Manfaat Jahe, Si Rempah Hangat untuk Perawatan Kulit

manfaat jahe

Memiliki kemampuan memberi sensasi hangat saat dicampurkan dengan minuman membuat jahe jadi salah satu bumbu masakan yang sering dipilih orang untuk mengatasi masalah masuk angin ataupun untuk sekadar menghangatkan badan.

manfaat jahe

Tapi belum banyak yang tahu, kalau salah satu jenis bumbu masakan ini juga bisa digunakan untuk membantu berbagai permasalahan kulit. Selain mengatasi radang dengan memperbaiki sistem imun tubuh, manfaat jahe yang kaya kandungan anti-oksidan juga disebut mampu memperbaiki sel kulit. Ingin tahu lebih jelasnya?

Meremajakan Kulit

Baik dikonsumsi langsung maupun digunakan secara topikal, manfaat jahe dapat membantu meremajakan kulit wajah Anda. Jahe dikenal memiliki 40 kandungan antioksidan yang efektif dalam mengatasi radikal bebas yang jadi pemicu tanda-tanda penuaan kulit. Tak hanya membantu sel kulit, manfaat jahe juga efektif meratakan skin tone dan menjaga kekencangan kulit.

Gunakan masker jahe yang terdiri dari:

  • campuran 2 sdm jahe bubuk
  • 1/2 potong perasan lemon
  • 4 sdm madu organik sebagai masker
  • Diamkan selama 30 menit
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 2 minggu untuk mendapatkan hasilnya.

Atasi Hiperpigmentasi pada Kulit

Bercak putih di wajah tidak selalu identik dengan panu, lho. Bisa jadi itu akibat dari hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar UV. Manfaat jahe yang mengandung antioksidan dapat mengatasi permasalahan kulit yang satu ini.

Cukup tempelkan irisan jahe pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi hingga jahe mengering. Jika dilakukan secara rutin, Anda sudah dapat melihat perubahan di wajah hanya dalam beberapa minggu.

Bisa Juga untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat jahe termasuk superfood dan memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar glukosa darah. Bahkan tak sekadar menurunkan,manfaat  jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai pengontrol glukosa darah dalam jangka panjang. Fungsi ini penting, terlebih bagi Anda yang memiliki jenis kulit acne prone, karena bila glukosa darah tinggi, kulit akan lebih rentan mengalami peradangan yang akhirnya dapat memperburuk tampilan jerawat.

Mengontrol Minyak Kulit Wajah

Kaya akan kandungan mineral, manfaat jahe juga efektif dalam mengontrol produksi minyak di wajah Anda. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, manfaat jahe dapat mengontrol produksi minyak wajah. Namun tetap seimbangkan dengan rutin mengonsumsi air mineral dan memberi pelembap. Karena produksi minyak yang berlebih merupakan tanda bahwa kulit sedang mengalami dehidrasi.

Memudarkan Tampilan Selulit

Tampilan kulit mulai memperlihatkan tanda-tanda munculnya selulit? Jangan tunggu sampai selulit terlihat dengan jelas. Segera ambil 2 sendok jahe yang sudah diparut, lalu tambahkan 1/4 gelas olive oil dan 1/2 gelas gula serta perasan lemon, campurkan semua bahan dan gunakan sebagai scrub tubuh. Lakukan perawatan ini seminggu sekali agar tampilan selulit segera memudar.

Perawatan Kulit dengan Merasakan Manfaat Jahe

manfaat jahe

Ladies, ternyata selain baik untuk kesehatan jahe juga mempunya beberapa manfaat untuk kecantikan. Bahan rempah satu ini tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tapi juga mampu memberikan kecantikan alami. Apa saja manfaat jahe yang bisa diberikan tubuh kita?

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang sangat mengganggu penampilan. Kini, Anda dapat mengatasinya secara alami dengan bantuan manfaat jahe. Kandungan mineral yang terdapat pada manfaat jahe dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Cukup dengan membuat masker dari campuran jahe, pala bubuk, kayu manis dan garam mineral. Tambahkan sedikit air kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Melembabkan Kulit

Kombinasi buah delima dan jahe sangat bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Ladies dapat membuat campuran sari buah delima dan parutan jahe. Oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit. Diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih. Ladies dapat melakukan perawatan ini sekali dalam 2 hari. Dikutip dari www.teruskan.com, jahe mempunyai senyawa gingerol yang dapat menghaluskan dan membuat kulit lebih cerah.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain melembabkan dan menghaluskan kulit, jahe juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Campuran irisan jahe, parutan kulit jeruk dan garam mineral merupakan kombinasi yang sempurna untuk mengangkat sel kulit mati. Gunaka campuran tersebut seperti menggunakan lulur sambil dipijat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Cara mengatasi penuaan dini dengan jahe cukup mudah. Ladies dapat membuat masker dari campuran jahe, alpukat dan bubuk kopi. Tambahkan sedikit minyak dan kayu manis kemudian oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit.

5. Menghilangkan Noda Wajah

Jahe sangat bisa membuat kulit Anda bersinar Ladies. Jika ingin menggunakannya sebagai perawatan wajah, Anda bisa menggiling jahe sampai halus. Tambahkan madu dan juga air mawar secukupnya. Setelah tercampur rata oleskan pada wajah dan juga leher Anda. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas. Dengan perawatan yang teratur semua bintik hitam dan noda pada wajah akan hilang dan akan terlihat lebih cerah serta berkilau.

6. Scrub Jahe

Salah satu cara mendapatkan kulit yang cantik adalah dengan melakukan proses eksfoliasi. Jahe ini bisa jadi scrub yang sangat baik untuk perawatan ini. Parut jahe dan tambahkan gula dan minyak zaitun. Ini juga bisa jadi scrub yang sangat baik untuk bibir dan tubuh Anda.

7. Kulit Terbakar

Tahukah Anda bahwa jahe yang dicampur dengan sari lemon dapat mengurangi hitam pada kulit akibat terbakar sinar matahari? Fakta ini benar adanya Ladies dan sangat patut Anda coba. Campurkan saja jus lemon dan juga jus jahe dengan perbandingan yang sama. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan juga gula. Oleskan pasta tersebut pada daerah yang kecoklatan. Lakukan treatment ini paling tidak dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang putih.

8. Rambut Indah

Tak hanya kulit saja Ladies. Jahe juga sangat berguna untuk membuat rambut tampak lebih indah. Jahe sangat bagus untuk memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh dengan lebih cepat. Campurkan saja minyak jojoba dengan air jahe dan oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas.

 

Manfaat Jahe, Baik Juga untuk Ketombe!

manfaat jahe

Sebagai mahkota alami setiap orang, rambut memang harus dirawat dengan baik dan mengesankan. Tak perlu dirawat dengan biaya mahal, rambut pun bisa dirawat dengan cara paling mudah lagi murah memakai bahan alami. Perawatan rambut sendiri mulai dari merawat rambut agar tidak rontok, tidak bercabang, tidak kusam hingga tidak berketombe.

Berbicara mengenai ketombe, Anda tentu tahu bahwa ketombe merupakan salah satu masalah kulit rambut yang tak hanya menyebalkan dan bikin tidak nyaman saja. Lebih jauh, ketombe juga sering kali membuat rasa percaya diri berkurang dan bikin jengkel. Apalagi, jika ketombe ini dibarengi dengan rasa gatal berlebih pada kulit kepala dan adanya noda ketombe yang menempel di baju atau topi serta hijab. Lebih menjengkelkan lagi, jika ketombe ini juga menyebabkan rambut rontok dan mudah lepek.

Buat Anda yang mengalami rambut berketombe, Anda tidak perlu khawatir lagi. Dikutip dari laman stylecraze.com, mengatasi masalah ketombe bisa dilakukan dengan manfaat jahe. Cara manfaat jahe sebagai obat ketombe ini pun sangat mudah. Anda cukup mengambil satu ruas jahe lalu mengupasnya dan mencucinya hingga bersih. Jus jahe, hingga lembut bersama sedikit es batu. Jika jahe sudah jadi jus, oleskan jahe ke kulit kepala yang mengalami ketombe. Oleskan secara rata lalu diamkan selama semalam. Di pagi hari, cuci rambut menggunakan air bersih. Bisa menggunakan air dingin atau air hangat.

Nutrisi pada jahe dikatakan mampu membuat ketombe hilang dari kulit rambut. Nutrisi pada jahe juga dipercaya bisa membuat rambut jadi lebih sehat, lembut dan mengesankan. Jus jahe yang digunakan sebagai bahan alami merawat rambut ini bahkan dipercaya mampu membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan bebas dari stres.

Untuk hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah ketombe memakai jahe, usahakan untuk melakukan perawatan ini setidaknya 1 minggu sekali. Selepas menerapkan perawatan ini, Anda juga disarankan untuk memakai pelembab rambut alami. Pelembab alami rambut bisa berupa minyak kelapa atau minyak zaitun.

Manfaat jahe ternyata tidak hanya untuk kecantikan wajah saja. Manfaat jahe, juga bisa untuk kepala kita yang terkena masalah dengan ketombe. Jadi, manfaat jahe bisa Anda rasakan dari atas kepala hingga ujung kaki.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *