Cara Menggunakan Tea Tree Oil Untuk Kulit Berjerawat

skin.co.id tea tree oil
Tea tree oil mengandung antiviral, antiseptik, antifungal, dan antibiotik yang sudah lama dikenal untuk mengatasi masalah jerawat. Penggunaan bahan alami ini tidak menghilangkan natural oil dari kulit serta mampu membantu menenangkan kulit yang bermasalah. Manfaat tea tree oil sangatlah beragam. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa metode cara penggunaan tea tree oil pada kulit yang berjerawat, yaitu:

Oleskan Secara Langsung Pada Titik yang Berjerawat
Untuk mengobati jerawat secara alami, Anda bisa menggunakan tea tree oil secara langsung pada area atau titik yang berjerawat pada wajah. Setetes tea tree oil akan meresap ke dalam kulit, mengurangi kelebihan sebum, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengeluarkan komedo. Berikut cara aplikasinya:

  • Ambil cotton bud atau tissue lalu tuangkan beberapa tetes tea tree oil di atasnya.
  • Oleskan secara perlahan pada area atau titik yang berjerawat.
  • Tinggalkan semalaman atau beberapa jam
  • Sebelum mengoleskan tea tree oil, kondisikan wajah dalam keadaan bersih atau bersihkan dahulu dengan pembersih wajah.

Gunakan Tea Tree Oil Sebagai Spot Treatment

Anda juga bisa menggunakan tea tree oil sebagai spot treatment yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya adalah:

  • Ambil beberapa sdt aloe vera gel dan campurkan dengan beberapa tetes tea tree oil. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai pengganti aloe vera gel.
  • Aplikasikan campuran ini pada area yang berjerawat
  • Untuk aplikasi yang lebih mudah, Anda juga bisa menyimpan spot treatment ini pada wadah.

Tambahkan Tea Tree Oil pada Masker Wajah
Selain bisa diaplikasikan secara langsung, Anda juga bisa menambahkannya secara langsung pada masker wajah buatan sendiri. Ambil beberapa tetes tea tree oil dan tambahkan pada masker wajah buatan sendiri. Campuran tea tree oil pada masker wajah ini membantu membunuh bakteri dan mengobati jerawat. Berikut beberapa resep masker wajah alami yang bisa Anda tambahkan tea tree oil:

  • Ambil 2 sdm green clay powder dan campurkan dengan 3-4 tetes tea tree oil. Tambahkan air secukupnya hingga terbentuk pasta dan aplikasikan masker wajah secara merata pada kulit wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Campurkan 2 sdt jojoba oil dengan 3 tetes tea tree oil. Potong tomat dan lembutkan. Lalu campurkan bahan-bahan menjadi satu hingga berbentuk seperti puree kemudian aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan.
  • Ambil ¼ cup dari yogurt plain dan tambahkan 5 tetes tea tree oil. Aplikasikan campuran ini wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Basuh dengan air hingga bersih dan keringkan.

Selain dengan membuat resep alami sendiri dengan campuran tea tree oil, bahan alami ini juga dikandung dalam produk perawatan kulit yang diperuntukkan untuk kulit yang berjerawat seperti rangkaian produk Blemish Line dari BRTC. Pilih produk yang tepat untuk atasi jerawat. Semoga Membantu.

BACA JUGA: Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit yang Berjerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *