Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen Kulit Anda

Kolagen terletak di dalam dermis (di bawah lapisan terluar kulit). Kolagen adalah jaringan ikat dasar yang mendukung terbentuknya struktur kulit dan sangat penting untuk membuat kulit Anda tetap terlihat lebih muda. Akan tetapi semakin bertambahnya usia, tubuh kita memproduksi lebih sedikit kolagen. Hal ini dikarenakan enzim secara alami akan menghancurkan kolagen dan membuat kulit lebih tipis dari biasanya, mengurangi kepadatan dan membentuk keriput pada kulit. Disintergerasi kulit ini disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, radikal bebas, dan asap.

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Meskipun kolagen terus diproduksi oleh tubuh untuk memperbaiki kulit yang rusak, namun produksi kolagen secara alami mulai menurun saat menginjak usia 35 tahun. Pada usia tersebut, kualitas kolagen yang diproduksi tidak sebaik kualitas kolagen pada masa muda Anda. Menurut Madison, WI, ahli bedah plastik wajah Richard C.Parfitt, MD, selain produk perawatan kulit alami seperti Medi Stem Collagen Toner dari BRTC, makanan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kolagen secara alami dalam kulit. Berikut ini beberapa makanan terbaik untuk memulihkan, regenerasi, dan memperbaiki kerusakan kolagen:

  1. Ikan

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Ikan seperti ikan tuna dan salmon yang sarat dengan asam lemak omega-3 mampu menciptakan sel kulit yang lebih kuat. Sel-sel kulit yang dilindungi oleh membran lemak. Ketika sel-sel kulit Anda sehat, maka sel tersebut mampu mendukung struktur kulit.

  1. Sayuran Merah

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Tomat, paprika dan bit merupakan sayuran yang mengandung antioksidan lycopene yang memberikan perlindungan terhadap matahari. Lycopene bertindak sebagai tabir surya alami, melindungi kulit dari kerusakan dengan meningkatkan tingkat kolagen.

  1. Sayuran Berwarna Hijau

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan kangkung kaya akan vitamin C dapat mendongkrak produksi kolagen. Dalam produk seperti Vitamin C Velvet Masker memiliki sifat antioksidan yang mampu menstabilkan enzim yang merusak kolagen. Vitamin C ini juga melindungi kulit dari radikal bebas untuk mencegah melemahnya kolagen.

  1. Sayuran Berwarna Oranye

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Sayuran ini berfungsi untuk memulihkan dan meregenerasi kolagen. Sayuran seperti wortel dan ubi jalar kaya akan vitamin A yang mengembalikan dan memulihkan kerusakan kolagen pada kulit.

  1. Buah Beri-berian

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Blackberry dan raspberry mengikat radikal bebas sekaligus meningkatkan tingkat kolagen. Buah ini juga mampu menangkal kerusakan kolagen kulit yang parah.

  1. Buah Jeruk

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Studi menunjukkan bahwa buah jeruk seperti jeruk, limau, lemon dan anggur yang kaya vitamin C memiliki kemampuan untuk membantu asam amino lisin dan prolin untuk mengkonversi kolagen. Antioksidan dalam vitamin C juga sangat penting dalam membantu untuk menetralisir radikal bebas, yang menyerang dan memecah kolagen dan elastin di kulit.

  1. Putih Telur

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Selain memberikan tubuh Anda dosis protein sehat yang dibutuhkan, putih telur yang tinggi akan lisin dan prolin, serta kolagen sendiri. Maka dari itu menambahkan putih telur ke dalam diet dapat membantu mendukung produksi alami kolagen dalam tubuh Anda. Dan bagi mereka yang memilih rute vegetarian atau vegan dan tidak ingin memasukkan produk hewani seperti telur atau daging lemak dalam diet mereka, cobalah kacang yang juga menyediakan lisin.

  1. Kerang Tiram

skin.co.id Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Kolagen

Selain menjadi makanan favorit di antara makanan eksotis lainnya, kerang tiram merupakan sumber alami yang kaya akan zinc yang penting bagi proses pembangunan kolagen. Kerang ini juga penuh akan vitamin dan mineral termasuk zat besi dan vitamin B12. Kerang tiram juga mengandung kalori yang rendah dan memiliki manfaat kesehatan yang lama.

Menjaga kulit Anda dengan makanan-makanan tersebut dapat membantu memperlihatkan kulit Anda yang lentur dan kenyal, serta secara otomatis akan mengurangi keriput di wajah Anda.

 

BACA JUGA: 4 Cara Untuk Mencegah Penurunan Produksi Kolagen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *