Manfaat Tomat Mana yang Belum Anda Rasakan?

manfaat tomat

Tentu semua orang tidak asing dengan buah yang satu ini, ya buah tomat. Buah dengan bentuk bulat ini menawarkan segudang manfaat untuk wajah, kulit, bahkan tubuh Anda. Tak perlu ke klinik kecantikan untuk mengatasi semua problem kulit wajah Anda, cukup dengan pergi ke pusat belanja atau pasar tradisonal untuk merasakan manfaat tomat ini.

manfaat tomat

Buah menggemaskan yang juga dikenal sebagai sayur ini punya warna yang mempesona sepanjang usianya. Saat masih muda warnanya hijau, sedikit ranum, warnanya akan orange kekuningan, dan saat sudah ranum warnanya akan merah merona. Aromanya khas, dan rasanya sedikit asam.

Buah yang bernama latin Solanum lycopersicum ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kandungan gizinya tak diragukan lagi, menurut USDA dalam 100 gram tomat, kandungan terbesar di dalamnya adalah vitamin A 17% dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi. Kandungan vitamin C yang besar ini ternyata membawa manfaat lebih bagi tubuh. Selain untuk menjaga sistem immune tubuh, vitamin C juga dapat berperan sebagai agen pencerah kulit.

Berbicara tentang manfaat tomat, salah satu yang ditawarkan buah menggemaskan ini adalah untuk kecantikan kulit. Buat Anda yag lebih suka merawat kecantikan kulit secara alami, manfaat tomat ini wajib Anda rasakan di rumah.

Manfaat tomat bisa menjaga kesehatan kulit, karena buah ini mengandung likopena, sejenis antiksidan untuk menjadi tabir surya yang bekerja dari dalam. Tomat juga dikenal sebagai buah anti penuaan karena bisa mengatasi kerusakan kulit dan masalah kulit kemerahan.

Lalu manfaat tomat mana yang belum Anda rasakan?

1. Mengecilkan Pori-pori

 Coba bercermin, apakah pori-pori Anda termasuk besar?

Biasanya memang apabila memiliki jenis kulit berminyak, maka pori-pori akan menjadi terbuka dan besar. Di dalamnya banyak kotoran serta minyak yang menumpuk, dan tak jarang timbul jerawat di sana.

Untuk merasakan manfaat tomat, coba aplikasikan campuran tomat dan sari lemon serta oleskan dengan kapas pada seluruh wajah. Diamkan sebagai masker kemudian bilas dengan air dingin.

2. Mengurangi Jerawat

 Jerawat memang tak bisa disembuhkan dengan cara yang instan. Namun jangan khawatir karena ia dapat dikurangi dengan cara alami yaitu menggunakan buah tomat. Untuk merasakan manfaat tomat, coba aplikasikan saja tomat pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin, dan boleh dilakukan setiap hari.

3. Mengurangi Kadar Minyak

 Kandungan minyak berlebih di wajah dapat membuat Anda kurang percaya diri, dan juga memicu jerawat. Mengurangi kadar minyak berlebih ini, massagekan sari tomat yang sudah dicampur dengan sari lemon pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Mengurangi Kemerahan Pada Luka Bakar

 Sama halnya dengan jerawat, luka bakar tidak bisa disembuhkan instant. Anda dapat menyembuhkan dan mengurangi kemerahan akibat luka bakar sinar matahari dengan menggunakan masker tomat. Manfaat tomat ini memberikan efek pendinginan dan mengobati luka bakar perlahan.

5. Mencerahkan Kulit

 Tomat dapat mengembalikan kulit cerah Anda apabila dijadikan masker. Ingin tahu bagaimana cara merasakan manfaat tomat? Cukup aplikasikan saja secara rutin pada seluruh kulit atau bagian yang Anda inginkan.

6. Penyegar Alami

 Kaya akan vitamin C dan antioksidan, tomat dapat berperan sebagai penyegar alami. Sifatnya manis, Anda bisa merasakan manfaat tomat sebagai penyegar dan mampu membersihkan kulit dengan maksimal.

7. Membuat Kulit Berkilau

 Mendapatkan kulit berkilau dan bercahaya Anda cukup dengan menggunakan manfatt tomat sebagai jus yang dicampur dengan air mawar dan bubuk kayu manis. Aplikasikan dan scrub pada seluruh bagian kulit, dan lihatlah Anda sekarang yang  miliki kulit indah berkilau.

>> Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit <<

 

Manfaat Tomat Bikin Kulit Awet Muda!

manfaat tomat

Bagi para wanita yang doyan membeli produk kecantikan kulit mahal, mulai saat ini Anda bisa berhemat. Selain membuat makanan lebih lezat, buah tomat ternyata bisa membantu menjaga kulit Anda tetap awet muda dan melindungi dari efek buruk cahaya matahari.

Zat utama yang bisa membantu mempermuda kulit (age-defying) adalah lycopene. Zat ini merupakan pigmen alami yang membuat tomat berwarna merah, dengan tingkat tertinggi ditemukan pada tomat yang diproses atau dimasak untuk saus tomat, pasta, sup dan jus.

Dalam penelitian tersebut, para wanita yang mengonsumsi olahan kaya tomat ternyata mengalami peningkatan dalam perlindungan kulit, seperti penurunan risiko kulit memerah dan kerusakan DNA yang diakibatkan oleh paparan ultraviolet (UV).

Para peneliti membandingkan kulit 20 wanita, yang setengah dari mereka diberi lima sendok makan (55g) pasta tomat standar dengan 10g minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu. Lalu, efek kulit mereka dibandingkan dengan separuh wanita lainnya, berusia antara 21 dan 47 tahun, yang hanya memakan minyak zaitun dengan jangka waktu sama. Terakhir, seluruh wanita itu dipaparkan sinar UV di awal dan akhir penelitian.

Hasilnya, para peneliti menemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap UV terhadap para wanita yang memakan pasta tomat. Tak hanya itu, mereka juga memiliki 33 persen lebih perlindungan terhadap sengatan matahari yang berefek pada kemerahan kulit.

>> Cantik Itu, Kulit Putih atau Kulit Cerah? <<

 

Apa Saja Mafaat Tomat Bagi Kesehatan Anda?

manfaat tomat

Selain bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel  kanker, ada 5 manfaat tomat yang penting bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah Penuaan Dini

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, manfaat tomat dapat mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tomat juga mengandung asam sitrat yang dapat membuat kulit tampak lebih bersih dan segar.

2. Menurunkan Kolesterol Darah

Asam nikotinat dalam buah ini hadir untuk membantu Anda mengurangi kadar kolesterol darah yang tinggi, sehingga manfaat tomat ini dapat mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga Level Gula Darah

Tomat juga mengandung mineral penting yakni kromium. Kromium berguna untuk menjaga tingkat gula darah tetap stabil, sehingga mafaat tomat sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

4. Mengurangi Efek Merokok

Mengkonsumsi tomat sangat dianjurkan bagi para perokok. Kandungan asam klorogenat dan asam coumaric membantu perokok memerangi karsinogen, yakni zat berbahaya dalam rokok yang dapat mengakibatkan kanker.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung kromium, manfaat tomat juga mengandung mineral lain yang tak kalah pentingnya, yaitu kalsium dan Vitamin K. Kedua nutrisi ini berguna untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak serta mencegah keropos tulang (osteoporosis).

>>  Usir Radikal Bebas dengan Produk Antioksidan <<

 

Putihkan Wajah Dalam Semalam dengan Manfaat Tomat

manfaat tomat

Kulit putih dan bersih tentu jadi idaman setiap wanita. Kulit yang kusam tentu akan jadi penyebab penampilan jadi tak maksimal. Polusi dan juga radikal bebas ternyata jadi salah satu penyebab utama kulit jadi kusam Ladies. Selain itu penggunaan makeup dalam jangka panjang, kurang rajin membersihkan wajah, atau istirahat yang kurang cukup juga jadi penyebab kulit wajahmu semakin kusam.

Bagi kamu yang ingin punya kulit putih dengan cara alami, Vemale akan mencoba membagikan satu resepnya Ladies. Hanya dengan dua bahan alami ini kamu akan bisa membuat kulit wajahmu lebih cerah hanya dalam waktu 24 jam. Bahannya pun super murah dan mudah didapat. Simak resep rahasianya seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com berikut ini yuk Ladies.

Bahan:

  • 1 sdm tomat halus
  • 1 sdm madu

Cara Aplikasi:

  1. Campurkan kedua bahan
  2. Aduk rata
  3. Oleskan pada kulit dan diamkan semalaman
  4. Keesokan paginya, bilas dengna air bersih

Mafaat tomat mampu mencerahkan kulit Anda. Tak hanya itu saja, manfaat tomat juga bisa mengencangkan kulit agar tampak lebih awet muda, Ladies. Saat disatukan dengan madu, kedua bahan ini akan bekerja secara maksimal dan membuat kulit lebih cerah secara alami dalam waktu yang singkat.

>> Konsumsi 9 Makanan Ini Dan Dapatkan Kulit Cantik Alami <<

 

Flek Hitam Hilang dengan Manfaat Tomat!

manfaat tomat

Sebelum tahu cara menghilangkan flek hitam pada wajah, ada baiknya juga Anda tahu sebab musabab flek bandel ini muncul. Secara biologis, beberapa wanita memang memiliki kemungkinan untuk mengalami sekresi berlebihan pada melanin kulit wajahnya.

Sekresi tersebut menyebabkan munculnya flek-flek hitam. Penyebab dari sekresi itu sendiri bisa bermacam ragam. Yang paling sering adalah terlalu banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, terkena efek obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur dan terlalu banyak pikiran atau stress.

Untuk mambantu memuluskan kembali wajah Anda, ada solusi alternatif dengan aplikasi campuran buttermilk dan jus tomat. Simak caranya di bawah ini:

Seperti halnya lemon, campuran buttermilk dan jus tomat juga dapat membantu Anda memudarkan flek hitam pada wajah. Bedanya adalah Anda tidak perlu mengalami “sensasi terbakar” selama proses aplikasi seperti ketika menggunakan lemon.

Untuk membuat ramuannya, Anda hanya perlu mencampurkan:

  • 4 sendok teh buttermilk
  • 2 sendok teh jus tomat segar
  • Setelah kedua bahan tercampur rata, Anda bisa mengaplikasikannya sebagai masker wajah pada daerah yang memiliki flek hitam
  • Diamkan masker selama 15 menit sebelum membasuhnya dengan air bersih

Jika Anda merasa kesulitan untuk memeroleh buttermilk, Anda juga bisa menggunakan susu. Asam laktat dalam susu secara bertahap dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan warna kulit Anda secara keseluruhan.

Caranya:

  • Rendam kapas di dalam susu kemudian oleskan pada area wajah yang mengalami flek
  • Diamkan selama 10 menit sebelum membasuhnya dengan air hangat
  • Ulangi prosedur ini dua kali sehari selama empat sampai lima minggu

Untuk Anda yang tidak mempunyai waktu membuat masker, Anda bisa gunakan esktrak tomat yang kaya akan vitamin A ke dalam rutinitas perawatan wajah Anda secara teratur dengan cara menggunakannya sebagai masker wajah. Manfaatkan bahan-bahan alami untuk menjaga vitalitas dan kesehatan kulit.

Teruslah menjadi cantik, Ladies!

BACA JUGA: Mau Kulit Cantik yang Tahan Lama? Ini Dia Makanan yang Wajib Anda Konsumsi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *