Langkah Mudah Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

skin.co.id Langkah Mudah Atasi Tumit Pecah-Pecah

Kulit pecah-pecah pada tumit kaki Anda terlihat tidak sedap dipandang dan tidak nyaman. Apalagi jika Anda sedang menggunakan sepatu high heels yang memperlihatkan tumit Anda yang pecah-pecah dan kering, pasti Anda merasa sangat tidak percaya diri, bukan? Jangan khawatir, berikut langkah-langkah yang mudah Anda terapkan di rumah untuk mendapatkan tumit yang halus.

  1. Rendam kaki Anda dalam 5 mangkuk air hangat ditambah 1 mangkuk susu. Rendamlah kaki Anda pada foot bath ini selama kurang lebih 5-10 menit. Jangan gunakan air terlalu panas karena akan membuat kaki Anda jadi semakin kering. Anda juga bisa menggunakan sabun anti jamur untuk membasmi jamur-jamur yang mungkin menempel pada kulit kaki Anda.
  2. Buatlah krim scrub sendiri dengan mencampurkan 4 sendok makan garam atau gula ke dalam ½ mangkuk minyak. Minyak yang bisa digunakan antara lain seperti baby oil, sweet almond oil, olive oil atau minyak kelapa/minyak sayur.
  3. Pijatlah kaki Anda dengan homemade scrub yang sudah Anda bikin sebelumnya. Pijat dengan gerakan memutar sampai ke telapak kaki Anda.
  4. Gosok-gosoklah telapak kaki Anda dengan batu apung kemudian bilas dan keringkan kaki Anda.
  5. Sebelum Anda tidur, cobalah untuk menggosok kaki Anda yang kering dengan krim yang mengandung asam salisilat. Krim ini membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulit kaki Anda.
  6. Setelah itu gunakan lotion pelembab pada kaki Anda. Gunakan lotion pelembab ini secara rutin setelah Anda mandi dan saat malam hari menjelang Anda tidur.
  7. Pakailah kaos kaki dan gunakan paling sedikit selama 4 jam agar terjaga kelembaban kulit kaki Anda.
  8. Lakukan langkah-langkah ini secara rutin setiap malam sebelum Anda tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kaki Anda menjadi pecah-pecah seperti kebiasaan bertelanjang kaki ketika Anda sedang berjalan terutama saat di luar rumah, kurang minum air putih juga dapat membuat kulit kaki Anda jadi kering, dan penggunaan sepatu atau sandal yang terbuka bagian tumitnya juga dapat membuat kulit kaki Anda menjadi kering. Jangan gunakan sepatu yang terlalu ketat atau sempit karena akan mengganggu sirkulasi udara yang dapat membuat kulit kaki Anda pecah-pecah.

Menurut ahli kesehatan dari MayoClinic.com, bagi penderita diabetes yang bermasalah dengan kaki yang kering diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan lebih baik tidak merawat kaki sendiri karena dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi pada kaki. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit alami untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Semoga Berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *