Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Anda

Selain untuk memasak makanan di dapur, minyak kelapa dikenal mempunyai banyak khasiat bagi kecantikan. Minyak kelapa banyak mengandung asam kaprat dan asam laurat. Dua asam tersebut bisa diubah menjadi monolaurin dan monocaprin, sejenis perisai asam pada kulit zat yang dikatakan agen anti mikroba. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat seperti melembutkan kulit, membuatnya bercahaya, sekaligus menjaganya tetap awet muda.

skin.co.id

Melihat adanya banyak manfaat dari minyak kelapa tersebut, beberapa produk kecantikan juga menggunakan bahan dari minyak kelapa. Anda juga bisa langsung menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu solusi perawatan kecantikan Anda. Berikut ini beberapa kegunaan minyak kelapa untuk kecantikan.

Membersihkan Wajah

Minyak kelapa memiliki manfaat anti bakteri dan anti jamur. Sebuah riset yang dipublikasikan pada International Journal of dermatology menemukan bahwa minyak kelapa mengurangi kehilangan air di kulit dan mengunci kelembapan. Minyak kelapa telah banyak digunakan oleh wanita sebagai pelembap wajah pada malam hari. Anda bisa mengusapkan minyak kelapa pada bagian wajah dan leher dengan gerakan melingkar lalu bersihkan wajah Anda seperti biasa.

Tetapi, jika wajah Anda rentan terhadap jerawat sebaiknya hindari teknik ini. Dan juga, sebelum Anda mengoleskan minyak kelapa pada wajah, pastikan bahwa Anda membersihkan wajah dengan benar. Hindari menggunakan minyak kelapa pada waktu siang karena dapat menarik partikel debu dan polutan, menutup pori-pori dan justru membuat masalah jerawat.

coconut-oil-for-the-skin

Melembabkan kulit

Minyak kelapa memiliki tekstur yang kental sehingga dapat memberikan efek lembab bagi kulit Anda. Selain melembabkan, minyak kelapa juga berguna untuk memancarkan warna alami kulit. Untuk memeperoleh kulit yang lembab dan terpancar alami, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada kulit seperti mengaplikasikan lotion pada kulit. Anda juga bisa mencapur minyak kelapa dengan daun mint atau bunga lavender kemudian dibalurkan ke seluruh bagian kulit secara perlahan dan merata. Anda bisa mempunyai kulit sehat, lembut dan bersinar dengan menggunkan minyak kelapa dengan mengoleskankan secara langsung pada kulit atau atau dengan kapas.

Bahan lulur scrub alami

Banyak cara untuk membuat scrub alami. Anda bisa mencampurkan gula yang sudah dilarutkan dengan minyak stelah itu balurkan pada kulit sebagai produk scrub tradisional. Selain dengan teknik tersebut, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan 3 sendok makan gula pasir lalu oleskan ke seluruh bagian tubuh atau bagian seperti tumit pecah-pecah, diamkan selam 5 menit lalu pijat dan gosok dengan lembut. Cara tersebut bisa membuat kulit mati cepat terkelupas dan menyisakan kuit yang cantik bercahaya.

Makeup remover

Sisa make up yang masih menempel akan membuat kulit Anda tidak sehat dan juga dapta menimbulkan jerawat. Minyak kelapa juga bisa menghilangkan sisa make up secara alami. Caranya sangat mudah, celupkan kapas pada minyak kelapa kemudian oleskan pada permukan sambil digosok secara halus. Setelah itu, basuh wajah dengan kain hangat untuk mengangkat seluruh makeup. Make up seperti maskara tahan air dan riasan mata yang tebal pun dapat dihapus dengan mudah menggunakan minyak kelapa. Tidak hanya bersih, kulit wajah Anda akan terasa segar dan area di sekitar mata menjadi lembab.

makeup-remover-diy

Bahan deodoran

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk bahan dedodoran. Caranya, campurkan 2 sendok makan baking soda, 2 sendok makan tepung jagung dan 1 sendok makan minyak kelapa lalu oleskan di ketiak Anda. Campuran bahan tersebut yaitu baking soda untuk menjauhkan bau badan, tepung jagung agar kulit ketiak Anda tetap kering dan minyak kelapa untuk kulit tetap lembut. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial dalam campuran tersebut agar lebih wangi.

Untuk mencukur

Anda bisa mengganti krim untuk mencukur dengan yang lebih alami yaitu minyak kelapa. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang diinginkan sebelum bercukur. Hal ini akan mempermudah ketika anda mencukur. Anda tidak memerlukan lotion lagi untuk melembabkan dan melembutkan kulit setelah bercukur. Selain itu, minyak kelapa juga melindungi kulit Anda dari iritasi.

Anda sudah mengetahui beberapa manfaat minyak kelapa bagi untuk masalah kecantikan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba minyak kelapa sebagai bahan perawatan untuk tubuh Anda? Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *