MakeUp yang Tepat Untuk Bentuk Wajah Anda

bentuk wajah

Perbedaan bentuk wajah tidak akan menghalangi seseorang untuk tampil cantik. Apapun bentuk wajah yang dimiliki, baik oval, square, atau round face, bisa dengan mudah disiasati melalui penggunaan makeup.

Umumnya untuk mengetahui cara makeup yang tepat, Anda harus paham betul bentuk wajah Anda. Karena setiap bentuk wajah mempunyai poin-poin yang berbeda untuk ditonjolkan atau ditutupi kekurangnya. Nah, biar Anda tidak bingung lagi apa bentuk wajah Anda, ketahui ciri-ciri setiap bentuk wajah berikut ini:

Square

Wajah square mempunyai sisi yang lurus dan hampir tidak ada lengkungan pada rahang. Jika Anda menghitung panjang siss rahang kanan ke rahang kiri, kurang lebih panjangnya akan sama dengan panjang dari dagu ke ujung rambut.

Diamond

Dagu yang lancip dan tulang pipi yang tinggi adalah ciri utama dari wajah diamond. Jadi jika ditarik garis dari ujung rambut, pipi, dan dagu, maka bentuknya akan mirip dengan diamond. Perbedaan bentuk wajah diamond dan heart adalah garis rambut pada diamond cenderung lebih sempit.

Heart

Hampir mirip dengan diamond, pemilik wajah heart memiliki dagu yang lancip. Namun bedanya bentuk wajah heart memiliki dahi yang lebar.

Oval

Ciri utama dari wajah oval, yaitu lengkungan pada dahi dan dagu, hanya saja lengkungan pada dahi lebih lebar jika dibandingkan pada dagu. Bentuknya hampir mirip wajah rectangular, namun memiliki kurva pada bagian dagu.

Round

Wajah round atau bulat hampir mirip dengan square, hanya saja kedua sisi pada rahangnya membentuk lengkungan, berdagu bulat, dan tulang pipi yang lebar.

 

Beda Bentuk Wajah, Beda Trik Makeup-nya

bentuk wajah

Sudah tahu Ladies, apa bentuk wajah Anda? Nah, saat ini waktunya untuk mengetahui bagaimana ber-makeup sesuai dengan bentuk wajah Anda. Maka, bersiap-siaplah untuk membaca artikel ini hingga selesai, karena Anda akan temukan bagaimana cara ber-makeup sesuai dengan bentuk wajah.

Oval Face

Untuk Anda yang memiliki wajah berbentuk oval, sebenarnya tidak banyak yang perlu diperbaiki karena jenis wajah ini tergolong tipe yang ideal. Namun tetap saja perlu polesan make up yang sesuai untuk membuat Anda tampak lebih memukau. Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat tampilan wajah berbentuk oval makin menawan adalah sebagai berikut:

  • Pergunakan fondation yang memiliki warna normal sesuai warna kulit.
  • Pergunakan blush on yang warnanya lembut seperti pink atau soft peach.
  • Pertajam riasan pada bagian mata dengan eyeliner hitam dan maskara.

Round Face

Banyak yang menganggap bentuk wajah bulat jauh dari kata cantik dan menimbulkan kesan gemuk. Padahal memiliki wajah yang berbentuk bulat seharusnya tidak membuat Anda malu dan risih. Sebab, bentuk wajah yang bulat sejatinya bisa membuat Anda terlihat lebih muda dan segar. Tips-tips untuk menyiasati wajah bulat supaya terlihat tirus adalah seperti berikut ini:

  • Lakukan teknik shading dengan memakai foundation yang berwarna lebih gelap dari warna kulit. Aplikasikan di bagian tulang pipi, tulang rahang, dagu, dan tulang dahi.
  • Gunakan make up mata yang menonjol dengan eyeshadow berwarna cerah.
  • Aplikasikan warna lipstik yang terang, seperti warna merah

Square Face

Wajah yang berbentuk kotak identik dengan kesan tegas dan kaku. Untuk membuat wajah berkesan lebih lembut dan menawan, Anda bisa mencoba beberapa trik make up berikut:

  • Gunakan bronzerpada sudut rahang, ratakan dengan jari agar hasilnya tampak lebih natural.
  • Pergunakan blush on dengan warna cerah pada tulang pipi untuk memberikan kesan lembut pada wajah.
  • Gunakan lip lineruntuk membentuk tampilan bibir yang penuh dan merekah.

Diamond Face

Wajahnya menyerupai bentuk berlian, bagian pipi melebar, sehingga kening dan dagu tampak meruncing. Untuk mendapatkan bentuk wajah menyerupai oval, maka Anda harus:

  • Aplikasikan foundation yang agak tebal pada dua sisi pipi Anda, agar pipi terlihat lebih ramping. Sedangkan bagian dagu dan kening, bubuhkan foundation yang warnanya lebih terang untuk memberi ilusi wajah.
  • Taburkan pula blush on dengan shading warna yang semakin gelap di bagian luar pipi Anda.
  • Kenakan lipstik berwarna natural.

Heart Face

Menyerupai bentuk hati, bagian kening lebih lebar, dan semakin turun wajah akan meruncing. Untuk itu Anda harus:

  • Menggunakan foundation dengan warna terang pada pipi hingga dagu, dan warna yang lebih gelap di bagian kening Anda.
  • Pertebal alis Anda, bentuk garis yang agak lurus kemudian rapikan dengan sikat agar tampak natural.
  • Kenakan eyeshadow, blush on, dan lipstik berwarna terang agar ilusi wajah bagian bawah tampak lebih lebar dan seimbang dengan kening Anda.

 

Ingin Makeup Tahan Lama? Tiru Langkah Ini!

bentuk wajah

Sering kesal karena makeup pudar di tengah hari? Kadang Anda seringnya menyalahkan cuaca sebagai penyebab pudarnya makeup menjelang siang hari. Perlu Anda tahu bahw sebenarya makeup juga bisa luntur atau pudar karena kesalahan kita dalam ber-makeup, loh! Bagaimana bisa?

Nah, Anda tentunya tidak ingin dong di siang hari makeup Anda sudah pudar? Tiru solusinya berikut dengan cara mengaplikasikan makeup dengan urutan yang benar serta memilih produk yang tahan lama. Check this out!

1. Mulai dengan Membersihkan Wajah

Tahap pertama yang harus Anda lakukan sebelum merias wajah adalah membersihkan wajah. Kenapa harus membersihkan wajah? Karena wajah yang tidak dibersihkan akan cenderung membuat makeup menjadi lebih pudar. So, Anda harus menggunakan cleanser terlebih dahulu untuk menganggkat sisa kotoran yang menempel di wajah.

2. Gunakan Primer

Anda jarang atau tidak pernah sama sekali menggunakan primer? Nah, hal ini lah yang membuat makeup Anda cepat pudar, jika Anda tidak menggunakan primer terlebih dahulu. Primer berfungsi untuk membuat hasil makeup semakin tahan lama dan lebih lembut.

Primer bisa Anda gunakan setelah memaki pelembab dengan mengusapkannya ke seluruh wajah termasuk bagian leher. Anda bisa mencoba primer sesuai dengan jenis kulit Anda akan lebih tahan lama dan hasilnya pun maksimal.

3. Pilih Produk dengan Formula yang Tepat

Langkah ketiga agar makeup tahan lama adalah pilih produk dengan formula yang tepat dan cocok bagi jenis kulit Anda. Kulit Anda berminyak? Berarti Anda harus memilih produk yang tidak oily dengan menggunakan primer yang bisa mengontrol minyak dan powder foundation.

Sedangkan kulit Anda cenderung kering, Anda bisa memilih foundation yang bertekstur liquid dan hindari yang hasil akhirnya mate agar kulit Anda tidak semakin kering. Jangan lupa juga untuk mengoleskan makeup secara tipis-tipis terlebih dahulu, karena makeup yang tebal akan cepat pudar. Untuk produk lainnya, Anda bisa memilih eyeliner dan maskara yang waterproff.

4. Kunci Riasan Anda

Hal terakhir yang harus Anda lakukan setelah makup sudah teraplikasikan secara sempurna, finishing touch adalah dengan mengunci riasan wajah Anda. Ada dua cara untuk mengunci riasan wajah. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan bedak tabur setelah merias wajah. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menyemprotkan setting spray pada wajah.

Mengunci riasan ini penting untuk membantu hasil riasan Anda jadi lebih sempurna dan tidak cepat luntur ataupun pudar.

5. Selalu Bawa Peralatan Makeup Anda

Satu-satunya langkah yang sangat penting untuk menjaga makeup Anda tetap terjaga, yaitu dengan membawa peralatan makeup darurat dalam pouch makeup. Produk yang harus Anda bawa kemanapun Anda pergi adalah produk-produk yang bisa digunakan untuk ekstra touch up seperti blotting paper, bedak padat, concealer, ataupun lipstik yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan saat makeup mulai pudar.

 

Apapun bentuk wajah Anda, tak perlu berkecil hati. Rajinlah melakukan eksperimen makeup berdasarkan kiat-kiat tersebut untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan Anda.

Dan yang terpenting, cintai diri Anda apa adanya, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *