Lakukan 7 Kebiasaan Ini Untuk Menuju Pola Hidup Sehat

pola hidup sehat

Percaya atau tidak, pola hidup sehat yang kita kerjakan secara berkala akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam hidup kita. Meskipun tubuh saat ini terlihat bugar, tetapi itu bukanlah alasan untuk hidup tanpa memerhatikan kesehatan. Karena kesehatan yang baik di masa depan bisa tercipta jika kita memiliki pola hidup sehat di masa sekarang. Yuk, persiapkan kesehatan di masa depan dengan menerapkan pola hidup sehat sehari-hari seperti:

1. Waktu Tidur yang Cukup

Sesibuk apapun kita dalam menyelesaikan pekerjaan, jangan lupa untuk memastikan bahwa waktu tidur yang kita miliki telah cukup. Sebab waktu tidur yang cukup sekitar delapan jam bisa mengoptimalkan energy secara fisik dan mental untuk melakukan berbagai aktivitas selanjutnya. Jadi sudah seharusnya Anda tidak meremehkan waktu tidur dan lebih baik istirahat daripada melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Memiliki waktu tidur yang cukup bisa menjadi pola hidup sehat yang harus kita atur saat ini.

2. Membiasakan Diri Minum Air Putih

Apakah Anda yakin salama telah minum air dengan cukup dan tidak merasa kekurangan? Air merupakan hal yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh karena 60% tubuh kita terdiri dari air, yang mana air tersebut dapat difungsikan untuk membantu sistem metabolism hingga membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Namun di sisi lain, kita juga setiap hari mengeluarkan air dari dalam tubuh melalui keringat ataupun urin. Maka dari itu, kita perlu memastikan bahwa konsumsi air putih sebagai pola hidup sehat selanjutnya.

3. Jaga Porsi dan Nutrisi Makan

Memerhatikan porsi makan agar tak berlebihan juga penting untuk membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik dan tidak memicu penyakit yang berhubungan dengan kelebihan makanan. Berhentilah makan saat Anda kenyang, bukan pada saat makanan di piring habis. Jadi Anda pun bisa memastikan makanan yang masuk ke dalam perut sesuai dengan porsi yang pas. Dan juga makan makanan bernutrisi sehat, dengan pola hidup sehat tentu menghindari junk food ataupun makanan berlemak.

4. Move, Move, and Move!

Jika dibandingkan dengan santai-santai di sofa atau tempat tidur, mana yang lebih sering Anda lakukan: bergerak atau justru cenderung berdiam diri di rumah? Padahal sering menggerakkan tubuh begitu penting untuk menunjang kebiasaan pola hidup sehat kita.

Misalnya di waktu senggang Anda bisa menggerakkan tubuh dengan hal sederhana stretchingsit up, dan berbagai latihan di lantai di dalam rumah. Menjaga diri untuk tetap aktif adalah langkah awal yang harus dibiasakan untuk menuju pola hidup sehat. Hal-hal kecil yang dilakukan secara kontiyu tentu akan memberikan dampak yang luar biasa pada pola hidup sehat kita.

5. Rutin Berolahraga dengan Cara yang Menyenangkan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk menggerakkan tubuh. Jika belum terbiasa mungkin olahraga menjadi suatu hal yang terasa ‘berat’ untuk dilakukan. Tapi mau tidak mau, aktivitas yang satu ini perlu untuk dilakukan. Karena pada dasarnya olahraga memanglah hal yang dibutuhkan tubuh untuk memertahankan kekuatan pada otot dan sendi.

Sebagai strategi, coba lakukan olahraga dengan cara yang menyenangkan seperti mengajak teman-teman dan membuat jadwal olahraga yang teratur. Pasti terasa asik, kan! Selain itu karena menyenangkan, Anda nantinya bisa menjadikan olahraga sebagai suatu kebiasaan, bukan hanya sesuatu yang kamu lakukan sesekali saja.

6. Ketahui Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Survei membuktikan hampir 70 % lebih orang akan mengubah pola hidup sehat setelah mengalami sakit. Apakah Anda juga demikian? Ini langkah yang salah dan harus dihindari mulai detik ini.

Memeriksakan diri sebelum sakit tidak hanya berguna untuk memantau kesehatan saja. Tetapi, juga berguna supaya dokter bisa menangani penyakit tertentu yang mungkin akan membahayakan diri Anda di kemudian hari nanti. Oleh sebab itu, luangkahlah waktu secara berkala untuk konsultasi ke dokter.

7. Hindari Kebiasaan Buruk

Disamping memilih makanan yang tepat, Anda juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk agar pola hidup sehat bisa terwujud dengan baik. Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis, berlemak, begadang, dsb.

 

Pola Hidup Sehat yang Menyenangkan, Bagaimana Cara?

pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat ternyata tidak seberat yang kita pikirkan, loh! Bahkan pola hidup sehat bisa dilakukan dengan menyenangkan seperti cara-cara di bawah ini:

1. Konsumsi Lebih Banyk Lemak

Jangan kaget dulu, ya! Lemak yang dimaksud adalah lemak sehat yang berguna bagi tubuh. Jadi, tidak semua lemak itu jahat. Sumber makanan yang mengandung lemak sehat seperti berbagai jenis ikan, olive oil, dan telur bisa memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kondisi kognisi dan menjaga kesehatan tulang.

2. Wisata Alam

Ternyata, menjelajah alam dapat membuat jiwa dan raga menjadi sehat. Meskipun berjalan menempuh perjalanan jauh, rasa capek Anda bakalan sirna seketika saat disuguhi pemandangan alam luar biasa karya Sang Pencipta. Pola hidup sehat yang menyenangkan, bukan?

3. Sering-sering Tersenyum

Saat suasana hati dalam kondisi baik,, kita cenderung untuk tampil lebih aktif dan ceria dengan tersenyum, lho. Sekarang coba yuk, untuk lebih ramah dengan lebih banyak tersenyum.

4. Bersih-bersih Kamar yang Bikin Nyaman

Saat sedih, kesel, dan bete di kampus atau di kantor, rasanya ingin sekali cepat-cepat pulang ke rumah deh. Tapi, apa jadinya kalau pulang-pulang kamar masih berantakan? Bikin makin kesel, kan?

Biar jantung Anda tidak berdegup lebih kencang karena marah, bersihkan kamar Anda sekarang juga. Apalagi jika debu-debu di kamar yang tidak dibersihkan, akibatnya pernafasan dapat terganggu. Bersih-bersih kamar juga bisa bikin tubuh berkeringat juga, kan?

5. Olaharaga Bersama Pasangan

Alasan klasik kenapa malas berolahraga biasanya malas dan kurang bersemangat. Biar lebih semangat, ajak pasangan Anda. Merasa nggak ada waktu? Jogging sore atau saat weekend bisa jadi pilihan yang oke, tuh!

6. Kulit Sehat Itu Rajin Makan Sayur

Sayur-sayuran hijau dan buah mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh, terutama kulit. Tidak perlu perawatan mahal-mahal yang menguras kantong, kulit dapat tetap sehat dan terawat dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Tidak perlu khawatir bosan, resep kreasi sayur dan buah yang unik dan enak bisa dengan mudah Anda dapatkan di internet, kan?

7. Luangkan 5 Menit Setiap Hari untuk Relaksasi

Seharian beraktivitas, tentu kita bakalan melewatkan banyak hal, baik yang mengesankan dan menyebalkan. Setelah berjibaku seharian, buat tubuh Anda segar kembali dengan meditasi. Cukup luangkan waktu 5 menit dan duduk bersantailah di dalam kamar. Ciptakan suasana tenang dan nyaman. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

 

Superfood Penunjang Pola Hidup Sehat dan Kulit Cantik Anda

pola hidup sehat

Pola hidup sehat tentu tidak hanya dari apa yang kita lakukan sehari-hari. Seperti rajin olahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, menjaga kebersihan badan, dan tak ketinggalan untuk rajin melakukan relaksasi. Namun, asupan makanan juga berpengaruh pada pola hidup sehat kita.

Selain itu, siapa sih yang tidak ingin tampil cantik alami bak seorang putri? Nah, untuk mewujudkan hal ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi aneka makanan bernutrisi seperti berikut ini:

1. Berries

Buah satu ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya sehingga tidak salah jika berries masuk ke dalam super food yang menjadi penunjang kecantikan alami. Antioksidan yang ada di dalam buah satu ini juga sangat bermanfaat untuk menangkal radikan bebas yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Beberapa contoh berries yang sangat baik dikonsumsi untuk memancarkan kecantikan alami adalah blackberries, cherries, blueberries, strawberries, dan raspberries.

2. Salmon

Jenis ikan satu ini bisa digunakan untuk menambah kecerdasan otak secara alami karena mengandung asam lemak Omega 3. Selain itu, Omega 3 juga baik untuk kecantikan alami kulit karena bersifat antiaging.

Anda bisa mengonsumsi ikan salmon 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan nutrisi maksimal darinya. Namun ingat, olahlah dengan benar tanpa menambahkan terlalu banyak minyak yang justru bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo.

3. Avocado

Sebutir alpukat mengandung vitamin A, D, dan E yang sangat bermanfaat untuk menunjang kecantikan kulit. Tak heran, banyak produk kosmetik yang menjadikan alpukat sebagai salah satu essential ingredients. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah satu ini, masukkan alpukat dalam daftar menu harian Anda, bisa diolah besama main course maupun dalam bentuk jus.

4. Green tea

Bisa dibilang green tea adalah salah satu bahan makanan ajaib penyumbang antioksidan terbesar untuk tubuh. Kandungan polyphenols yang terdapat dalam green tea akan membasmi sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Tak hanya baik untuk kecantikan, mengonsumsi 1 cangkir teh hijau setiap hari juga bisa membantu menurunkan berat badan Anda, lho!

5. Coconut water

Kandungan potassium yang banyak terdapat dalam air kelapa ini bisa menjadi salah satu cellular cleansing yang baik untuk kulit. Selain itu, mengonsumsi air kelapa juga akan membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga Anda akan merasa tetap bugar di tengah berbagai aktivitas padat.

Well, sudah tahu kan bagaimana cara menerapkan pola hidupa sehat yang menyenangkan pula. Kebiasaan pola hidup sehat yang dilakukan secara kontiyu tentu akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan kita di masa sekarang dan masa depan nanti.

Masih berpikir bahwa menerapkan pola hidup sehat itu susah? Open your mind, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *