Langkah Alami Cegah Penuaan Kulit Sejak Dini

skin.co.id anti aging

Aging atau penuaan kulit merupakan salah satu proses yang akan dialami setiap orang dan waktu yang paling ditakuti terutama bagi setiap wanita karena akan terjadi beberapa perubahan pada wajah mereka karena proses alami tersebut. Untuk mencegah penuaan dini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa tampil awet muda.

Tingkatkan Konsumsi Antioksidan

Konsumsi diet tinggi antioksidan berperan signifikan untuk mencegah penuaan kulit. Makanan tinggi antioksidan seperti buah dan sayuran berwarna-warni mengandung bahan-bahan anti-aging yang sangat baik untuk kulit. Wortel dan tomat mengandung beta-carotene yang merupakan prekursor vitamin A yang bermanfaat untuk menstimulasi produksi kolagen. Vitamin C yang banyak dikandung buah jeruk, jambu, kiwi bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit dengan cara melindungi kulit dari paparan radikal bebas serta membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain buah-buahan, ada pula kacang-kacangan yang mengandung essential fatty acid yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit serta membuat kulit jadi lebih halus.

Olahraga Teratur

Aktivitas fisik meningkatkan suplai nutrisi dan oksigen untuk kulit yang mana membantu memperlancar peredaran sirkulasi. Selain itu, olahraga juga mencegah penumpukan lemak tubuh serta membuat tubuh sehat dan bugar. Terlebih lagi, olahraga juga akan membuat kulit Anda lebih berseri.

Lakukan Rutinitas Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk skincare yang sesuai dengan usia Anda. Jangan menunggu usia lanjut untuk mulai merawat kulit. Sebaiknya lakukan perawatan kulit sedini mungkin untuk mencegah penuaan kulit. Minimal ada 3 produk wajib yang harus Anda miliki untuk merawat kulit sejak dini yaitu pembersih, pelembab, dan tabir surya. Selebihnya Anda bisa melengkapinya dengan serum, essence, masker wajah yang mengandung bahan-bahan anti-aging.

Tidur Cukup dengan Posisi Tidur yang Tepat

Tidur merupakan proses penting untuk memelihara fungsi tubuh agar menjadi lebih optimal. Kurang tidur akan meningkatkan level hormon kortisol sehingga vitalitas kulit menurun. Idealnya waktu yang yang Anda perlukan untuk tidur berkisar antara 6-8 jam. Waktu tidur yang cukup membantu pelepasan hormon pertumbuhan yang baik untuk kulit. Posisi pun juga menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan. Tidur dengan posisi menyamping akan meningkatkan tekanan pada salah satu bagian wajah sehingga memicu cepatnya terbentuk keriput dan garis-garis halus. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang.

Hindari Hal-hal yang Mempercepat Penuaan Kulit

Asap rokok, alkohol, gula, dan stress merupakan faktor-faktor penyebab yang dapat mempercepat penuaan kulit. Terpapar asap rokok maupun kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan berkurangnya suplai oksigen ke kulit dan merusak kolagen. Terlalu banyak konsumsi gula juga kurang baik karena dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Menjalani hidup dengan senang hati dan menjalin hubungan baik dengan teman akan membuat mood Anda menjadi lebih baik serta mengurangi tingkat stress Anda. Ini sangat baik untuk Anda. Selamat Mencoba.

BACA JUGA: 7 Makanan Sehat Untuk Mencegah Penuaan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *