Lip Balm, Satu Produk Sejuta Manfaat!

lip balm

Banyak orang pastinya sudah tahu mengenai fungsi utama lip balm, yaitu sebagai pelembap dan  kemampuannya dalam merawat bibir. Tapi, apakah Anda tahu bahwa produk yang satu ini punya banyak manfaat lain untuk kecantikan? Yap! Bahkan hingga 10 kegunaan lainnya yang dapat membuat banyak hal menjadi lebih praktis. Cek manfaatnya di bawah ini, yuk!

*Note: Demi faktor kebersihan, tidak disarankan untuk menggunakan lip balm yang sudah kontak langsung dengan bibir

 

1. Melembapkan Area di Bawah Mata

lip balm

Tidak memiliki krim mata? Lip balm bisa jadi alternatifnya, Ladies! Kemampuannya dalam memperbaiki bibir kering dan pecah-pecah juga bisa Anda manfaatkan untuk mencegah kerutan halus di bawah mata. Gunakan produk multifungsi ini secukupnya pada jari manis untuk aplikasi lembut di area yang sensitif.

2. Memberikan Kilau Sehat Pada Wajah

lip balm

Oleskan tipis pada bagian atas tulang pipi setelah menggunakan pelembap. Aplikasikan foundation dengan gerakan menepuk-nepuk secara halus agar lip balm tidak bergeser ke bagian wajah lainnya. Voila! Wajah Anda akan tampak sehat dalam sekejap seolah bercahaya dari dalam.

3. Eyeshadow Primer

lip balm

Anda punya eyeshadow yang warnanya susah muncul? Lip balm dapat juga digunakan sebagai primer agar eyeshadow tampak lebih kuat karena setiap pigmen dapat merekat dengan sempurna berkat permukaan kelopak mata yang lembap. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak menggunakannya terlalu banyak karena dapat menciptakan garis lipatan yang tidak indah dilihat.

4. Merapikan Alis yang Sulit Diatur

lip balm

Alis yang cenderung panjang dan sulit diatur akan menciptakan kesan berantakan pada wajah. Anda tidak perlu buru-buru membeli eyebrow gelLadies. Cukup gunakan lip balm yang Anda miliki untuk merapikan alis dan menjaganya tetap rapi sepanjang hari.

5. Mascara Berantakan? Rapikan dengan Produk Multifungsi Ini!

lip balm

Anda pasti pernah mengalami kejadian ketika mascara mengenai wajah dan meninggalkan noda hitam yang sulit dibersihkan, bukan? Cukup ambil sedikit lip balm dengan jari dan oleskan pada area yang terkena noda mascara. Lalu, ambil kapas dan bersihkan dengan lembut. Jika sebagian makeup wajah turut terambil, cukup ambil concealer, foundation, atau bedak untuk menutupi area tersebut. Mudah bukan!

6. ByeRambut Kusut!

lip balm

Jika Anda memiliki masalah dengan beberapa rambut yang selalu keluar jalur dan membuat tatanan rambut yang sudah rapi terlihat kurang maksimal, Anda bisa memanfaatkan lip balm untuk merapikannya. Ambil sedikit produk di telapak tangan, gosokkan lembut agar merata, lalu usapkan lembut hingga tidak ada lagi rambut yang keluar-keluar.

7. Mencegah Rambut Bercabang

lip balm

Ingin rambut panjang, tapi rambut bercabang dan harus dipotong terus? Cegah masalah tersebut dengan lip balm. Kalau rambut Anda rentan bercabang, produk sejuta manfaat ini dapat menutrisi, menjaga agar kutikula rambut tetap tertutup dan mencegahnya dari kekeringan. Jadi, Anda tidak usah terlalu sering memotong ujung rambut Anda.

8. Menjaga Kutikula Kuku agar Tetap Sehat

lip balm

Kuku yang cantik dan terawat bisa mencerminkan bagaimana Anda merawat diri sendiri. Maka dari itu, Anda harus telaten dalam merawat kuku dan area sekitarnya. Tidak perlu ribet, Anda hanya membutuhkan lip balm untuk dioleskan secara rutin agar kutikula tetap sehat.

9. Cincin Susah Dilepas?

lip balm

Terkadang setelah digunakan seharian, cincin bisa sulit untuk dilepas karena jari yang sedikit membengkak akibat panas. Manfaatkan lip balm sebagai pelumas agar cincin dapat dilepas dengan mudah tanpa menarik dan mencegah iritasi kulit jari.

10. Kacamata Bersih Bersinar

lip balm

Debu dan berbagai kotoran lembut akan menempel pada produk sejuta manfaat ini yang lembap sehingga kacamata lebih mudah dibersihkan dan menjadikannya lebih mengkilap. Oleskan sedikit pada permukaan lensa, kemudian usap lembut dengan kain kering yang halus. Kacamata Anda akan tampak seperti baru lagi!

>> Kebiasaan yang Bisa Menambah Keriput di Wajah Anda <<

 

Bagaiman Cara Memilih Lip Balm yang Manfaatnya Bisa Dirasakan Secara Efektif?

lip balm

Anda pasti pernah dengar kenapa lip balm bisa membuat orang ketagihan untuk terus memakainya? Beberapa industri produk sejuta manfat ini memang memanfaatkan bahan-bahan tertentu untuk menciptakan siklus lembab-kering, sehingga konsumen ingin terus mengoleskannya pada bibir.

Nah, jika Anda ingin tahu bagaimana memilih lip balm yang benar-benar efektif melembabkan bibir Anda, ikuti tips berikut ini:

1. Pilih Lip Balm Tanpa Kandungan Pewangi dan Perasa Tambahan

Banyak orang tergila-gila dengan lip balm karena wangi dan rasanya yang menggoda. Padahal rasanya yang enak membuat banyak orang ingin menjilatinya dari bibir mereka. Akibatnya, semakin sering kita menjilat bibir, semakin cepat kering pula bibir Anda. Beberapa jenis pewangi dan perasa tambahan juga dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang. Bahkan, perasa sitrus malah dapat memicu reaksi photosensitivity yang membuat bibir terbakar.

2. Pilih Lip Balm Tanpa Kandungan Fenol dan Minyak Peppermint

Kandungan fenol dan minyak peppermint memang berguna untuk mengelupas lapisan pecah-pecah dari kulit bibir. Namun sayangnya, kedua bahan ini tidak bisa menjaga kelembaban kulit bibir Anda. Menurut howstuffworks.com, karena fungsi fenol dan minyak peppermint untuk mengelupas kulit kering, keduanya akan menghilangkan pelembab alami bibir. Akibatnya, bibir yang baru saja diolesi akan mudah terasa kering lagi.

3. Pilih Lip Balm yang Mengandung Emmolient

Pilihlah yang mengandung emmolient karena secara alami akan melembabkan, melembutkan, dan menjaga kulit bibir. Bahan tersebut terkandung pada petrolatum, beeswax, shea butter, cocoa butter, dan minyak almond atau minyak jojoba.

4. Pilih Lip Balm dengan Synthetic Ceramides 

Jika bibir Anda benar-benar kering, pilihlah yang mengandung synthetic ceramides. Substansi tersebut merupakan sejenis lemak yang dapat mengembalikan perlindungan alami bibir Anda. Untuk perlindungan maksimal, pilih juga lip yang mengandung tabir surya atau SPF.

>> Usir Radikal Bebas dengan Produk Antioksidan <<

 

Hati-hati Ketergantungan Lip Balm!

lip balm

Lip balm memang bisa melembabkan, melembutkan, dan mengatasi kekeringan pada bibir. Namun, Anda patut waspada jika terlalu sering dan lama memakainya. Karena, produk sejuta manfaat ini berpotensi membuat ketergantungan.

Kulit, termasuk kulit bibir merupakan organ tubuh manusia yang paling kompleks dengan beberapa lapisan. Lapisan teratas, yang disebut stratum corneum, sebagian besar terdiri dari sel-sel kulit mati yang mengering. Dikutip dari Daily Mail, saat lapisan kulit terkelupas, berarti dia sedang mengirim sinyal ke lapisan kulit di bawahnya -lapisan basal- untuk memproduksi sel kulit baru.

Ladies perlu tahu nih, mengeringnya lapisan kulit pada bibir merupakan proses alami untuk pergantian sel kulit baru. Penggunaan lip balm secara terus menerus, bisa membentuk selaput yang menghalangi pendistribusian pelembab yang dihasilkan lapisan kulit terdalam ke kulit di atasnya. Karena kulit bagian luar sudah lembab karena lip balm, lapisan basal yang seharusnya memproduksi sel-sel kulit baru jadi memperlambat kerjanya. Akibatnya, bibir akan selalu terasa kering dan Anda jadi selalu ingin mengoleskan lip balm.

Saat Anda berhenti menggunakan lip balm, bibir akan kering dan lapisan basal harus memulai produksi sel baru lagi. Tapi karena Anda sudah tidak nyaman dengan bibir yang sangat kering, Anda pun kembali mengoleskan lip balm sebelum sel kulit yang baru terganti sempurna.

Setelah lip balm terhapus, bibir pun akan mulai terasa kering lagi dan Anda akan kembali mengulang pengolesannya. Begitu yang akan terjadi secara berulang-ulang, selama Anda masih menggunakan lip balm. Penggunaan lip balm terlalu sering bisa membuat kulit bibir selalu ketergantungan sehingga bisa menghambat proses regenerasi.

Untuk menghindarinya, sebaiknya tidak memakai lip balm terlalu sering dan dalam jangka waktu lama. Kulit kita mempunyai kemampuan untuk memperbaiki jaringannya sendiri. Hanya gunakan lip balm jika bibir terasa sangat kering. Gunakan juga lip balm saat sedang terekspos sinar matahari, berada di udara dingin yang ekstrim, atau saat kekurangan cairan. Jaga selalu kesehatan kulit dengan rajin minum air putih serta perbanyak konsumsi sayur dan buah.

 

Bagaimana Ladies, hebat bukan produk sejuta manfaat ini? Ternyata Anda hanya memerlukan satu produk yang bisa digunakan untuk berbagai kegunaan. Tapi yang perlu diingat juga, gunakan lip balm ini sesuai degan kebutuhan, agar Anda tidak tergantung dengan keberadaan produk pemilik sejuta manfaat ini!

Teruslah menjadi cantik, Ladies.

BACA JUGA: Senam Wajah Untuk Kulit Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *