Manfaat Kopi Untuk Kulit

skin.co.id Manfaat Kopi Untuk Kulit
Kopi sering dikaitkan sebagai minuman yang membangunkan orang tidur di pagi hari. Tapi tahukah Anda bahwa kopi juga bermanfaat bagi kulit? Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sejumlah manfaat untuk kulit mulai dari mengurangi kemerahan hingga menyingkirkan selulit. Dengan memasukkan kafein dalam rutinitas perawatan kulit Anda, Anda akan meraih kulit yang kencang dan halus.

Meminum secangkir kopi atau menggunakannya sebagai sabun mandi akan memberikan manfaat baik bagi kulit Anda. Yuk, simak beberapa manfaat kopi untuk kulit Anda:

Mengurangi Peradangan

Kafein memiliki sifat anti peradangan yang kuat yang membuatnya ideal untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit Anda. Dalam studi yang dilakukan 1981 di Seoul National University, peneliti menemukan bahwa kafein mampu mengurangi peradangan sebaik penggunaan aspirin pada tikus. Selain itu, penelitian yang dilakukan di 1978 University of Tennessee, peneliti menemukan bahwa menambahkan kafein pada krim anti iritasi akan secara signifikan meningkatkan efektivitas krim tersebut. Secara keseluruhan, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung kafein akan mengurangi dan mencegah peradangan dan kemerahan.

BACA JUGA: Tip Mengatasi Iritasi dan Kemerahan

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya penuaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan munculnya keriput, bintik-bintik, dan hilangnya elastisitas kulit. Antioksidan yang terkandung dalam kafein dapat menyerang atau melawan radikal bebas. Kafein akan membantu meningkatkan tampilan kulit Anda. Karena alasan inilah kafein banyak digunakan dalam krim anti penuaan siang dan malam bersama dengan retinol.

Mengobati Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Hitam di bawah mata lingkaran dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk dehidrasi, alergi, kurang tidur atau genetika. Meskipun kafein tidak bisa sepenuhnya menghilangkan lingkaran gelap karena faktor genetika, menerapkan kafein di bawah mata Anda akan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan lingkaran hitam. Selain itu, kafein akan membantu mengurangi penumpukan darah di bawah mata Anda yang memberikan kontribusi untuk menciptakan bayangan hitam. Beberapa krim mata mengandung kafein, atau Anda dapat menerapkan kantong teh basah mata Anda selama lima menit untuk mengurangi bengkak.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Mata Panda

Mengurangi Selulit

Kafein juga dapat mengurangi munculnya selulit atau dehidrasi sel lemak. Selulit ini menyebabkan air menghilang dari permukaan kulit Anda. Dalam studi pada tahun 2008 yang dilakukan di University of Sao Paulo, peneliti menemukan bahwa aplikasi dari krim kulit yang mengandung kafein untuk selulit dapat mengurangi ukuran sel-sel lemak selulit hingga 17%. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan pada 2007 yang dilakukan di Universitas Federal Rio de Janeiro juga menemukan bahwa krim kafein yang diterapkan pada selulit akan menurunkan diameter pinggul. Cara lain untuk menggunakan kafein adalah dengan menambahkan tanah atau kopi instan untuk lulur biasa di rumah.

Mengatasi Jerawat Rosacea

Kafein akan membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan. Hal ini merupakan pengobatan yang ideal untuk jerawat berjenis rosacea. Ketika dioleskan, kafein bekerja sebagai diuretik, membantu memperlancar sirkulasi dan juga merupakan antioksidan kuat. Kopi memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan jerawat rosacea.

Mengencangkan Kulit

Manfaat lainnya dari kafein adalah dapat mengencangkan garis-garis halus dan kulit yang membengkak. Kafein yang digunakan dalam krim diserap oleh kulit Anda akan mengencangkan penampilan kulit Anda. Hal ini juga menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.

Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein juga dapat memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Kopi dianggap sebagai antioksidan kuat sama seperti polifenol yang terkandung dalam teh hijau. Bahkan, kopi merupakan salah satu antioksidan terbaik dan terkuat untuk memerangi kerusakan UV.

skin.co.id Manfaat Kopi Untuk Kulit

Dengan banyaknya manfaat kopi untuk kulit seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat masker berbahan kopi berikut ini:

1/2 cangkir kopi bubuk organik
1/2 cangkir kakao bubuk tanpa pemanis
1 cangkir susu tanpa gula
1 sendok makan jus lemon (untuk kulit kering, cobalah minyak zaitun atau minyak almond)
1 sendok makan madu (untuk kulit berjerawat dan ekstra berminyak)

Cara Membuat:
Dalam mangkuk, campurkan biji kopi yan sudah digiling halus dengan bubuk kakao. Tambahkan susu, aduk sampai membentuk pasta. Untuk membuat pasta yang lebih tebal, Anda bisa menggunakan susu lebih sedikit. Kemudian tambahkan jus lemon dan madu. Terapkan pada kulit dan biarkan mengering (hingga 20 menit). Terakhir, bilas wajah Anda dengan air bersih dan simpan sisanya di lemari es hingga 3 hari.

Catatan:

  • Untuk pengelupasan kulit yang ekstra, gunakan masker ini sebagai scrub. Usapkan pada wajah dengan  gerakan melingkar selama kurang lebih 1-2 menit, kemudian biarkan kering
  • Untuk mengurangi lingkaran hitam, campur biji kopi yang sudah digiling halus dengan susu atau minyak zaitun yang cukup untuk membentuk pasta. Terapkan di bawah mata Anda sekali sehari. Biarkan kering dan bilas.

Kafein dalam kopi dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit Anda, rambut dan kesehatan. Namun, hal ini hanya akan terjadi jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Asupan kafein yang berlebihan dilaporkan dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan Anda. Selain itu, beberapa orang yang sensitif terhadap kafein diwajibkan untuk membatasi konsumsi atau benar-benar menghindarinya. Nah, sudah tahu berbagai manfaat kopi untuk kulit? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *