Labu, Buah Lezat Kaya Manfaat untuk Kulit Anda

pumpkin-facial

Labu kuning tidak hanya bisa diolah menjadi kolak, sup atau kue yang lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kulit Anda. Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Selain itu, buah yang identik dengan perayaan hallowen ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Patricia Wexler, MD, seorang dermatolog di New York mengatakan, “Labu mengandung enzim dan asam alpha hydroxy yang meningkatkan pergantian sel, mencerahkan dan menghaluskan kulit, dan exfoliater yang baik.” Patricia juga menambahkan bahwa vitamin A dan C yang terkandung dalm labu membantu untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tampak lebih muda. Kandungan zinc pada biji labu, baik untuk jerawat untuk membantu mengurangi produksi minyak, sedangkan asam lemak esensial membantu fungsi penghalang untuk meningkatkan hidrasi.

Labu juga mempunyai manfaat bagi keindahan rambut Anda. “Asam lemak esensial, vitamin A, C, dan E membantu meningkatkan kelembaban rambut dan menjaga pergantian sel kulit kepala juga bermanfaat untuk penyembuhan peradangan,” kata Wexler. Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, kandungan zinc pada labu membantu mengontrol tingkat sebum dan produksi minyak pada kulit kepala Anda.

Apakah Anda tertarik untuk memasukan labu dalam perawatan kulit Anda? Anda bisa mengolah labu untuk bahan perawatan kulit yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini cara mengolah labu kuning untuk perawatan kulit alami.

Labu, Buah Lezat yang KayaSkin.co.id Manfaat untuk Kulit Anda

Mencerahkan Kulit

Labu kuning bisa digunakan untuk melembutkan serta mencerahkan kulit yaitu dengan menjadikannya sebagai masker pengelupas. Caranya adalah dengan menyiapkan 8 ons labu kuning rebus, 12 butir kacang almond cincang, 1/4 cangkir madu dan 1/8 minyak zaitun. Semua bahan tersebut di dihaluskan dengan cara diblender. Setelah itu aplikasikan ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama lima menit baru kemudian di bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan hal ini seminggu sekali.

Mengatasi Kulit Kering

Jika kulit Anda kering,  Anda juga bisa mengatasinya dengan labu kuning. Caranya adalah dengan menyiapkan 2 sendok teh labu kuning, 1/2 sendok teh madu, 1/2 sendok teh susu, 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Campur semua bahan tersebut sampai membentuk pasta. Lalu oleskan langsung pada kulit dan biarkan selama 15 menit, bila sudah mengering bilas dengan air.

Mengatasi jerawat

Selain daging buah dan bijinya, getah dari kulit labu yang masih segar dapat digunakan untuk masker wajah. Getah labu ini bisa mengencangkan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan juga menghaluskan kulit. Cara penerapannya yaitu oleskan getah labu tersebut di wajah lalu diamkan 20 menit setelah itu basuh dengan air hangat. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Manfaat Rosehip Oil untuk Kulit Anda dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *