Kulit Tetap Awet Muda, Ini Rahasianya

awet muda

Tanda-tanda penuaan biasanya akan semakin terlihat seiring Anda memasukin usia 30 tahun. Seperti munculnya flek-flek hitam, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan pada dahi, serta wajah yang mulai mengendur. Tapi itu semua bisa dihindari jika Anda melakukan perawatan wajah yang tepat dan menjalani pola hidup sehat. Yuk simak 5 cara sederhana yang perlu Anda jadikan kebiasaan agar wajah tetap awet muda!

awet muda

1. Biasakan Membersihakn Wajah dan Gunakan Pelembab

Tidak hanya Anda yang berusia 30 tahun, semua wanita juga harus rutin membersihkan wajahnya dari debu dan kotoran. Apalagi setelah seharian beraktivitas di luar ruangan.

Bersihkan wajah Anda secara rutin dengan melakukan double cleansing di malam hari, lalu lanjutkan dengan toner, pelembap atau produk skin care lainnya yang bisa memberi kelembapan.

Hal ini dilakukan agar wajah tetap bersih, lembap, pori-pori wajah mengecil sehingga terhindar dari masalah jerawat dan kulit kusam. Pilih pelembap dengan kandungan vitamin C, glycolic atau hyaluronic acid untuk hasil yang maksimal.

2. Ekspoliasi Wajah untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi wajah yang rutin dilakukan dapat membantu meremajakan kulit. Butiran scrub yang terdapat pada eksfoliator akan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah, tentunya akan membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda.

Anda juga bisa menggunakan chemical exfoliant sebagai alternatif lain untuk membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori. Tapi penggunaannya harus diperhatikan agar tidak mengiritasi kulit.

Untuk Anda dengan kulit kering dan sensitif, lakukan eksfoliasi sekali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit lainnya, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan perlu dijadikan kebiasaan. Seperti yang Anda tahu, sinar matahari bisa membuat kulit wajah menjadi kering, kusam, dan mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan. Pilih tabir surya yang mengandung SPF dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

4. Jauhi Rokok dan Alkohol

Salah satu cara agar awet muda adalah dengan menjauhi rokok dan alkohol. Wanita yang merokok memiliki potensi besar timbul garis halus di sekitar bibir dan dahinya karena gerakan mulut mengerucut dan dahi yang tanpa sadar mengerenyit saat mengisap dan menghembuskan asap rokok.

Merokok juga dapat menurunkan kadar vitamin C dalam tubuh yang efeknya bisa berantai, mulai dari turunnya imunitas tubuh sehingga bekas  jerawat makin lama pudar (salah satu contohnya), hingga kondisi kulit lebih rentan saat terpapar sinar matahari.

Alkohol pun sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit. Anda yang mengonsumsi alkohol pasti sadar kalau frekuensi buang air kecil akan lebih sering. Tidak hanya mengeluarkan air dari dalam tubuh, alkohol juga menghalangi hormon vasopressin yang digunakan tubuh untuk menyerap air.

Kulit yang dehidrasi adalah kulit yang kusam, kering, garis-garis halus, dan tanda penuaan lainnya makin jelas terlihat. Kita bisa setuju kalau tidak ada wanita yang menginginkan beberapa hal tersebut kan?

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat akan membantu agar kulit tampak awet muda. Penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, protein hewani dan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi baik untuk menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA: Pijat Wajah Untuk Mengurangi Keriput

 

Senam Wajah Untuk Kulit Awet Muda

awet muda

Penuaan membawa banyak perubahan dalam tubuh Anda, seperti bintik-bintik penuaan, hilangnya warna kulit, otot menyusut, dan sebagainya. Hal ini merupakan akibat dari disintegrasi jaringan dan kolagen. Semua ini merupakan gejala alami dari proses penuaan.

Namun di sisi lain, para ahli olahraga wajah mengatakan bahwa pipi dan rahang yang mengendur dapat disembuhkan tanpa operasi yang mahal atau prosedur kosmetik lainnya. Ada latihan khusus yang membantu untuk memperlambat proses penuaan dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan sehat.

Memang benar jika ada banyak sekali cara untuk menjaga kulit Anda agar terlihat tetap sehat dan awet muda. Namun kali ini kami akan berbagi bagaimana mencegah tanda-tanda penuaan dengan senam wajah.

Senam wajah adalah cara alami untuk membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda dan lebih kencang, serta mengurangi keriput. Hal ini juga akan mengurangi ketegangan mata dan bahkan menurunkan ketegangan leher dan wajah. Dengan melatih otot-otot wajah Anda secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda akan tetap kencang.

Peningkatan aliran dan sirkulasi darah melalui otot-otot saat senam wajah dapat membantu mencegah keriput dan membuat wajah terlihat lebih awet muda. Senam wajah dan pijat wajah dipercaya menjadi alat perawatan kulit terbaik. Senam ini dirancang khusus untuk mengencangkan otot-otot wajah dan meningkatkan vitalitas kulit sehingga lebih bercahaya. Begitu juga dengan pijat wajah yang diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan membantu meremajakannya.

Detoksifikasi, oksigenisasi, dan pijatan merupakan perawatan yang membawa pasokan gizi langsung melalui sirkulasi ke sel-sel kulit. Lakukan senam wajah setidaknya 15 menit secara teratur untuk meningkatkan kemampuan alami kulit. Senam wajah kali ini meliputi latihan interval otot, refleksologi, terapi inframerah, dan sebagainya.

Latihan wajah ini mudah sekali untuk dilakukan. Awali dengan mengambil napas dalam-dalam dan mulailah gerakannya secara perlahan.

Latihan Dahi

Senam wajah kali ini diawali dengan latihan otot-otot dahi. Ketika otot dahi mulai mengendur maka kelopak mata bagian atas secara otomatis juga akan mengendur sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

  • Letakkan satu jari horizontal di atas kedua alis Anda dan tarik sedikit ke bawah
  • Angkat kedua alis dan biarkan berlawanan dengan arah tarikan jari-jari Anda
  • Jangan meregangkan atau menarik kulit Anda
  • Tahan selama beberapa menit kemudian turunkan kedua alis Anda
  • Ulangi beberapa kali

Latihan Pipi

Melakukan senam wajah di bagian pipi sangatlah penting karena pipi memainkan peranan penting dalam membentuk sebuah ekspresi wajah. Jika pipi Anda mengendur maka dapat mengakibatkan terbentuknya sudut mulut yang mengendur ke bawah.

  • Letakkan jari-jari Anda secara horizontal di bagian atas pipi atau tepat di bawah mata
  • Tersenyumlah, gerakkan sudut mulut Anda ke atas
  • Ketika Anda tersenyum dan mengangkat pipi, Anda harus merasakan perlawanan atau adanya tarikan yang dibuat oleh jari-jari Anda.
  • Tahan sebentar dan cobalah untuk rileks
  • Ulangi langkah-langkah di atas selama 20 kali
  • Latihan ini akan membantu mengencangkan pipi Anda karena senam ini terfokus pada otot-otot di sekitar pipi dan otot-otot sekitar mulut Anda.

Latihan Dagu

  • Untuk mendapatkan dagu yang indah, tarik dagu ke atas di atas bibir bawah Anda.
  • Dorong bibir bawah Anda ke bawah sampai Anda dapat melihat gigi depan bawah dan gusi.
  • Jangan menarik sudut mulut saat melakukan latihan ini
  • Posisikan kepala tangan Anda di bawah dagu
  • Sekarang buka mulut, paksa rahang bawah menekan kepalan tersebut
  • Jika Anda masih ragu untuk melakukan senam wajah ini, Anda bisa berkonsultasi kepada para ahli perawatan kulit atau ahli kebugaran wajah untuk membantu menemukan pilihan yang tepat bagi Anda. Apakah Anda memiliki keinginan untuk mencoba senam wajah ini?

BACA JUGA: Manfaat Caviar Untuk Kurangi Keriput

 

Snack Bergizi Untuk Miliki Kulit Sehat & Awet Muda

awet muda

Ada baiknya jika menu brunch (snack di antara sarapan dan makan siang) dengan pilihan snack yang baik untuk kulit. Artikel ini akan bagi-bagi informasi menarik tentang snack sehat yang punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit agar terlihat lebih awet muda. Yuk, simak snack apa saja yang tergolong dalam beauty bites untuk wajah lebih awet muda:

 1. Blueberries

Buah golongan berries ini kaya akan antioksidan (antosianin), vitamin C, B kompleks, E, A, selenium yang sangat baik untuk kulit yang ingin tampak awet muda. Anda bisa mengonsumsinya langsung maupun mencampurkannya pada yogurt atau bisa ditambahkan sebagai campuran salad buah.

Buah ini membantu mengencangkan kulit dan membuat kulit tampak bersinar alami. Jika Anda sulit menemukan buah ini, Anda bisa mengonsumsi buah berries lainnya seperti strawberry.

2. Buah Persik

Buah ini kaya akan kandungan vitamin A dan potassium yang berguna untuk membantu regenerasi sel kulit, membantu menyembuhkan bekas luka/garutan serta menjaga kelembaban kulit Anda secara alami. Keinginan awet muda agar segera terwujud dengan rutin mengonsumsi buah persih ini.

3. Kacang Almond

Bermasalah dengan jerawat? Atau punya masalah dengan komedo-komedo hitam di hidung? Jangan dipencet. Kandungan vitamin E dalam kacang almond dapat membantu mengatasi masalah ini. Selain itu, kacang ini kaya akan asam lemak esensial yang sangat baik untuk kulit.

4. Chia Seed

Biji chia ini mengandung sumber omega-3 alami yang cukup tinggi. Asam lemak ini membantu memperkuat sel-sel membran serta membuat kulit tampak lebih bersinar dan terlihat lebih awet muda. Biji ini bisa Anda temukan pada campuran sereal muesli.

 

5 Vitamin Untuk Kulit Lebih Bercahaya & Awet Muda

awet muda

Vitamin-vitamin terbaik untuk kulit bisa kita temukan pada pola diet seimbang. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Kandungan vitamin ini membantu menjaga keremajaan kulit, membuat kulit lebih bersih dan bercahaya.

Selain dari makanan, Anda bisa merasakan manfaat vitamin untuk kulit dari kandungan vitamin dalam produk perawatan kulit. Apa saja vitamin untuk wajah awet muda? Cek penjelasan berikut:

1. Vitamin A Untuk Keriput

Anda bisa menemukan vitamin ini pada sayuran hijau, tomat, wortel, kuning telur, dan lain-lain. Selain itu, juga ada produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A seperti lotion dan krim malam.

Manfaat utama vitamin ini adalah untuk memperhalus kulit, mengurangi garis-garis halus dan keriput, mengurangi bintik-bintik hitam, serta menjaga keremajaan kulit agar tampak lebih awet muda.

2. Vitamin B3 Untuk Kulit Kemerahan

Dalam makanan, vitamin ini banyak terdapat pada produk olahan susu, produk ternak, ikan, kacang-kacangan dan lain-lain. Untuk di produk perawatan kulit, bisa Anda temukan di krim wajah, lotion, dan serum yang mengandung niacinamide atau vitamin B3.

Manfaat vitamin B3 untuk kulit antara lain untuk menjaga kelembaban kulit, membantu meningkatkan protective barrier seperti asam lemak dan ceramide, melindungi kulit dari irritants, dan mengurangi bintik-bintik hitam. Wajah tampak awet muda pun akan segera Anda miliki dengan vitamin ini.

3. Vitamin C Untuk Bintik Hitam

Anda banyak menemukan vitamin ini pada buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, kiwi, jambu, dan lain-lain. Vitamin yang tergolong dalam antioksidan ini membantu mengurangi efek radikal bebas yang bisa mempercepat penuaan kulit, menjaga kekencangan dan kelembutan kulit, mengurangi bintik hitam dan garis-garis halus, dan keriput.

4. Vitamin E Untuk Memelihara Kelembaban Kulit

Temukan sumber vitamin E di jagung, kacang-kacangan, sayuran hijau, olive oil, dan sebagainya. Vitamin yang juga tergolong antioksidan ini banyak terdapat pada tabir surya dan produk-produk yang ditujukan untuk mengatasi sunburn. Produk yang mengandung vitamin E bermanfaat untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit, menetralisir radikal bebas, serta mengurangi kulit kemerahan dan bengkak akibat terbakar oleh sinar matahari.

Bagi Anda yang hobi naik gunung atau sering berada di luar ruangan, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang mengandung vitamin ini.

5. Vitamin K Untuk Lingkaran Hitam

Untuk sumber alami, Anda bisa menemukan vitamin K pada kubis, kol, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Vitamin K ini banyak dikandung pada produk krim mata. Kegunaan vitamin K ini adalah untuk membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

Banyak sekali manfaat vitamin untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit. Sekarang Anda tidak akan ragu lagi untuk membeli produk perawatan kulit bervitamin ‘kan, agar selalu tampil awet muda?

Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *