, asam alpha hydroxy, dan peptida, dapat membangun kolagen dan menebalkan kulit dari waktu ke waktu. Anda tidak perlu krim tangan khusus. Jika Anda menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan tersebut untuk perawatan wajah, Anda juga bisa menerapkannya ke bagian tangan.

Cara lain yang juga membantu adalah melakukan peeling pada bagian tangan yang bisa Anda lakukan setiap minggunya di rumah. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan sel-sel mati sehingga kulit tangan menjadi  lebih halus. Anda juga bisa melakukan perawatan dengan peralatan microdermabrasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Hal tersebut untuk memoles secara lembut permukaan kulit. Meskipun tidak bekerja seperti perawatan kulit profesional di dokter atau klinik kecantikan, hal tersebut dapat meningkatkan ketebalan kulit tangan Anda.

Urat yang Terlihat Menonjol

Menurut Lee Schulman, MD, seorang phlebologist, ia mengatakan bahwa urat yang biasanya tidak akan terlihat di bawah kulit yang gemuk, urat tersebut menjadi menonjol karena kehilangan kolagen dan lemak.

Pelembab yang membangun kolagen dapat membantu kulit menjadi gemuk, sehingga urat tidak terlalu terlihat menonjol. Selain itu, untuk meminimalkan warna yang kontras antara kulit dan urat yang berwarna ungu, Anda bisa menggunakan concealer (penyamar noda) atau dengan tanning yang bisa Anda lakukan sendiri.

Cara yang lain adalah dengan perhiasan dan manicure. Orang beranggapan wanita terlihat lebih muda ketika tangan dihiasi dengan cat kuku dan menggunakan cincin. Jaga kuku tetap pendek dengan panjang sekitar ⅛ inci.

Bintik-bintik Karena Sinar Matahari

Paparan sinar Ultraviolet (UV) mengakibatkan kerusakan sel penghasil pigmen (melanosit), hal tersebut menyebabkan bintik-bintik cokelat muncul dan terbentuk.

Skin.co.id Kulit Tangan Terlihat Lebih Tua? Atasi dengan Cara Berikut Ini

Gunakan lotion terpisah yang mengandung 2% hydroquinone (HQ). HQ bekerja di dalam melanocytes untuk menekan produksi melanin, pigmen yang membuat perubahan warna. Untuk mengatasi bintik-bintik hitam tersebut bisa membutuhkan  waktu yang cukup lama untuk melihat perbedaannya. Untuk hasil lebih cepat, pilih salah satu lotion yang juga mengandung retinol atau alpha-hydroxy acid, yang membantu mendorong HQ ke dalam kulit. Untuk mencegah bintik-bintik baru, tabir surya adalah kuncinya. Gunakan produk yang mengandung tabir surya yang mengandung minimal SPF 15.

Kulit Tampak Kering

Dengan bertambahnya usia, kulit di tangan Anda hanya sedikit memproduksi minyak pelumas dan kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban, sehingga akan terlihat kering. Untuk mengatasinya, dengan menggunakan lotion sepanjang hari akan membuatnya lebih lembab. Anda bisa mengoleskan lotion segera setelah mencuci tangan untuk menyegel kelembaban kulit yang telah terserap.

Anda juga bisa menggunkan krim tangan. Krim tangan tersebut diformulasikan dengan humektan seperti asam hialuronat, dan gliserin yang menarik dan menahan kelembaban di kulit. Anda juga bisa memilih krim tangan yang juga mengandung SPF. Ini karena, paparan sinar UV mengganggu produksi protein. Protein membantu membentuk dan menyegel kelembaban lapisan terluar kulit. Ketika Anda melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci mobil Anda bisa mengoleskan krim terlebih dahulu atau menggunakan sarung tangan untuk menjaga tangan Anda tetap terlihat muda. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Singkirkan Kerutan di Bibir Anda Sekarang Juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *